Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 21

Fantasy Premier League

by Mayda Ersa Pratama

Mayda Ersa Pratama

Design & Multimedia @panditfootball | @PanditFPL Scout

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 21

Baru saja gameweek 20 berakhir, gameweek 21 sudah menanti ketika Tahun Baru 2019. Sebagai manajer FPL, mari luangkan waktu liburmu dengan mengatur skuat terbaik kalian di GW21 ini karena meski kalian libur, Liga Primer Inggris tetap bermain di tanggal 1-4 Januari 2019. Berikut adalah rekomendasi pemain lini belakang di GW21 yang berpeluang meraih poin. Sekadar memberi tahu, catatan statistik yang kami gunakan di setiap pemain adalah berdasarkan dari penampilan di empat gameweek terakhir (ditandai dengan*).

Tiga pekan sudah Lukasz Fabianski (West Ham, £4.8) gagal memberi raihan poin dari mencetak nirbobol untuk West Ham United. Mungkin di GW21 ini Fabianski berpeluang meraih nirbobol kala menghadapi Brighton & Hove Albion di Olympic Stadium. Meski di laga terakhir Brighton berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Everton, anak asuh Chris Hughton belum mencetak gol di dua pertandingan tandang terakhirnya.

Selain itu, statistik menyerang Brighton bisa dikatakan tidak terlalu istimewa karena hanya melepaskan 13 kali tembakan tepat sasaran* dan butuh waktu 9.7 menit untuk membuat peluang*. Maka Fabianski yang sudah melakukan 15 kali penyelamatan* (terbaik keempat di antara kiper lainnya) cukup berpeluang meraih poin dari nirbobol maupun usaha penyelamatannya.

Tampil secara konsisten dan andal dalam membantu menyerang, Matt Doherty (Wolves, £5.2) tampaknya kembali berpeluang untuk meraih poin penuh di GW21 ini. Satu asis yang dihasilkannya kala Wolverhampton Wanderers bertandang ke markas Tottenham Hotspur bisa saja terulang kala menghadapi Crystal Palace di kandang. Doherty telah membuat 5 peluang*, 4 tembakan*, dan telah melakukan 12 kali sentuhan di kotak penalti lawan* (terbanyak di antara bek lainnya).

Catatan statistik itu membuat Doherty berpeluang meraih poin dari usaha menyerangnya, bukan bertahan (ada kemungkinan Wolves kebobolan). Sedangkan dari sisi lawan, Crystal Palace menjadi kesebelasan paling cupu dalam melakukan tembakan dengan hanya melepaskan 9 tembakan tepat sasaran*.

Mengalami penurunan harga £0.2, Marcos Alonso (Chelsea, £6.8) rasanya bisa dijadikan sebagai bek premium pilihan setidaknya di dua pekan ke depan karena Chelsea akan berlaga di kandang melawan Southampton dan selanjutnya berhadapan dengan Newcastle United. Anak asuh Maurizio Sarri tentunya ingin kembali mencicipi kemenangan di Stamford Bridge setelah di laga kandang terakhir harus mengakui kekalahan dari Leicester City.

Alonso dkk merespons kekalahan tersebut dengan dua kemenangan tandang beruntun. Momentum ini bisa dimanfaatkan Alonso untuk meraih poin dari peluang meraih nirbobol maupun menyerang. Statistik mencatat pemain asal Spanyol ini sudah melakukan 10 umpan silang*, menciptakan 3 peluang*, dan 7 kali sentuhan di kotak penalti lawan*.

Meski gagal memberi sumbangsih di pekan ke-20 lalu, sekali lagi kami masih percaya Lucas Digne (Everton, £5.1) untuk mengisi pos terakhir bek di GW21 ini. Everton akan kedatangan tamu Leicester City yang secara mengejutkan kalah dari Cardiff City di kandang sendiri.

Potensi menyerang yang dimiliki Digne bisa saja mengejutkan pertahanan The Foxes, karena statistik mencatat sisi kanan pertahanan Leicester sudah kecolongan 51 kali umpan silang* (terburuk kedua) yang mana daerah tersebut adalah daerah operasional Digne. Dalam empat pertandingan terakhir, Digne masih tercatat sebagai bek paling aktif mensuplai umpan silang dengan catatan 27 kali usaha umpan silang* dan telah membuat 7 peluang*.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW21:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 30 Desember 2018.

Komentar