Menjadi Pemain Futsal yang Lebih Baik

Sains

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Menjadi Pemain Futsal yang Lebih Baik

Tidak sedikit pemain sepakbola profesional – terutama mereka yang memiliki kemampuan olah bola di atas rata-rata – yang secara terbuka mengalamatkan rasa terima kasih mereka kepada futsal; olah raga menyepak bola yang dilakukan di lapangan yang lebih kecil dari lapangan sepakbola, dengan bola yang lebih kecil, dan dengan jumlah pemain yang lebih sedikit.

Lucas Moura, pemain Paris Saint-Germain sekaligus bagian dari generasi baru pemain berbakat Brasil, malah secara khusus menjadikan “bermain futsal” sebagai salah satu dari cara untuk memiliki kemampuan menggiring bola yang baik. Beberapa tips lain yang ia berikan adalah mengintai pilihan, membaca lawan, mengeluarkan rasa percaya diri, memilih waktu dan tempat yang tepat, dan bekerja keras.

Tentu saja menjadi pemain sepakbola yang lebih baik bukan satu-satunya tujuan bermain futsal. Dengan popularitas yang terus menanjak yang dibarengi oleh semakin berkurangnya jumlah lapangan sepakbola yang dapat digunakan oleh masyarakat umum, futsal menjadi pilihan baru sebagai sarana penjaga kebugaran yang menyenangkan.

Sarana rekreasi yang menyehatkan memang masih menjadi alasan terkuat dari popularitas futsal di kalangan non-atlet yang tidak menjadikan futsal sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas permainan mereka di olahraga lain. Walaupun kebesaran futsal, dalam hal industri olahraga, belum tentu menyamai kebesaran sepakbola.

Ditambah hasil penelitian yang menyebutkan bahwa aktivitas sepak menyepak bola yang dilakukan secara rutin dapat menurunkan risiko stroke, semakin tinggi saja popularitas futsal di kalangan non-atlet.

Terlepas dari fungsi futsal sebagai sarana rekreasi, tak ada salahnya jika Anda serius menekuni olahraga ini. Entah untuk menjadi pemenang dalam kejuaraan futsal untuk kalangan umum yang belakangan menjamur atau semata agar Anda menjadi pemain terbaik di antara teman-teman, menekuni futsal adalah hal yang sah-sah saja. Manajer Arsenal, Arsène Wenger, bahkan memiliki tips untuk menjadi pemain yang lebih baik di ruang sempit.

Saran Wenger menyimpan banyak manfaat, namun tentunya lebih baik lagi jika saran untuk bermain futsal datang dari pelaku olahraga itu sendiri.

Falcão, pemain yang diakui luas pantas menyandang status pemain futsal terbaik sepanjang masa, mengungkap lima dasar permainan futsal kepada FourFourTwo. Kelima dasar tersebut, menurut Falcão, adalah kontrol bola, tembakan, umpan, komunikasi, dan organisasi, dan kebugaran.

Di lapangan yang sempit, kontrol bola yang baik adalah sebuah keharusan. Bersentuhan dengan bola secara rutin, menurut Falcão, adalah cara meningkatkan kontrol bola. Sama pentingnya dengan kontrol bola yang baik adalah kemampuan yang baik dalam mengambil keputusan. Melepas tembakan bukan hanya soal kekuatan, namun juga kecepatan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan penempatan bola di titik yang sulit dijangkau penjaga gawang.

"Dua elemen kunci umpan dalam permainan ruang sempit adalah kecepatan dan ketegasan umpan. Ketika Anda menunggu untuk menerima bola, lihatlah sekeliling untuk melihat keberadaan lawan, rekan satu tim, dan ruang kosong sehingga ketika Anda menerima bola Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan," ujar Falcão mengenai umpan.

"Ini akan meningkatkan kecepatan pergerakan dan pelepasan bola. Lalu pastikan umpan Anda tegas karena ruang permainan sempit dan para pemain bertahan ada dalam jarak yang dekat," sambungnya lagi.

Mengenai komunikasi dan organisasi, Falcão menegaskan kemampuan berbicara adalah elemen penting ketika membangun serangan dan mengatur pertahanan.

Memiliki pemain yang dapat berbicara dan mengorganisir permainan sama baiknya adalah sebuah keuntungan. Karenanya, menjadi pemain yang lebih baik dapat dimulai dengan memperbaiki kemampuan berbicara dan mengorganisir permainan.

Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah kebugaran. Bermain futsal dengan sendirinya dapat meningkatkan kebugaran, namun Falcão menyarankan latihan tambahan. Jika Anda banyak menghabiskan waktu di tempat kerja, tak usah khawatir; latihan kebugaran dapat dilakukan di kantor.

Buatlah rekan-rekan Anda terkesan pada pekan depan, ketika Anda kembali bermain futsal dengan mereka, dengan mempraktikkan saran-saran yang diberikan Falcão.

Komentar