Analisis Jadwal dan Para Pemain Unggulan FPL PanditFootball Gameweek 5

Fantasy Premier League

by Pandit Fantasy Premier League

Pandit Fantasy Premier League

Scout dari Pandit Football Indonesia untuk Fantasy Premier League. Good luck, FPL managers. Salam panah hijau!

Analisis Jadwal dan Para Pemain Unggulan FPL PanditFootball Gameweek 5

Tenggat waktu pekan laga (gameweek, selanjutnya disingkat menjadi GW) kelima akan hadir lebih cepat, dibuka dengan laga “Friday Night Football” antara Bournemouth melawan Brighton and Hove Albion. Oleh karenanya, kita dapat menaruh harapan pada pemain-pemain yang statusnya sampai nanti malam masih 25%. GW5 juga cukup berat karena diapit oleh laga Eropa di tengah pekan sebelumnya dan Piala Liga Inggris (EFL Cup) di tengah pekan selanjutnya. Keduanya berkontribusi pada cedera atau kelelahan, serta rotasi pemain.

Spurs -yang akhirnya menang di Wembley-, Liverpool, Manchester City, serta Manchester United mungkin akan menarik perhatian kita dengan jadwal yang relatif menguntungkan, mungkin akan berkontribusi banyak pada skuat GW5. Serta jangan lupakan laga London Derby antara Chelsea dan Arsenal yang menjanjikan gelontoran gol. Namun, ada baiknya kita lihat sekilas peluang laga-laga lainnya:

Bournemouth vs Brighton and Hove Albion
Sabtu, 02:00 WIB – beIN Sports 1

Laga yang cukup tricky. Keduanya sama-sama tiga kali gagal mencetak gol dari empat laga yang dimainkan. Produktivitas mereka cukup minim. Namun di sisi lain, keduanya juga kebobolan lumayan banyak (Bournemoth 8, Brighton 5). Hindari memilih pemain dari laga ini. Seandainya harus memilih, pilihlah Asmir Begovic yang konsisten membuat rataan 5.5 saves per laga dan mendulang 6 poin penyelamatan. Atau penyerang Brighton (Pascal Gross) yang pekan lalu mencuri perhatian para manajer FPL.

Crystal Palace vs Southampton
Sabtu, 18:30 WIB – beIN Sports 1

Pergantian manajer di Crystal Palace sukar ditebak. Tapi dari track record, Roy Hodgson cukup baik untuk memperbaiki masalah pertahanan. Southampton merupakan kesebelasan yang paling banyak menderita tembakan melalui sundulan (15), dan mungkin Christian Benteke atau Scott Dann dapat kalian jadikan pilihan spekulatif.

Liverpool vs Burnley
Sabtu, 21:00 WIB – beIN Sports 1

Kecuali dapat mencuri gol di 15 menit pertama, Liverpool akan mengalami kesulitan untuk membongkar pertahanan Burnley yang datang dengan mental mencuri satu poin. Pelari kencang seperti Mohamed Salah di depan mungkin kurang efektif. Gol mungkin bisa datang dari lini kedua, seperti yang terjadi ketika Liverpool menang tidak meyakinkan di Anfield (gol dari Emre Can dan Georginio Wijnaldum). Hanya saja kali ini Tom Heaton tidak akan berdiri di bawah mistar gawang Burnley. Waspada pada pemain oportunis Chris Wood dan Robert Brady yang berpotensi mencuri gol pada serangan balik atau situasi set piece.

Watford vs Manchester City
Sabtu, 21:00 WIB – beIN Sports 3

Laga ini juga cukup tricky. City berhasil mencetak 9 gol dalam dua laga terakhirnya (di ajang Liga Primer dan Liga Champions). Mereka akan berhadapan dengan Watford yang berhasil membuat 3 nirbobol berturut-turut. Man City bermain agresif baik di kandang atau tandang. Anehnya, anak asuhan Marco Silva ternyata bermain lebih menyerang saat tandang. Di kandang, Watford hanya melepas 17 tembakan (31 di tandang) dan empat di antaranya on target (10 di tandang), sehingga City punya peluang besar nirbobol. Pilihan aman adalah memberi satu tempat pada full-back City untuk meraih nirbobol dan berharap poin dari seberang lapangan (poin penyerangan).

