Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 34

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 34

Ketika kami mengecek siapa penyerang yang paling banyak dibeli manajer FPL, entah kenapa kami menemukan nama Harry Kane (dibeli lebih dari 135.000 manajer FPL saat tulisan ini dibuat) di posisi puncak yang sebenarnya menderita cedera pergelangan kaki. Setelah Kane, ada Raúl Jiménez (lebih dari 117.000 transaksi) dan Sergio Agüero (lebih dari 96.000 transaksi). Jiménez dan Agüero tidak kami sertakan di penyerang unggulan kali ini meski kalian tetap bisa mengandalkan keduanya.

Nama penyerang pertama yang kami unggulkan adalah Glenn Murray (Brighton, £6.3). Dia adalah penyerang keempat yang paling banyak dibeli oleh manajer FPL sampai tulisan ini dibuat dengan lebih dari 95.000 transaksi. Angka ini mungkin akan semakin naik ketika kalian membaca tulisan ini karena Murray—yang kebetulan bermain bagi "dua kesebelasan" yaitu Brighton AND Hove Albion—dijadwalkan akan melawan dua kesebelasan dalam satu gameweek: Bournemouth (kandang) dan Cardiff City (kandang).

Sebenarnya tidak ada statistik yang mendukung Murray berprestasi. Dia hanya menjadi starter dua kali dan mencetak satu gol dari empat tembakan (hanya satu pula yang tepat sasaran) dalam empat gameweek terakhir. Biasa saja, kan? Namun siapa yang tak tergiur dengan double gameweek, apalagi pekan depan juga Brighton akan menjalani double gameweek lagi (bertamu ke Wolverhampton Wanderers dan bertamu ke Tottenham Hotspur). Namun sebenarnya Murray punya peluang, karena dalam rentang waktu serupa, Bournemouth kebobolan 7 kali (terburuk keempat) sedangkan Cardiff ditembak 57 kali (terburuk kelima). Yah, lumayan, lah.

Penyerang berikutnya yang paling banyak dibeli manajer FPL adalah Jamie Vardy (Leicester, £9.2) dengan lebih dari 70.000 transaksi. Tidak seperti Murray yang "aji mumpung" double gameweek, Vardy jelas memiliki kualitas yang tercermin pada statistiknya di empat gameweek terakhir: lima gol (terbaik dari semua pemain), 15 tembakan (terbaik ketiga), 12 tembakan di dalam kotak penalti lawan (terbaik), 7 shots on target (terbaik), dan 6 big chances (terbaik).

Leicester City akan menjamu Newcastle United pada Sabtu (13/04) dini hari WIB; pertandingan ini, nih, yang bikin deadline FPL jadi Sabtu dini hari juga! Dalam rentang waktu serupa, Newcastle sudah kebobolan 7 kali (terburuk keempat) dan menerima 7 big chance (terbanyak kedelapan). Memang catatan itu tak seberapa. Namun Vardy biasa mencerminkan efektivitas, apalagi Newcastle sudah mencatatkan tiga error dengan dua di antaranya menjadi gol (terburuk ketiga) dalam empat gameweek terakhir.

Romelu Lukaku (Man United, £10.8) adalah penyerang premium yang kami pilih lebih karena faktor lawannya, yaitu West Ham United yang akan datang ke Old Trafford. Dalam empat gameweek terakhir West Ham kebobolan 9 gol (terburuk ketiga), ditembak 64 kali (terburuk kedua) dengan 46 di antaranya dari dalam kotak penalti sendiri (terburuk kedua), ditembak tepat sasaran 28 kali (terburuk bersama Fulham), disundul 9 kali (terburuk ketiga), menerima 17 big chances (terburuk), 45 kali gagal tekel (terburuk kedua), serta menerima 18 peluang dari kiri (terburuk kedua) dan 16 peluang dari tengah (terburuk kedua).

Melihat statistik pribadi, Lukaku memang tak mencetak gol dari rentang waktu serupa meski mencatatkan 6 tembakan (semuanya dari dalam kotak penalti) dan 5 big chances (terbaik kedua di antara semua pemain). Namun melihat heat map dalam empat gameweek terakhir, area permainan Lukaku cocok dengan banyaknya peluang di area bertahan West Ham. Kalau kalian tak yakin dengan Lukaku, pemain United lainnya yang bisa dipertimbangkan adalah Marcus Rashford dan Paul Pogba, meski keduanya lebih banyak beroperasi di sisi kiri United (atau nantinya adalah kanan West Ham)


Simak opini, komentar, dan sketsa adegan Rochi Putiray tentang jual-beli lisensi klub yang kerap terjadi di Liga Indonesia:


***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW34:

Catatan: Pada gameweek 34 ini, hanya Brighton & Hove Albion dan Cardiff City yang menjalani double gameweek. Namun pada gameweek 35 pekan depan, akan ada delapan kesebelasan yang memainkan double gameweek, yang terbagi dalam empat pertandingan, yaitu:

  • Tottenham Hotspur vs Brighton & Hove Albion
  • Watford vs Southampton
  • Wolverhampton Wanderers vs Arsenal
  • Manchester United vs Manchester City

Jadi mungkin para manajer FPL bisa siap-siap dari sekarang untuk memiliki pemain-pemain dari delapan kesebelasan di atas.

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 11 April 2019.

Komentar