Saat Dua Negara Berakhiran "Guay" Lolos ke Babak Final Copa America

Backpass

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Saat Dua Negara Berakhiran "Guay" Lolos ke Babak Final Copa America

Amerika Selatan memiliki dua nama berakhiran ‘guay’, yaitu Uruguay dan Paraguay. Sekilas tampak tidak menarik, namun, menjadi menarik kala keduanya bertemu dalam partai final pesta sepakbola antar negara zona CONMEBOL alias Amerika Selatan, yaitu Copa America. Singkat kata, dua negara ini bertemu dalam partai final Copa America 2011 yang diselenggarakan pada 24 Juli 2011.

Kala itu, Uruguay dan Paraguay bertemu dalam babak final yang diselenggarakan di Estadio Monumental. Kedua negara sampai ke partai final dengan cara berbeda. Uruguay berhasil melaju ke partai final usai menjadi runner-up grup C di bawah Chile. Pada babak 8 besar, mereka harus menghadapi tuan rumah, Argentina.

Tampil dengan cukup spartan, mereka berhasil mengalahkan tuan rumah lewat babak adu penalti yang berkesudahan dengan skor 4-5 untuk kemenangan Uruguay. Pada babak semifinal, mereka meraih kemenangan yang meyakinkan melawan Peru dengan skor 2-0 lewat dua gol dari Luis Suarez.

Sementara itu, Paraguay menorehkan sebuah sejarah yang unik dalam perhelatan Copa America 2011 ini. Mereka sampai ke babak final tanpa meraih kemenangan sama sekali. Tiga kali hasil imbang mereka catatkan pada babak penyisihan grup (0-0 lawan Ekuador, 2-2 lawan Brasil, dan 3-3 melawan Venezuela). Lepas itu, babak delapan besar dan babak semifinal juga mereka lalui dengan tidak meraih kemenangan.

Menghadapi Brasil lagi pada babak delapan besar, mereka menang lewat babak adu penalti dengan skor 2-0. Setelah itu, menghadapi Venezuela lagi pada babak semifinal, mereka menang kembali lewat babak adu penalti dengan skor 5-3. Dua lawan yang sama, dengan dua hasil yang sama, menang lewat adu penalti, justru mengantarkan mereka ke babak final.

Intinya, dua negara ‘guay’ ini sama sekali belum pernah tersentuh kekalahan sampai akhirnya mereka bertemu di Estadio Monumental pada 24 Juli 2011. Kali ini, dua negara ‘guay’ ini memiliki takdir yang berbeda. Uruguay berhasil memutus rekor tidak pernah kalah Paraguay pada ajang Copa America 2011, sekaligus menjadi juara.

Mereka berhasil mengalahkan Paraguay dengan skor 3-0 lewat satu gol dari Luis Suarez dan dua gol dari Diego Forlan. Uruguay pun mendapatkan trofi Copa America mereka yang ke-15, setelah terakhir kali mendapatkan trofi Copa America pada gelaran 1995.



foto: Wikimedia

Komentar