Suporter Sepakbola Kini Lebih Tertarik Selfie daripada Tandatangan

Cerita

by Abimanyu Bimantoro

Abimanyu Bimantoro

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Suporter Sepakbola Kini Lebih Tertarik Selfie daripada Tandatangan

Perkembangan teknologi memang sedikit banyak telah berpengaruh pada perkembangan sepakbola. Dari mulai peralatan yang digunakan para pemain, hingga beberapa alat bantu untuk membuat permainan dianggap lebih adil.

Tidak hanya di dalam permainan, perkembangan teknologi tentu juga mempengaruhi hal-hal teknis di luar pertandingan. Teknologi yang semakin canggih membuat pertandingan sepakbola dapat disaksikan oleh orang yang berada sangat jauh dari stadion.

Perilaku para fans sepakbola ternyata juga terkena dampak dari perkembangan teknologi. Sebuah perusahaan perangkat seluler, HTC, melakukan sebuah investigasi tentang bagaimana teknologi mengubah perilaku para suporter. Perilaku yang dimaksud di sini adalah hal apa yang biasa dilakukan suporter sepakbola saat ini dalam mengabadikan momen pentingnya menyaksikan sepakbola.

Hasil penelitian ini kemudian menunjukan bahwa suporter sepakbola kini tidak lagi menggunakan kenang-kenangannya dalam menonton sepakbola untuk kepuasannya sendiri. Sebanyak 76% suporter sepakbola akan menunjukan kenang-kenangan yang dia punya ke sosial media miliknya seperti twitter atau facebook.

Jim Boulton, seorang Digital Archeologist, mengatakan bahwa kini tidak hanya pemain yang bertandingan di lapangan, melainkan juga terdapat para suporter yang bersaing untuk mengumpulkan momen-momen terbaik di pinggir lapangan. Berhasil mengumpulkan banyak momen dalam sepakbola akan mendatangkan kepuasan tersendiri bagi sebagian orang.

Satu perubahan lain yang cukup menonjol adalah mulai berkurangnya minat para suporter untuk mengumpulkan tanda tangan pemain. Tanda tangan dinilai bukan sesuatu hal yang bisa dibanggakan dan dipublikasikan dalam sosial media seseorang. Hal inilah yang kemudian membuat sebagian suporter tidak lagi berambisi untuk mendapatkan tanda tangan para pemain.

Ambisi para suporter sepakbola kini beralih menjadi mendapatkan momen selfie dengan para pemain. Kebiasaan baru yang sedang populer ini ternyata juga merambah para suporter sepakbola. Selfie memang sesuatu yang sangat mudah untuk dipublikasikan di sosial media. Selfie bersama bintang-bintang terkenal, termasuk pemain sepakbola, tentu akan mendatangkan perhatian banyak orang.

Masih dalam penelitian yang dilakukan oleh HTC, menyebutkan bahwa 1/3 dari jumlah penonton yang datang ke stadion berharap bisa mendapatkan momen selfie bersama pemain sebelum meninggalkan stadion. Sebagian yang lain berharap bisa mengabadikan beberapa kejadian penting di stadion, dan hanya sebagian kecil yang masih berambisi untuk bisa mendapatkan tanda tangan para pemain.

Tidak ada yang salah memang dengan perubahan perilaku para suporter sepakbola ini. Semua orang berhak untuk mengekspresikan dirinya dan mencoba meraih kepuasan diri dengan cara masing-masing. Hasil penelitian yang didapat ini justru bisa menjadi masukan untuk bagian marketing klub sepakbola untuk bisa menarik minat para suporternya. Sesi tanda tangan mungkin sudah mulai bisa dikurangi dan diubah menjadi sesi selfie bersama pemain.

Komentar