(On This Day) Lionel Messi, Ronaldinho dan Gol Bersejarah Itu

Backpass

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

(On This Day) Lionel Messi, Ronaldinho dan Gol Bersejarah Itu

Mungkin masih teringat di benak Messi ketika ia dipanggil Frank Rijkaard di lima menit terakhir babak kedua saat Barcelona menjamu Albacete di Camp Nou, sepuluh tahun yang lalu. Mungkin begini cerita awalnya:

Frank Rijkaard: Skor masih 1-0 dan waktu tinggal beberapa menit lagi. Tim ini masih butuh gol, tapi siapa ya yang akan bermain? (bergumam dalam hati sambil melirik ke arah bench).

Frank Rijkaard: "Hey Lionel kecil, kemarilah!"

Lionel Messi: "Ada apa, bos?"

Frank Rijkaard: "Ganti pakaianmu dan bersiap untuk bermain! Samuel (EtoÃ?â??o) akan kutarik keluar."

Lionel Messi: "Horeeeeeee aku main lagi, lumayan, lah, daripada cuma duduk di bench (dalam hati)."

Lionel Messi: "Oke bos!" (sambil merapikan baju dan memasukannya ke dalam celananya)

Frank Rijkaard: "Lionel, dengarkan aku. Instruksiku hari ini untukmu adalah memanfaatkan ruang kosong yang ditinggalkan Samuel nanti. Gunakan kecepatanmu, nak!"

Lionel Messi: "HhmmmÃ?â?¦ baiklah." (sambil anggguk-angguk dengan seksama)

Akhirnya menit 87, Lionel Messi berdiri di tepi lapangan sambil membetulkan celananya. Hari itu, 1 Mei 2005 mungkin tak terpikirkan di benaknya untuk mencetak gol pertama di liga Spanyol. Pengawas pertandingan mengangkat papan angka nomer 9 berwarna merah untuk menandakan Samuel EtoÃ?â??o keluar dan mengganti nomer dipapan tersebut dengan angka 30 berwarna hijau. Lionel Messi sebentar lagi masuk.

Tepuk tangan bergemuruh, dua makna tepuk tangan hari itu. Menghormati EtoÃ?â??o sekaligus menyambut Lionel "si kecil" Messi. Kemudian tiga menit setelah ia berlari-lari mengacaukan pertahanan Albacete, akhirnya ia mendapatkan kesempatan untuk membobol gawang lawan.

Ronaldinho, bintang Camp Nou saat itu sekaligus mentor sang Messi kecil mengirimkan umpan chip manis, semanis madu, menuju ruang kosong didepan Messi. Dengan sedikit kontrol dan dribble, Messi kecil melepaskan tembakan lob yang terukur, begitu terukur untuk menambah keunggulan Blaugrana menjadi 2-0. Malam itu berakhir dengan suka cita bagi Messi. Ia dipuja-puja seisi Camp Nou.

Lionel Messi takkan pernah lupa dengan Ronadinho. Takkan pernah.

Bukan hanya assist pertama saja yang menjadi kado Ronaldinho untuk Messi, namun Ronaldinho sudah banyak mengayomi Messi sejak ia mulai bergabung di tim utama Barcelona. Lionel Messi yang pemalu, disambut langsung kehadirannya oleh sang mega bintang saat itu. Ia juga kerap kali diundang Ronaldinho ke rumahnya untuk berbicara banyak tentang sepakbola dan bercengkrama dengan pemain senior lainnya seperti Deco dan Motta.

Ronaldinho juga yang menghibur Messi ketika ia mengalami cedera. Bahkan ketika Barcelona menjuarai liga Champions di Paris 2006 lalu, Messi yang tidak masuk skuad final karena cedera, hanya bisa murung di tepi lapangan. Ronaldinho datang beserta Deco dan Motta untuk membawakan trofi si kuping besar untuk merayakannya dengan Messi kecil. Ia ingat betul akan hal itu.

Kini, Lionel Messi menjelma menjadi pemain terbaik di dunia sekaligus predator paling mengerikan di kotak penalti lawan. 403 gol resmi ia cetak untuk klub yang telah membesarkan namanya, FC Barcelona. Meski menjadi top skor sepanjang masa di Barca dan liga Spanyol, ia takkan pernah lupa akan jasa-jasa orang yang pernah membantunya dulu seperti Frank Rijkaard & Ronaldinho.

Ia sangat berterimakasih pada Rijkaard karena pelatih asal Belanda itu tahu betul hal yang terbaik untuk dirinya.

Lionel Messi telah sempurna meneruskan tugas mulia sebagai pemangku nomer sepuluh Barcelona, melanjutkan peran sang mentor, Ronaldinho. Kini, sisanya adalah sejarah. Ya, dan itu sejarah yang masih ditulis hingga entah.

First Goal Lionel & 403 copy

*Catatan kaki (update):

Sampai musim 2014-15 berakhir, Lionel Messi telah mengoleksi total 412 gol untuk FC Barcelona sepanjang karirnya (masih bisa bertambah) dengan rincian 286 gol di La Liga, 34 gol di Copa del Rey dan 77 gol di UCL. Sebanyak 181 gol diciptakannya di kandang lawan dan 231 gol sisanya tercipta di Camp Nou.

Total 412 gol Messi dilakukan dengan kepalanya sebanyak 19 kali, 1 gol dari tangannya, 1 gol dari dadanya, 325 gol dengan kaki kirinya dan 66 gol dari kaki kanannya. Area terciptanya gol tersebut tercipta sebanyak 359 gol dari dalam kotak penalti dan 52 gol dari luar kotak penalti.

VIDEO: Gol pertama Lionel Messi di FC Barcelona



Berikut kumpulan cerita Messi dan Ronaldinho yang telah kami tulis:









Sumber: fcbarcelona.com & totalbarca.com

Komentar