Simbiosis Mutualisme antara FC Barcelona dan Kota Barcelona

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Simbiosis Mutualisme antara FC Barcelona dan Kota Barcelona

Hubungan antara klub sepakbola dan kota tempat mereka bermarkas memang seharusnya menjadi hubungan yang saling menguntungkan atau dalam istilah lain, memiliki simbiosis mutualisme. Klub yang biasanya akan merepresentasikan sebuah kota atau daerah, akan menjadi bagian tersendiri dalam jiwa kota tersebut. Tingkat popularitas klub akan mampu mempengaruhi tingkat popularitas kota. Ketika klub yang berada di kota tersebut berhasil menjadi juara, bukan tidak mungkin secara tiba-tiba kota tempat markas klub tersebut menjadi populer.

Salah satu klub terbaik di dunia, FC Barcelona, memiliki cara tersendiri untuk membentuk simbiosis mutualisme antara klub dan kotanya. FC Barcelona tentu sudah mendapatkan banyak keuntungan dari kota Barcelona. Selain menjadi tempat mereka mendirikan markas, kota Barcelona juga melahirkan banyak pendukung-pendukung setiap klub yang berjuluk Blaugrana ini.

Namun, FC Barcelona juga bukannya tidak memberikan apa-apa bagi kota tempat mereka bermarkas. Sebuah studi yang dilakukan oleh Deloitte menunjukan bahwa ada pengaruh besar yang diberikan oleh FC Barcelona kepada tingkat ekonomi kota yang berada di bagian timur Spanyol tersebut. Salah satu pengaruh yang diberikan FC Barcelona kepada Kota Barcelona adalah dalam hal Gross Domestic Product (GDP).

Artikel kami tentang FC Barcelona yang lainnya:


Studi dan analisis yang dilakukan oleh Deloitte menujukkan bahwa 759 juta euro pendapatan kesebelasan Barca pada musim lalu (2013-14) merepresentasikan 1,2% dari jumlah total pendapatan lokal (GDP) kota Barcelona. Memang, jumlah ini tidak cukup besar, namun Delloitte memprediksikan bahwa nantinya akan ada peningkatan pendapatan yang akan diraih oleh Barca sebesar 9% menjadi 826 juta Euro, karena proyek 'Espai Barca' yang kini sedang direncanakan oleh sang presiden, Josep Bartomeu.

Kota Barcelona yang terletak di pesisir pantai juga tentu menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wistawan di Spanyol dan Dunia. Namun, jangan salah, bahwa 6% turis yang berkunjung ke Barcelona, mereka ingin mengunjungi markas Blaugrana, baik untuk menonton pertandingan Messi dan kolega atau sekadar ingin berkunjung ke museum yang penuh dengan sisi historis kesebelasan tersebut.

Tentang ekonomi dan sepakbola:


Dari situ, FC Barcelona pun memberikan satu dampak lain terhadap Kota Barcelona yang juga tidak kalah penting, yaitu lowongan pekerjaan. Dengan adanya kontribusi dalam GDP Kota Barcelona serta daya tarik terhadap turis untuk datang ke kota tersebut, otomatis FC Barcelona memberikan dampak tersendiri terhadap peningkatan lowongan pekerjaan di kota tersebut. Musim lalu saja, Barca secara tidak langsung telah membuka 15200 lowongan pekerjaan dan diprediksi akan bertambah menjadi 16628 ketika proyek 'Espai Barca' mulai bergulir tahun 2017 nanti dan mencapai angka 18523 ketika proyek tersebut selesai di 2021.

Memang sudah selayaknya klub sepakbola memberikan satu nilai tersendiri kepada kota tempat mereka bermarkas. Pasalnya, klub dan kota tersebut seharusnya memiliki ikatan erat yang tidak akan bisa terpisahkan. Tanpa adanya sebuah kota yang menjadi identitas klub, akan sulit bagi klub untuk membangun basis suporter dan menjalankan aktivitasnya sebagai sebuah klub sepakbola.

Di sisi lain, klub itu sendiri akan membuat kota menjadi lebih hidup. Aktivitas yang dilakukan klub sepakbola akan menarik perhatian masyarakat kota tersebut, hingga membuat kesempatan bagi warga kota untuk saling berinteraksi dan membangun kota mereka. Dari sinilah kemudian timbul hubungan timbal balik antara klub sepakbola dan kota tempatnya bermarkas yang saling menguntungkan.

Supaya lebih jelas, kami mencoba menyajikan beberapa data penting tentang sajian tulisan diatas dalam bentuk infografis singkat di bawah ini:

simbiosis klub dan kota copy


Sumber tulisan dan grafis dari fcbarcelona.com

Komentar