Liga Sepakbola Perempuan Amerika Serikat Resmi Dimulai

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Liga Sepakbola Perempuan Amerika Serikat Resmi Dimulai

Kompetisi kasta tertinggi sepakbola perempuan Amerika Serikat, National Women’s Soccer League (NWSL), memulai musim ketiga mereka pada Sabtu pagi 11 April 2015 waktu Indonesia. NWSL merupakan format keempat dalam sejarah liga sepakbola perempuan di Amerika Serikat.

Sama seperti Major League Soccer (MLS) yang tidak menggunakan sistem promosi dan degradasi serta memberlakukan sistem liga regular dan babak play-off championship untuk mencari juara di akhir musim kompetisi. kesebelasan peringkat pertama hingga keempat pada babak reguler, berkesempatan untuk bermain di babak play-off championship. Empat kesebelasan tersebut akan diundi untuk menentukan siapa melawan siapa dalam laga semifinal.

Beberapa hal unik mengenai MLS juga pernah kami bahas dalam beberapa tulisan berikut ini:

Cara MLS Menjual Tiket Musiman

Toronto FC Terapkan ‘Sports Science’ Mulai Musim Depan

Suasana Fans Chivas Saat Menghadiri Pertandingan Terakhir Klub Mereka

Ingin Beda, MLS Enggan Patuhi Saran FIFA

Peta Terbaru Persaingan MLS

MLS: Liga dengan Pendekatan Bisnis

The Beckham Effect: Faktor Penting Peningkatan Popularitas MLS


NWSL 2015 akan menjadi musim terpanjang dalam sejarah liga, karena berbenturan dengan jadwal Piala Dunia Perempuan 2015 yang diselenggarakan di Kanada. NWSL digelar hingga 7 September 2015. Total ada 151 hari yang dilewati sembilan klub, termasuk jeda pertandingan dan jeda Piala Dunia Perempuan

Jumlah kesebelasan yang berlaga pada musim ketiga NWSL berasal dari sembilan kota berbeda. Jumlah ini sama dengan peserta tahun lalu. Namun, dari kesembilan tim yang berlaga pada musim ini hanya ada dua tim yang berafiliasi dengan klub di Major League Soccer yakni Portland Thorns (Portland Timbers) dan Houston Dash (Houston Dynamo) sisanya adalah klub yang berdiri sendiri.

Untuk musim ini, Katelyn Rowland (FC Kansas City) menjadi pemain termuda dengan usia 20 tahun. Sedangkan untuk  pemain tertua tersemat pada nama Shanon Boxx (Chicago Red Stars) dengan usia 37 tahun.

Fakta unik lainnya, kesebelasan Chicago Red Stars memiliki duet bek sentral internasional dari dua negara berbeda yakni Abby Erceg (Selandia Baru) dan Jullie Johnston (Amerika Serikat). Kemudian, Seattle Reign memiliki trio pemain tengah internasional dari tiga negara berbeda yakni Kim Little (Skotlandia), Jessica Fishlock (Wales), dan Megan Rapinoe (Amerika Serikat). Portland Thorns memiliki empat striker internasional dari empat Negara berbeda yakni Alex Morgan (Amerika Serikat), Chirstine Sinclair (Kanada), Jodie Taylor (Inggris) dan Genoveva Anonma (Guinea Khatulistiwa)

Data dan Fakta Musim 2014

Pada musim 2014, Seattle Reign berhasil memuncaki musim regular liga dengan catatan 16 laga tak terkalahkan sejak awal musim (14 April 2014) hingga 7 Juli 2014. Mereka berhasil mendapat NWSL Shield, sementara mereka kalah di final Championship dari FC Kansas City yang menjadi juara turnamen pada 2014.

Skor kemenangan terbesar diraih Portland Thorns yang mengalahkan FC Kansas City 7 – 1 pada 14 Juli 2014 pagi waktu Indonesia. Sementara laga dengan jumlah gol terbanyak dicatatkan dalam laga Seattle Reign kontra Boston Breakers yang berakhir dengan kemenangan 6 – 3 untuk Reign pada 21 April 2014 pagi waktu Indonesia. Tercatat, sebanyak 328 gelontoran gol yang tercipta dengan rasio 3.04 gol / laga dari 108 pertandingan yang diadakan sepanjang musim 2014 lalu. Kim Little dari Seattle Reign, muncul sebagai top skorer dengan 16 gol.

Supaya lebih jelas, berikut sajian singkat tentang data dan fakta NWSL yang telah dirangkum dalam infografis dibawah ini:

NWSL copy

Mengapa NWSL menjadi liga yang pantas dinantikan, baik untuk para pengamat sepakbola perempuan maupun teman-teman yang ingin mengenal sepakbola perempuan? Karena NWSL menyuguhkan kualitas individu-individu terbaik di sepakbola perempuan, tak jarang ada aksi dan gol-gol cantik tercipta. Selain itu, hampir seluruh laga NWSL dapat disaksikan via streaming melalui kanal resmi mereka di YouTube.

Sumber tulisan: https://www.nwslsoccer.com/

Kredit penulis untuk: Steven Danis & rekan-rekan @womensfootie_id

Komentar