Hasil dan Klasemen Akhir AFF U18: Indonesia Lolos Semi-final

Berita

by Septian Nugraha 31112

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Hasil dan Klasemen Akhir AFF U18: Indonesia Lolos Semi-final

Indonesia memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala AFF U-18 2017. Kepastian tersebut didapat setelah skuat asuhan Indra Sjafri itu mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor telak 8-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Thuwunna, Myanmar, Rabu (13/9). Tambahan tiga poin yang berhasil diraih Indonesia membuat mereka mendapat sembilan poin hasil dari tiga kemenangan dan satu kalah dari empat pertandingan.

Dengan koleksi poin sembilan, untuk sementara naik ke posisi pertama menggeser Vietnam yang baru akan bermain pada pukul 18:30 WIB nanti melawan tuan rumah Myanmar. Melihat perolehan poin dan selisih gol, Indonesia dan Vietnam memang sama-sama mengumpulkan sembilan poin dan surplus 15 dari hitungan selisih gol. Namun karena jumlah gol yang diciptakan Indonesia lebih banyak, dengan 19 berbanding 16 milik Vietnam maka posisi pertama untuk sementara berhak diduduki Indonesia.

Mencari Pendamping Indonesia

Tiket semifinal dari Grup B sebelumnya memang diperebutkan oleh tiga kesebelasan yaitu Vietnam, Indonesia, dan Myanmar. Satu tiket dipastikan menjadi milik Indonesia, dan hasil dari pertandingan antara Vietnam melawan Myanmar tidak akan berpengaruh bagi Indonesia, karena keunggulan selisih gol yang mereka miliki.

Meski begitu, posisi puncak yang saat ini ditempati Indonesia masih bisa tergusur oleh salah satu di antara Vietnam dan Myanmar. Cukup hasil imbang bagi bagi Vietnam saat jumpa Myanmar, untuk bisa mengudeta posisi Indonesia dari puncak klasemen.

Kalau seperti itu, maka dipastikan Vietnam dan Indonesia akan melenggang ke babak semifinal, dengan posisi Vietnam sebagai juara grup dan Indonesia sebagai runner up grup. Hal tersebut dikarenakan tambahan satu poin atas Myanmar akan membuat perolehan poin Vietnam bertambah menjadi 10, dan unggul satu poin dari Indonesia yang mengoleksi sembilan poin. Sementara Myanmar, terpuruk di posisi tiga dengan poin tujuh.

Sementara peluang bagi Myanmar untuk bisa mengudeta posisi Indonesia dari puncak klasemen, maka Myanmar harus bisa menang setidaknya dengan kemenangan 3-0 untuk bisa melampaui surplus dari selisih gol Indonesia dan Vietnam. Saat ini selisih gol Indonesia surplus 15, andai mampu mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0 maka Myanmar akan memiliki surplus dari selisih gol sebesar 16.

Namun bila hanya ingin memastikan satu tempat di babak semifinal dengan artian mengincar posisi runner up, maka Myanmar cukup mengalahkan Vietnam dengan skor 2-0 saja. Sebab dari kemenangan tersebut Myanmar akan mendapat surplus gol sebesar 15, menyamai Indonesia memang. Namun jumlah gol mereka tidak akan bisa melampaui Indonesia. Jadi, kalau skema tersebut terjadi maka jumlah gol Myanmar akan bertambah menjadi 17 dan tetap tidak akan melampaui jumlah gol Indonesia yang mencapai 19.

Pada babak semifinal nanti, Indonesia akan jumpa Thailand bila mereka lolos dengan status sebagai juara grup. Namun bila lolos sebagai runner-up grup maka mereka akan bertemu Malaysia yang lolos sebagai juara Grup A. Pertandingan semifinal akan berlangsung pada 15 September mendatang.

Waktu penuh: Myanmar 2-1 Vietnam. Indonesia jadi juara grup B dan akan berjumpa Thailand di semi-final #AFFU18 #AyoIndonesia

A post shared by PanditFootball.com (@panditfootball) on

Komentar