Keangkeran Signal Iduna Park Bagi Real Madrid

Analisis

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Keangkeran Signal Iduna Park Bagi Real Madrid

Borussia Dortmund akan menghadapi Real Madrid dalam matchday 2 fase grup Liga Champions 2017/2018. Laga yang akan dihelat pada Rabu (27/9/2017) dini hari di Signal Iduna Park ini akan menjadi pertemuan dua klub dengan tujuan yang jauh berbeda.

Real Madrid akan mengunjungi kandang dari Borussia Dortmund yang terkenal dengan Yellow Wall nya ini dengan keadaan yang kurang baik. Meski mampu meraih kemenangan atas Alaves dalam pertandingan terakhir mereka dalam ajang La Liga, Los Blancos sekarang tercecer di peringkat kelima klasemen sementara La Liga Spanyol musim 2017/2018. Madrid belum kembali ke dalam bentuk permainan mereka di ajang domestik, meski di Liga Champions mereka sekarang menjadi pemuncak klasemen Grup H.

Di sisi lain, Borussia Dortmund sedang dalam tren positif di kompetisi domestik. Kemenangan terakhir yang mereka raih atas Borussia Moenchengladbach mencerminkan kekuatan dari Die Schwarzgelben yang mulai tampak di bawah asuhan Peter Bosz. Dortmund sekarang menghuni peringkat pertama klasemen Bundesliga dengan selisih gol +18, menandakan cukup produktifnya lini serang Dortmund.

Ada dua misi berbeda yang akan dijalani oleh kedua tim ini jelang pertemuan mereka di matchday 2 Grup H Liga Champions. Dortmund ingin menularkan performa positif mereka di ajang domestik ke ajang Liga Champions. Sementara itu, Los Blancos akan menjadikan Liga Champions sebagai tempat kebangkitan mereka setelah sedikit terseok di kompetisi domestik.

Akankah Dortmund mampu menghentikan kebangkitan yang sedang diusung Real Madrid? Atau malah sebaliknya?

Madrid tanpa Marcelo, Dortmund akan andalkan Aubameyang

Jelang laga nanti, Real Madrid tidak akan turun dengan skuat terbaik yang mereka miliki. Karim Benzema, Jesus Vallejo, Marcelo, Theo Hernandez, dan Marcelo tidak akan dibawa dalam skuat Madrid yang berkunjung ke Signal Iduna Park. Kehilangan Benzema dan Marcelo diprediksi akan sedikit memberikan dampak pada permainan Madrid.

Walau harus kehilangan Benzema, Madrid masih memiliki Cristiano Ronaldo sebagai juru gedor. Nacho akan kembali dipasang sebagai fullback kiri menggantikan Marcelo, sementara itu Luka Modric akan kembali masuk skuat setelah tidak dimainkan pada laga La Liga melawan Alaves. Isco, Casemiro, Gareth Bale, serta Marco Asensio juga diprediksi akan kembali masuk skuat Madrid dalam laga ini.

Luka Modric akan kembali masuk skuat Madrid dalam laga melawan Borussia Dortmund

Borussia Dortmund pun tidak akan diperkuat oleh beberapa pemain andalan mereka yang menderita cedera sejak awal musim. Marco Reus, Raphael Guerreiro, Marcel Schmelzer, Andre Schuerrle, serta Sebastian Rode masih harus menepi akibat cedera. Meski begitu, Dortmund masih akan diperkuat oleh Pierre-Emerick Aubameyang, penyerang yang sejauh ini sudah mencetak delapan gol dalam ajang Bundesliga. Kombinasinya bersama Maximillian Phillip dan Christian Pulisic bisa menyajikan sesuatu yang berbahaya.

Kemenangan yang sulit didapatkan Madrid di Signal Iduna Park

Kemenangan di Signal Iduna Park adalah sesuatu yang langka didapatkan oleh Real Madrid. Dari enam laga terakhir yang mereka jalani di stadion yang menjadi salah satu venue Piala Dunia 2006 ini, Madrid total menorehkan tiga kali hasil imbang dan tiga kali kalah. Pertemuan pertama kedua tim terjadi pada 1998 silam, dengan hasil 0-0 menghiasi pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan terakhir mereka di Signal Iduna Park dalam ajang Liga Champions musim 2016/2017, kedua tim bermain imbang 2-2. Salah satu momen mengerikan Madrid di stadion ini terjadi pada babak semifinal Liga Champions 2012/2013 lalu, ketika mereka digulung oleh Dortmund dengan skor 4-1 tanpa balas.

Tugas untuk meraih kemenangan pertama di Signal Iduna Park dalam laga Rabu (27/9/2017) dini hari nanti akan menjadi tugas yang sedikit sulit untuk Madrid. Selain Dortmund yang sedang berada dalam performa yang baik, catatan sejarah yang kurang mendukung Los Blancos di pertandingan ini membuat Zinedine Zidane harus berpikir keras tentang bagaimana caranya mengalahkan Dortmund di kandangnya sendiri.

Prediksi hasil, kembali imbang

Cukup sulit memprediksi jalannya pertandingan Borussia Dortmund lawan Real Madrid ini. Keduanya memiliki peluang yang sama besar untuk meraih kemenangan. Dortmund bisa saja mencegah kebangkitan Madrid dalam laga ini. Selain memiliki bekal di lini serang berupa trio maut Phillip-Auba-Pulisic (ketiganya total sudah menorehkan 14 gol dalam ajang Bundesliga 2017/2018), keseimbangan permainan berhasil diciptakan Bosz sehingga Dortmund hanya kebobolan satu gol dari enam laga yang mereka lakoni di Bundesliga.

Real Madrid sendiri belum mampu menemukan performa terbaiknya di ajang La Liga musim 2017/2018. Selain karena absennya Cristiano Ronaldo dalam empat laga awal La Liga, tumpulnya lini serang Madrid (baru mencetak 11 gol dari enam laga awal La Liga, sembilan gol lebih sedikit dari Barcelona) menjadi masalah tersendiri yang harus diselesaikan oleh Zinedine Zidane.

Untuk prediksi pertandingan sendiri, laga diprediksi akan kembali berakhir imbang. Seperti pada pertemuan terakhir mereka di Liga Champions 2016/2017, kedua tim akan bermain terbuka dan saling melakukan serangan. Namun jika salah satu pelatih, baik itu Bosz maupun Zidane lebih cerdas dalam menerapkan skema dan taktik, maka salah satu tim akan naik kemungkinannya untuk memenangkan pertandingan nanti.

Berikut adalah prediksi line-up untuk laga nanti.

Komentar