Huddersfield Town vs Leicester City
Sabtu, 21:00 WIB

Sebelum laga melawan West Ham United di GW4, Huddersfield Town termasuk kesebelasan dengan pertahanan kokoh dengan hanya mengizinkan 33 tembakan tanpa kebobolan. Namun 19 tembakan dari West Ham (walau hanya tiga on target) sepertinya telah memberi contekan pada kesebelasan lain untuk menjebol gawang Jonas Loessl. Kami pikir The Terriers akan unggul satu gol dari Leicester, dan kedua kesebelasan tidak membuat nirbobol.

Newcastle United vs Stoke City
Sabtu, 21:00 WIB

Bermain di St. James Park, Newcastle United pasti akan mencari nirbobol ketiganya secara berturut-turut. Peluangnya cukup besar mengingat Stoke City hanya dapat melepas tiga tembakan tepat sasaran saat jauh dari rumah. Joselu mungkin punya sesuatu untuk dibuktikan ke mantan kesebelasan yang membuangnya.

West Bromwich Albion vs West Ham United
Sabtu, 21:00 WIB

Walau minggu lalu terbantai saat tandang ke Falmer Stadium, namun kami masih memberi kepercayaan pada pertahanan WBA. Di kandang, WBA termasuk kesebelasan yang paling sedikit mengizinkan tembakan tepat sasaran (10), hanya Spurs yang lebih baik (8). Peluang nirbobol mereka sekitar 75% karena masih ada peluang kebobolan dari The Hammers yang akan datang dengan moral bagus: kemenangan dan kelengkapan skuat.

Tottenham Hotspur vs Swansea City
Sabtu, 23:30 WIB – beIN Sports 1

Jika tidak ada kejadian aneh atau blunder, Spurs 95% berpeluang nirbobol saat menjamu Swansea City yang hanya melepas 11 tembakan dalam dua laga tandangnya dan gagal mencetak gol di tiga dari empat laga. Saran kami: pilih satu bek Spurs, dua slot lagi dapat kita berikan bagi para gelandang atau penyerang Spurs.

Chelsea vs Arsenal
Minggu, 19:30 WIB – beIN Sports 1

Laga derby biasanya sarat emosi dan kadang mengurangi peranan strategi serta hitung-hitungan statistik. Tapi sepertinya laga akan menjanjikan banyak gol, mengingat kedua kesebelasan termasuk 5 besar dengan tembakan terbanyak. Arsenal menderita banyak tembakan melalui sundulan (14), terbanyak kedua di bawah Soton. Monitor pemain-pemain Chelsea yang kerap unggul dalam aerial duel, atau para pelepas umpan lambung/silang. Perhatikan juga waktu rehat Chelsea yang dua hari lebih panjang daripada Arsenal yang bermain di Europa League (menang 3-1 melawan FC Köln di kandang pada Jumat dini hari WIB).

Manchester United vs Everton
Minggu, 22:00 WIB – beIN Sports 1

Sama seperti Chelsea, Manchester United juga punya keuntungan istirahat lebih lama daripada Everton. Ditambah dengan kegagalan Everton mencetak gol di 2 GW terakhir, plus kalah 3-0 di kandang Atalanta (Liga Europa pada Jumat dini hari WIB), sepertinya semakin membuka peluang United untuk mencetak kemenangan. Tapi poin nirbobol mungkin akan mendapat ganjalan dari sang mantan (Wayne Rooney) yang terbuang. Apalagi minggu lalu Stoke City telah mengajarkan cara menjebol gawang United.

*Keterangan: Karena tengah pekan sebelumnya ada pertandingan Eropa, kesebelasan yang diberi warna hijau berarti kesebelasan tersebut punya waktu istirahat (recovery) lima hari, sementara merah tiga hari.


Kuis terselubung: Di GW5 ini akan tersaji beberapa pertandingan antara pemain dengan mantan kesebelasannya. Selain Joselu dan Rooney, ada yang bisa menyebutkannya setidaknya lima di antaranya? Silakan sebutkan dengan wajib mem-follow dan mention kami (@PanditFPL) di Twitter dengan format: [nama-nama pemain] #KuisPanditFPL [link artikel ini]

Pemenang dengan jawaban dan format benar akan dipilih secara acak untuk mendapatkan hadiah kaos FPL. Kuis akan kami tutup 17 detik setelah deadline transfer GW5.


Demikian prediksi pertandingan-pertandingan di GW5. Semoga dapat dipakai untuk menyeleksi pemain dari kesebelasan-kesebelasan yang potensial.

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW5:

Sementara itu , seperti biasanya, kami telah melakukan poling untuk kapten di GW5. Berikut adalah hasilnya.

Salam Panah Hijau!

Komentar