Jarak Tempuh Kesebelasan QNB League 2015

Infografis

by Irfan Muhammad

Irfan Muhammad

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Jarak Tempuh Kesebelasan QNB League 2015

Awal bulan April tahun 2015 adalah momen yang dinantikan karena liga tertinggi di Indonesia akhirnya dimulai. Liga Indonesia tahun ini adalah spesial karena banyak sesuatu-sesuatu yang dinantikan dan membuat penasaran dimulai dari debut beberapa pemain-pemain jebolan Tim Nasional Indonesia U-19 di kesebelasan-kesebelasan liga Indonesia hingga sistem liga yang berbeda dengan musim sebelumnya. Bahkan sebelum liga dimulai pun masyarakat sudah dibuat heboh dengan polemik BOPI dan PT Liga Indonesia. Terakhir yang menghebohkan adalah tepat sehari sebelum pentas ini digelar pihak liga mengumumkan kesepakatan dengan Qatar National Bank (QNB) dengan mengubah nama ISL menjadi QNB League untuk tiga tahun ke depan.

Sesuatu yang tidak berubah dari musim ke musim adalah jeda pendek antara satu pertandingan ke pertandingan lainnya. Memang benar adanya bahwa pemain sepakbola adalah pribadi yang super sibuk. Namun faktor kelelahan akan menjadi momok bagi kesebelasan-kesebelasan yang bertanding mengingat kesebelasan-kesebelasan yang berlaga di QNB League tersebar di berbagai pulau di Indonesia.

Jarak tempuh satu musim setiap kesebelasan pun berbeda-beda. Jarak tempuh satu musim disini maksudnya adalah jarak tiap kesebelasan mengarungi rute jadwal pertandingan-pertandingan yang "harus" berpindah-pindah kota bahkan pulau untuk menyelesaikan laga per laga. Kesebelasan Persipura Jayapura, misalnya. Persipura harus menempuh lebih dari 50 ribu kilometer untuk menyelesaikan semua laga QNB League. Sedangkan kesebelasan Persela Lamongan "hanya" menempuh sekitar 30 ribu lebih sedikit dari Persipura Jayapura. Dapat dikatakan jugakesebelasan Persela Lamongan hanya menempuh hampir setengah dari total jarak kesebelasan Persipura Jayapura tempuh untuk menyelesaikan seluruh laga QNB League.

Apakah ini menjadi adil untuk performa setiap kesebelasan jika faktor kelelahan adalah isu utama?

Sebelum membicarakan keadilan, kami memberikan informasi tentang jarak tempuh kesebelasan-kesebelasan yang berlaga di QNB League dalam Infografis.

Baca Juga

Yang Menarik dari Pekan Pertama QNB League 2015

Sejarah Sponsor-Sponsor di Liga Indonesia

Mengapa Konsumsi Pisang Lekat dengan Olahraga

Betapa Melelahkan menjadi pemain Sepakbola

Infografis Jarak Tempuh QNB League 2015 (Klik untuk memperbesar)
Infografis Jarak Tempuh QNB League 2015 (Klik untuk memperbesar)

Komentar