Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 17

Fantasy Premier League

by Redaksi 30

Redaksi 30

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 17

Penyerang

Statistik menunjukkan Harry Kane (Tottenham, £11.3) sulit untuk mencetak gol jika tidak ada Moussa Dembele di lapangan. Pada GW16, meski Tottenham berpesta gol saat melawan Hull, Kane hanya membuat 2 tembakan dan tidak ada satupun yang berbahaya. Tetapi hal ini tidak menyurutkan penilaian kami untuk memilih Kane sebagai salah satu pemain tim pilihan GW17. Burnley tercatat telah kecolongan 69 peluang dalam empat pertandingan terakhir dan ini adalah catatan terburuk kedua dibanding tim lain dan Kane bisa memanfaatkan hal ini. Kane pun diuntungkan dengan statusnya sebagai penendang penalti, walau tentunya dia perlu mewaspadai kehebatan Tom Heaton dalam menahan penalti (berhasil menahan penalti Mark Noble di GW16).

GW16 menjadi saksi ketidakterlibatan Diego Costa (Chelsea, £10.9) dalam membuat kontribusi gol/asis yang jarang terjadi musim ini. Meski begitu, Costa masih berhasil membuat 3 tembakan di kotak penalti dalam pertandingan tersebut (angka ketiga tertinggi di GW17) dan belum menunjukkan tanda-tanda penurunan penampilan. Costa berpeluang untuk kembali mencetak gol menghadapi Crystal Palace yang masih menjadi tim dengan angka kecolongan di kotak penalti terbanyak dalam empat pertandingan terakhir (44 kali).

Cadangan

Pada bangku cadangan, kami menyertakan empat pemain, masing-masing satu dari setiap posisi*. Kriteria yang diutamakan adalah ramah biaya atau tidak dimiliki oleh banyak manajer.

Kiper murah pada pekan ini dihuni oleh Lee Grant (Stoke, £4.2), 3 clean sheet dalam empat pertandingan terakhir jelas bukan catatan yang sembarangan. Bahkan mungkin saja penampilan apik Grant selama mengawal gawang Stoke akan membuat mereka melupakan Jack Butland (yang masih belum sembuh sampai tahun baru). Stoke berpeluang kembali mendapat clean sheet saat mengadapi Leicester yang cukup inkonsisten dan gagal mencetak gol di GW16 saat melawan Bournemouth.

Cedera yang dialami Eric Bailly membuat kami lebih yakin untuk memilih Phil Jones (Man United, £4.8). Harga ini jelas sangat murah jika dibanding pemain bertahan Man United lainnya dan menjadi pilihan yang cukup menghemat biaya untuk dicoba. Man United memang hanya meraih 1 clean sheet dalam empat pertandingan terakhir, tetapi Man United tercatat sebagai tim yang sedikit kecolongan di kotak penalti dalam rentang waktu tersebut (18 kali), hanya kalah dari Liverpool. Melihat keamanan posisinya di tim inti, Jones sudah bermain dalam 6 pertandingan terakhir berturut-turut. Meski begitu, para manajer masih perlu berhati-hati karena Jose Mourinho telah mengonfirmasi sembuhnya Chris Smalling.

Pilihan yang satu ini mungkin tidak murah, tetapi kehadiran lima gelandang potensial yang sudah kami sebutkan pada barisan inti membuatnya tergusur ke bangku cadangan. Gylfi Sigurdsson (Swansea, £7.5) pun berprospek baik pada pekan ini. Middlesbrough memang merupakan tim yang alot menjaga pertahanan mereka, tetapi mereka hanya berhasil meraih 1 clean sheet dalam enam pertandingan terakhir. Sigurdsson masih menjadi salah satu andalan Bob Bradley untuk mencetak gol, terutama dari bola mati. Meski tidak mencetak gol/asis di GW16, Sigurdsson berhasil membuat 4 peluang, terbanyak di pertandingan tersebut, dan 3 di antaranya berasal dari bola mati.

Nama terakhir adalah Divock Origi (Liverpool, £6.8) yang selalu mencetak gol dalam empat pertandingan berturut-turut. Memang, saat ini situs FPL menaruh tanda kuning pada status bermain Origi, tetapi Klopp mengabarkan bahwa Origi cedera yang dialami cukup ringan, sehingga untuk kembali bermain cukup besar. Origi menjadi salah satu pemain yang berhasil membuat 3 tembakan di kotak penalti di GW16 (angka ketiga terbanyak) dan jika kembali bermain, berpeluang untuk membobol gawang Everton.

*Terlepas dari formasi inti yang digunakan, kami memberikan rekomendasi cadangan dengan format tetap: satu kiper, satu bek, satu gelandang, dan satu penyerang. Sehingga perlu penyesuaian jika ingin memakainya secara keseluruhan di tim FPL sebenarnya.

Komentar