Presiden Barcelona Tewas Bunuh Diri

Klasik

by redaksi

Presiden Barcelona Tewas Bunuh Diri

John Gamper adalah sosok yang amat dihormati di Barcelona. Dialah pendiri klub FC Barcelona. Gamper pun sempat menjabat presiden Barcelona selama hampir 25 tahun lamanya. cita-cita terbesar Gamper adalah membuat Katalunya lepas dari Spanyol., karena itu Diktator Jenderal Franco amat membencinya.

Pada tahun 1925, di Les Cortes, pendukung Barca mencemooh lagu kebangsaan Spanyol dan bersorak-sorak menyanyikan "God Save The Queen, - lagu kebangsaan Inggris. Akibatnya Gamper pun dimasukan ke penjara karena dituduh mempromosikan kemerdekaan Catalan.

Oleh Franco, Gamper dibebaskan dari penjara tapi dengan syarat ia harus meninggalkan Barcelona dan tak ikut kembali jadi pengurus didalam klub. Ini adalah titik awal bencana yang menghampiri untuk Gamper. kondisi ini ditambah dengan krisis ekonomi yang melanda spanyol pada tahun 1929. Usaha bisnisnya pun hancur lebur.

Jauh dari Barca membuatnya frustasi dan menjadi gila, Gamper pun memutuskan bunuh diri di rumahnya sendiri di sebuah rumah kecil pinggiran Kota Barcelona. Dia meninggalkan Barcelona dengan kepedihan..

Komentar