Tips Bermain MyClub PES 2017

Video Games

by Gunanda Hasdiansyah 31461

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Tips Bermain MyClub PES 2017

MyClub adalah sebuah mode online yang terdapat pada Pro Evolution Soccer (PES) 2017. Dengan memainkan fitur MyClub ini, kita dapat membangun sebuah tim sendiri. Kita dapat membeli pemain dan memilih manajer sesuai keinginan kita. Pada MyClub ini kita akan bertanding melawan sesama gamers ataupun melawan COM.

Fitur MyClub pada PES ini sama seperti FIFA Ultimate Team (FUT) pada FIFA. Kita akan diberikan uang dalam dua mata uang yaitu GP dan MyClub coins. Uang tersebutlah yang akan kita gunakan untuk membeli pemain dan manajer serta untuk memberikan dan memperpanjang kontrak pemain dan manajer.

Tujuan utama dalam bermain MyClub ini tentu agar kita bisa menciptakan tim terbaik mengalahkan setiap lawan. Berikut kami sajikan beberapa tips dalam bermain MyClub. Tips ini terbagi ke dalam dua hal yaitu di luar dan di dalam lapangan.

1. Di luar Lapangan

Membuat tim yang kuat

Untuk meraih kesuksesan dalam bermain MyClub, kita membutuhkan keseimbangan dalam membentuk tim yang kuat. Usahakan untuk membeli pemain yang kualitasnya merata di semua posisi dari penjaga gawang hingga penyerang.

Selain itu, perbedaan kualitas antara pemain inti dengan pemain cadangan tidak terlalu mencolok agar dapat dilakukan rotasi. Hal ini dibutuhkan untuk terus menjaga kebugaran pemain dalam mengikuti kompetisi penuh.

Untuk membuat tim yang kuat tenti dibutuhkan seorang manajer yang bagus. Carilah manajer terbaik sebisa mungkin. Jika tidak bisa membeli manajer yang di “locked” (manajer dengan atribut kepelatihan lebih bagus), belilah manajer sesuai dengan GP yang kita punya.

Mengubah pemain menjadi trainers

Jika kita merasa ada pemain yang tidak dibutuhkan lagi di dalam tim,sebaiknya pemain tersebut kita jadikan trainer saja. Dengan menjadi trainer, ia akan melatih pemain yang masih aktif dengan pengalaman yang ia miliki selama menjadi pemain. Latihlah pemain yang dianggap akan terus diandalkan dalam waktu yang lama.

Setelah itu, para trainer tersebut akan menghilang dan akan muncul trainer khusus dari game dengan pengalaman yang lebih bagus untuk meningkatkan kualitas pemain.

Memberi perhatian secara detil

Usahakan kita tetap memperhatikan formasi yang digunakan oleh manajer. Jangan biarkan sepenuhnya mereka yang memilih. Kita bisa mengatur formasi yang kita inginkan dan menaruh pemain pada posisi sesuai dengan keinginan kita. Misalnya ada seorang CMF yang menurut kita lebih bagus ketika ditempatkan pada posisi AMF, bisa dipindahkan ke posisi tersebut.

Kita juga mengatur siapa yang pantas mengambil tendangan bebas, tendangan sudut dan tendangan penalti sesuai dengan keinginan. Ini juga berlaku pada saat menentukan kapten tim. Yang terpenting kita tetap memperhatikan atribut yang dimiliki oleh para pemain.

Baca juga: Tips Merekrut Pemain di Football Manager

2. Di dalam lapangan

Beradaptasi

Ketika sedang bermain pada suatu pertandingan terdapat hal yang yang berjalan tidak sesuai dengan rencana. Inilkah waktunya kita untuk beradaptasi.Maksudnya adalah kita bisa melakukan beberapa perubahan agar pertandingan tersebut kembali berjalan sesuai dengan rencana kita. Misalnya, Jika kita merasa jarak bermain terlalu jauh satu sama lain, coba diubah di taktik agar jarak antar pemain semakin dekat.

Kita juga bisa mengubah formasi ataupun gaya main. Misalnya jika awalnya kita bermain dengan menyerang melalui tengah lapangan dan hal itu ternyata tidak efektif, kita bisa mengubahnya dengan menyerang melalui sisi sayap. Intinya adalah kecerdikan dan kecerdasan kita dalam melihat situasi sangat dibutuhkan.

Antisipasi dan berilah kejutan

Ketika kita menghadapi lawan yang cukup kuat dan cukup sulit untuk dikalahkan, perlu dicoba hal-hal yang tidak terduga. Jangan sampai kita melakukan cara bermain yang sama secara terus-menerus jika mengalami kebuntuan, bisa saja sang lawan sudah membaca startegi kita.

Cobalah mencari variasi dalam bermain. Berikan lawan beberapa kejutan. Misalnya kita cukup sulit menerobos ke kotak penalti, cobalah untuk menendang dari luar kotak penalti jika ada kesempatan. Hal ini tentu akan membuat kaget lawan kita, terutama jika percobaan tersebut membuahkan hasil. Intinya jangan sampai kita bermain dengan cara yang monoton, carilah variasi dan berikan kejutan.

Sama seperti dalam hal beradaptasi, kecerdikan dan kecerdasan kita dalam membaca situasi kembali dibutuhkan.

Tetap tenang

Sikap tetang sangat diperlukan oleh seorang gamers PES. Mengapa? Karena dengan bersikap tenang, kita bisa bermain dengan santai dan berpikir dengan lebih baik. Misalnya Ketika diserang oleh lawan, kita bisa mengantisipasinya dengan baik dan tidak takut untuk membiarkan penjaga gawang menguasai bola.

Jangan biarkan diri kita terlalu senang ataupun terlalu emosi dalam bermain. Terkadang kedua hal tersebut membuat pikiran kita jadi kacau dan tidak tenang.

Memanfaatkan set pieces

Kehandalan kita dalam memanfaatkan set pieces cukup berguna pada suatu pertandingan. Set pieces bisa menjadi alternatif jika mengalami kebuntuan mencetak gol melalui open play. Kita perlu melatih kemampuan dalam mengambil set pieces ini, karena hanya segelintir orang saja yang pintar dalam memanfaatkannya.

Selain itu, kita juga harus mampu mengantisipasi set pieces dari lawan, terutama jika sang lawan terkenal pintar dalam memanfaatkan set pieces.

Cetaklah gol sebanyak-banyaknya

Dalam sebuah pertandingan, tim yang mencetak gol lebih banyak adalah pemenangnya. Jadi sebisa mungkin kita harus mencetak gol lebih banyak dari lawan. Walaupun sudah unggul dalam jumlah yang besar misalnya 2-0 atau 3-0, jangan sampai kita terlena. Sama seperti di dunia nyata, lawan kita bisa saja menyamakan kedudukan atau malah berbalik unggul. Jadi, usahakan tetap menjadi penguasa di pertandingan.

Mencetak gol lebih dahulu dari lawan juga cukup penting untuk dilakukan. Karena mungkin beberapa diantara kita ada yang akan merasa gugup dan panik ketika sudah tertinggal terlebih dahulu. Jadi usahakanlah untuk sesegera mungkin untuk mencetak gol.

***

Demikianlah beberapa tips dari kami,semoga bisa memberikan manfaaat kepada kita semua dalam bermain MyClub di PES 2017.

*Disadur dari pesexpert.com

Foto: konami.com

Komentar