Mitos Power Balance, Si Gelang Ajaib

Sains

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Mitos Power Balance, Si Gelang Ajaib

Pada masa kejayaannya dulu, sekitar tiga tahun yang lalu (2011), Power Balance adalah merek gelang yang oleh pembuat dan vendornya diklaim sebagai produk yang "menggunakan teknologi holografis" untuk "bekerja dengan medan energi alami tubuh".

Power Balance menggunakan terapi hologram, yaitu pengobatan energi, yang merupakan cabang dari pengobatan alternatif. Menurut pembuatnya, Power Balance "didasarkan pada gagasan untuk mengoptimalkan aliran energi di dalam tubuh. Hologram pada Power Balance didesain untuk beresonansi dan merespons medan energi alami tubuh".

Power Balance lebih dipromosikan melalui atlet yang dibayar dan viral marketing ketimbang melalui bukti ilmiah. Power Balance menyatakan bahwa mereka tidak membuat klaim ilmiah atau medis apapun mengenai produk mereka.

Katanya, gelang ini mengandung aroma mistis yang intinya bisa meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan fleksibilitas. Yap, ternyata banyak sekali atlet sepakbola papan atas yang mengenakannya, seperti Cristiano Ronaldo, David Beckham, Darren Bent, Gianluigi Buffon, dan banyak lagi, sehingga, well, sulit bagi kita untuk mengabaikan benda ini.

"Gelang itu sangat membantu saya di gimnasium. Saya telah memakainya dalam beberapa pertandingan dan sepertinya benda ini sangat membantu. Anda merasa seperti memperoleh kekuatan tambahan dari dalam tubuh. Ini merupakan metode alternatif dan saya sangat tertarik mencoba hal-hal seperti ini", ungkap Darren Bent.

Lalu setelah itu, rekan-rekannya sewaktu di Sunderland dulu (Jordan Henderson, Asamoah Gyan, Anton Ferdinand, dan Michael Turner) terpengaruhi untuk memakai gelang serupa.

Faktor yang berperan penting mungkin hanya sugesti, tapi Bent begitu yakin, "Gelang ini juga memberikan Anda keunggulan psikologis, kenyamanan di lapangan adalah perasaan yang paling penting", katanya. Yoi aja deh gw!

Namun, sampai sekarang masih tidak ada bukti ilmiah yang mendukung kemampuan gelang itu untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas tubuh.

Komentar