Permintaan Konyol Neymar Kepada Manchester City

Cerita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Permintaan Konyol Neymar Kepada Manchester City

Bintang Brasil dan Barcelona, Neymar, nyatanya pernah hampir bergabung dengan Manchester City. Direktur Teknik Manchester City, Txiki Begiristain, disebut-sebut telah menjalin komunikasi intensif dengan pengoleksi 42 gol bagi timnas Brasil tersebut. Namun, City akhirnya mundur karena Neymar membuat permintaan yang dianggap aneh.

Neymar meminta sebuah sepatu yang dirancang khusus untuk “English mud” atau sepatu yang mampu mengatasi ketebalan lumpur di atas lapangan. Neymar menganggap dengan curah hujan yang tinggi, lumpur di stadion-stadion di Inggris akan lebih tebal dan menyulitkannya bergerak.

Txiki, seperti dikutip Mirror, menjelaskan keheranannya dengan perimintaan tersebut. Keyakinan Neymar bahwa lapangan dan cuaca di Inggris akan lebih berat daripada di Spanyol, membuatnya tak habis pikir. Txiki pun menganggap permintaan tersebut sebagai sebuah penolakan. The Citizens akhirnya menarik diri dari persaingan untuk mendapatkan Neymar. Pemain kelahiran 1992 tersebut pun hijrah ke Camp Nou pada Juli 2013.

Neymar sempat bermain di Inggris dalam lanjutan babak 16 besar Liga Champions musim 2013/2014. Ia bermain pada menit ke-74 dan mengantarkan kemenangan bagi Barcelona, dua gol tanpa balas. Uniknya, lapangan yang dianggap “berlumpur” itu nyatanya kering bagaikan karpet, dan tentu saja tak meninggalkan noda di sepatu Neymar.

Sejauh ini belum ada media yang mencoba mengonfirmasi kebenaran permintaan tersebut kepada Neymar. Namun, jika apa yang diungkapkan Txiki benar adanya—lagipula untuk apa dia berbohong—rasanya Neymar tahu benar permintaan tersebut tak akan dipenuhi Manchester City. Beruntung pula manajemen City peka terhadap penolakan tersebut. Karena kalau tidak, mungkin saja ada permintaan-permintaan super aneh dari Neymar.

Pernyataan Txiki tersebut lantas membuat sejumlah media Inggris seperti Guardian, Mirror, dan Telegraph, memberikan pernyataan sinis. Guardian misalnya menulis seperti ini di penghujung tulisan: Now, adapted boots or not, he can test the conditions again.

Hubungan Neymar dengan City tidak bisa dibilang harmonis. Setelah kemenangan dengan aggregat 4-1 untuk Barcelona tersebut, ia menyebut bahwa City harus menempuh perjalanan yang cukup lama jika ingin menjadi kekuatan besar yang diakui di Eropa. Ia pun menegaskan tidak akan bergabung dengan Manchester City.

“Ini tentang bergabung dengan tim yang tepat dan waktu yang tepat. Aku tahu ada sejumlah tim yang tertarik. Namun, saya tidak akan memilih Manchester City, atau yang lainnya. Ketika aku tahu tentang ketertarikan Barcelona, ini merupakan pilihan yang mudah. Mereka sudah ada dalam hatiku saat ini,” kata Neymar pada Februari 2014.

Soal sepatu, Nike pada Juni silam sudah menyediakan sepatu khusus bagi Neymar. Sepatu bertajuk Hypervenom tersebut dibuat khusus yang menunjang kecepatan dan kemampuan Neymar. Namun, tidak tercantum produk khusus bahwa produk tersebut “Anti Lumpur Inggris”. Jadi, sepatu macam apa yang akan Neymar gunakan saat bertandang ke Stadion Etihad Februari nanti?

Sumber gambar: slayclor.wordpress.com

Komentar