Adaptasi Skuat Chelsea Pada Skema 3-4-3 Conte

Taktik

by Randy Aprialdi 31518

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Adaptasi Skuat Chelsea Pada Skema 3-4-3 Conte

Masih Butuh Adaptasi

Sorotan lain pada formasi 3-4-3 Conte adalah kedua pemain sayapnya. Peran sayap pada laga melawan Hull diperankan oleh Victor Moses di sebelah kanan dan Marcos Alonso di sebelah kiri. Dengan menempatkan Nemanja Matic dan N`Golo Kante di tengah yang cenderung lebih defensif, Willian dan Eden Hazard yang menemani Diego Costa di lini depan bermain lebih ke tengah.

Mentalitas Matic dan Kante pada waktu itu justru menjadi perebut bola di lapangan tengah mengingat Conte menginginkan para pemainnya cepat mencuri bola dari lawan. Maka dari itu Hazard dan Willian lebih sering terlihat turun ke tengah untuk menjemput bola. Mereka berdua pun lebih banyak melepaskan percobaan tendangan di luar kotak penalti. Dua gol Chelsea pun terjadi melalui sepakan di sekitar garis kotak penalti.

Pergerakan Willian yang sering turun ke bawah itu membuat Moses lebih lama menggiring bola. Keputusannya itu dilakukan sambil menunggu Willian atau rekannya yang lain masuk ke dalam kotak penalti Hull. Total, Moses melakukan enam kali percobaan dribel di sepertiga akhir pertahanan lawannya tersebut. Kendala Moses hanya belum terbiasa harus turun membantu pertahanan karena biasanya ia bermain fokus menyerang.

Hal itu berbeda dengan Alonso di sisi kiri. Sebab ia sudah biasa menyisir lapangan untuk menyerang maupun bertahan ketika memperkuat kesebelasan-kesebelasan sebelumnya. Alonso sudah sedikit memperlihatkan karakter permainannya pada laga menghadapi Hull. Ia berlari cepat ke sepertiga akhir pertahanan lawan, kemudian mengirimkan umpan silang. Dua dari enam percobaan umpan silangnya berhasil tepat sasaran, bahkan salah satunya menjadi umpan kunci pada laga tersebut.



Di sisi lain, setidaknya kemenangan atas Hull membuat Conte semakin percaya diri menggunakan tiga bek. Conte pun memiliki waktu yang panjang agar para pemainnya terbiasa memainkan formasi 3-4-3. Apalagi jika mengingat waktu latihan 3-4-3 bisa lebih panjang karena adanya jeda internasional pekan ini.

Tidak lupa juga agar Matic atau Kante bisa lebih agresif membantu serangan. Atau Conte bisa memilih alternatif lain. Sebab ia masih memiliki Cesc Fabregas atau Ruben Loftus-Cheek yang sedang bugar dan siap dimainkan sebagai salah satu gelandang pada formasi 3-4-3 tersebut. Di sisi lain Oscar harus bekerja keras beradaptasi dengan racikan baru Conte bersama Chelsea.

Sumber lain: Chelsea FC, Mirror, Soccerway Transfermarkt, Whoscored.

Komentar