Team of The Week Pekan Ke-12 Liga 1 Indonesia 2017

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Team of The Week Pekan Ke-12 Liga 1 Indonesia 2017

Pekan ke-12 Liga 1 Indonesia 2017 seakan menjadi neraka bagi kesebelasan papan atas. Tiga dari penghuni empat besar di tabel klasemen bertumbangan. Madura United yang sebelumnya mampu melewati sembilan pertandingan tanpa kekalahan, harus tertunduk lesu di Pekan ke-12 usai takluk 0-3 dari Borneo FC.

Hasil tak kalah miris juga dirasakan Bhayangkara FC yang kalah dari tamunya Barito Putera 0-1. Hal tersebut kemudian membuat kedua kesebelasan tersebut gagal menggusur PSM Makassar dari puncak klasemen, walau tim berjulukan Juku Eja itu juga kalah 1-2 dari Persib Bandung.

Di pekan ke-12 hanya Persipura Jayapura, kesebelasan penghuni empat besar yang sukses meraih kemenangan. Mutiara Hitam berhasil mengandaskan Mitra Kukar dengan skor telak 6-0 di Stadion Mandaya, Jayapura. Hasil tersebut membuat mereka naik ke posisi tiga, menggeser Bhayangkara FC.

Kejutan-kejutan yang terjadi di pekan ke-12 tentu tak lepas dari kontribusi maksimal dari para pemain yang berlaga di lapangan. Lalu, siapa saja pemain yang bersinar di pekan ke-12 Liga 1 2017? Tim Redaksi Panditfootball telah merangkum 11 nama pemain dari berbagai posisi yang punya kontribusi besar bagi kesebelasan yang dibelanya.

Aji Saka (Persegres Gresik United)

Di posisi penjaga gawang, ada nama Aji Saka yang tampil impresif saat mengawal gawangnya, saat Persegres menahan imbang Persija Jakarta 1-1 di Stadion Petrokimia, Gresik. Memang, dalam laga tersebut gawang Aji berhasil dibobol Luiz Carlos Junior pada menit 9.

Namun perannya di bawah mistar gawang cukup memberi kenyamanan bagi barisan pertahanan Persegres. Tercatat ada delapan penyelamatan krusial yang dilakukannya, plus empat kali memotong umpan silang yang dilepaskan para pemain sayap Persija. Tentu, aksi yang dilakukan Aji secara tidak langsung telah mengindarkan timnya dari kebobolan lebih banyak.

Gunawa Dwi Cahyo (Persija Jakarta) dan Hong Son Hak (PS TNI)

Sebagai pengawal Aji Saka, ada dua bek tengah yang tampil gemilang di pekan ke-12 Liga 1. Gunawan Dwi Cahyo dan Hong Son Hak menjadi duet bek tengah yang kami pilih. Saat mebela Persija Jakarta di laga melawan Persegres, Gunawan tampil sigap mengamankan serangan-serangan lawan yang coba mengancam pertahanan mereka.

Tercatat, Gunawan berhasil memeanngan dua kali duel udara, tiga intersep, dan satu tekel bersih. Selain itu, pergerakannya di area pertahanan juga kerap kali membuat barisan penyerangan lawan kesulitan, setidaknya ada tiga momen yang dilakukan Gunawan untuk melakukan blocking untuk menahan tendangan pemain lawan.

Tak kalah gemilang, Hong Son Hak juga menampilkan permainan tanpa kompromi saat timnya PS TNI menahan imbang Arema FC. Dalam laga tersebut, pemain asal Korea Selatan itu berhasil melakan tujuh kali intersep, dan tiga tekel sukses.

I Gusti Rustiawan (Persegres Gresik United) dan Syaiful Indra Cahya (Arema FC)

Dengan skema empat bek sejajar, duet I Gusti Rustiawan di sektor kanan dan Syaiful Indra Cahya di kiri kami anggap cocok untuk mengisi posisi bek sayap dalam skema ini. Kedua pemain tersebut bisa memainkan perannya dengan baik.

Gusti misalnya, yang menjadi pahlawan untuk menyelematkan Persegres dari kekalahan saat jumpa Persija. Selain aktif membantu penyerangan, ia juga mampu tampil lugas saat mengawal pertahanan. Tercatat, ada satu sapuan dan dua tekel bersih saat timnya dalam kondisi tertekan.

Syaiful Indra Cahya juga tampil bagus saat membela Arema FC, meski tidak mencetak gol, namun kontribusinya terlihat cukup baik, terutama saat bertahan. Tercatat, ada empat sapuan dan empat intersep yang dilakukannya. Permainannya kemudian disempurnakan dengan satu keunggulan duel bola udara dan dua tekel sukses.

Kim Jeffrey Kurniawan (Persib Bandung) dan Flavio Junior (Borneo FC)

Beralih ke sektor tengah, ada dua gelandang jangkar yang tampil cukup gemilang. Kim Jeffrey Kurniawan dan Flavio Junior, menjadi dua nama yang sekiranya cocok diduetkan di sektor tengah sebagai palang pintu dari lini pertama.

Saat Persib menghadapi PSM Makassar, Kim tampil baik menggantikan peran Hariono. Ketangguhannya di lini tengah, membuat barisan gelandang Juku Eja kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Sama halnya dengan Kim, Flavio juga punya peran vital untuk membawa Borneo meraih kemenangan tiga gol tanpa balas atas Madura United. Tercatat, dua dari tiga gol yang dicetak Borneo dalam laga tersebut diciptakan oleh pemain asal Brasil itu.

Matias Cordoba (Barito Putera)

Matias Cordoba memiliki peran penting bagi lini serang Barito Putera. Ia merupakan jenderal lapangan tengah Barito, perannya aktif untuk mengatur serangan juga sering memberikan umpan manja kepada barisan penyerangan Barito. Peran Cordoba di laga melawan Bhayangkara FC terlihat sangat menonjol. Bahkan ia menjadi pahlawan kemenangan Barito atas Bhayangkara melalui gol semata wayangnya pada menit 14.

Rico Simanjuntak (Semen Padang) dan Priska Womsiwor (Persipura Jayapura)

Di sektor sayap, Rico Simanjuntak dan Priska Womsiwor bisa menjadi duet yang berbahaya, bila mengacu pada penampilan mereka di pekan ke-12. Bermain di sektor kanan penyerangan Semen Padang, mobilitas Rico membuat lini pertahanan Persela Lamongan kelimpungan mengawalnya.

Tercatat ada lima dribble sukses yang dilakukannya. Selain itu, Riko juga menjadi kreator dari proses gol semata wayang Semen Padang dalam laga tersebut, yang dicetak oleh Irsyad Maulana pada menit 60.

Priska Womsiwor tampil lebih garang, pemain muda Persipura itu sukses mencetak hattrickuntuk membawa Persipura meraih kemenangan telak 6-0 atas Mitra Kukar.

Boaz Solossa (Persipura Jayapura)

Satu lagi penggawa Persipura Jayapura yang bersinar di pekan ke-12 adalah Boaz Solossa. Ada lima asis yang diberikannya dalam kemenangan 6-0 Persipura atas Mitra Kukar. Kegemilangan Boaz semakin lengkap, setelah ia juga turut menyumbang satu gol bagi kemenangan timnya itu.

Berikut adalah susunan pemain yang masuk Team of the Week pekan ke-12 Liga 1 2017 versi Panditfootball

Komentar