On This Day: Menyoal Tanggal Berdirinya Persib Bandung

On This Day

by redaksi

On This Day: Menyoal Tanggal Berdirinya Persib Bandung

Hari ini Persib Bandung berulang tahun. 14 Maret 1933, tanggal keramat yang selalu disematkan sebagai kelahiran Persib. Namun terkadang muncul sebuah kritik. Diakui atau tidak, disadari atau tidak, masyarakat pencinta Persib selalu bertanya-tanya betulkah Persib lahir di tanggal itu?

Dalam soal data, khususnya Sejarah sepakbola kita memang amat sangat selalu alpa. Persib adalah salah satu kasus diantaranya. Namun, dalam ruang lingkup Persib, kita selalu diyakinkan bahwa Persib adalah cikal bakal dari BIVB (Bandung Indonesische Voebal Bond). BIVB sendiri adalah salah satu klub pendiri PSSI. Lalu entah kenapa BIVB hilang ditelan bumi.

Usai BIVB hilang, lalu munculah PSIB (Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung) dan NVB (National Voetbal Bond) yang memutuskan melebur menjadi satu nama yaitu Persib pada terjadi pada tanggal 14 Maret 1933.

Lantas dari mana cerita itu muncul? Jawabnya cuma satu sumber: mantan pemain dan pengurus Persib: Ibrahim Iskandar.

Dalam buku "Sekilas Pandang Mengenai Persib" (Buku "Pasang Surut 40 Tahun Persib") ia menulis begini:

"...Menurut keterangan BIVB termasuk salah satu pendiri PSSI. Entah pada tahun berapa BIVB hilang dan diganti namanya dengan PSIB. Ketika itu saya dengar bahwa di Bandung selainnya PSIB ada pula bond bangsa kita yang diberi nama NVB singkatan dari National Voetbal Bond. Akhirnya diketahui bahwa surat panggilan untuk bermain diterima dari pengurus Persib dan menurut keterangan di Bandung tidak ada lagi bond dari bangsa Indonesia kecuali Persib. Ketentuan waktu mengenai peristiwa itu menurut keterangan adalah pada tanggal 14 Maret 1933."

Dari pernyataan tersebut akan banyak memunculkan pertanyaan yang bisa kita ajukan. Tahun berapa dan mengapa BIVB hilang? Apakah BIVB berganti nama menjadi PSIB? Selain PSIB, ada juga NVB, apakah PSIB dan NVB itu melebur?

Tanpa menjelaskan kelanjutan cerita melebur atau tidaknya, menghilang atau tidaknya PSIB dan NVB, muncul nama Persib yang tampak pada surat panggilan yang diterimanya. Setelah ada Persib, tidak ada lagi perserikatan asal Bandung yang lain.

Dari sumber koran dan majalah di masa itu, saya belum menemukan data-data lain terkait kelahiran Persib Bandung. Sampai akhirnya saya menemukan data menarik pada tahun 1934. Dalam beberapa kliping majalah "Pandji Poestaka" edisi Juni 1934, majalah tersebut masih mencantumkan nama PSIB untuk memberitakan Persib.

Lantas kenapa nama ini masih muncul? Bukankah PSIB sudah bubar Maret tahun 1933?

Setelah itu, masih di tahun yang sama, majalah Pandji Poestaka mulai juga menggunakan nama Persib. Nama itu bertahan hingga kini.

Komentar