Apakah Sudah Waktunya Membuang Zlatan Ibrahimovi? di FPL?

Fantasy Premier League

by lvan Hadyan

lvan Hadyan

Menyukai otak-atik susunan formasi sepakbola dan mengkhayalkan pergerakan keseluruhan pemain di dalamnya. Penggiat Fantasy Premier League dan statistik.

Apakah Sudah Waktunya Membuang Zlatan Ibrahimović di FPL?

Hanya dalam kurun waktu 13 hari, Zlatan Ibrahimović telah mengalami penurunan harga (di FPL) sebanyak tiga kali, mengakibatkan harganya berubah menjadi £11.6 pada tanggal 24 September lalu. Terang saja, bagi manajer FPL yang masih memiliki Ibrahimović, ini akan menjadi hal yang mengkhawatirkan jika merujuk sisi team value. Manajer yang memiliki Ibrahimović sejak Gameweek (pekan pertandingan, selanjutnya akan disingkat sebagai GW) 1 pun sudah tidak bisa lagi meraih keuntungan saat menjualnya.

Seperti yang sempat disinggung pada hasil observasi perihal tren manajer FPL menghadapi GW6, Ibrahimović (dan Eden Hazard) menjadi nama yang “laris” dikorbankan untuk mengembalikan Sergio Agüero (£13.0) ke dalam tim. Harga Ibrahimović sebagai penyerang kedua termahal saat ini memungkinkan penjualannya menjadi rute termudah untuk mendapatkan Agüero.

Apakah sudah waktunya membuang Ibrahimović? Kita bisa mencoba mengupas alasan-alasannya di bawah ini.

Performa Ibrahimović yang Menurun

Dengan harga Ibrahimović yang sedemikian mahal, tidak salah jika sebenarnya kita berharap jumlah gol yang dihasilkannya dapat bersaing dengan perolehan gol Agüero. Dalam tiga pertandingan awal, ketika Agüero dan Ibrahimović sama-sama mencetak tiga gol, popularitas Ibrahimović sempat meningkat sampai menembus 60%.

Sayangnya, saat ini performa Ibrahimović dapat dibilang menurun. Hal ini dapat dilihat pada tabel perbandingan jumlah poin yang diraihnya pada dua pekan awal dengan empat pekan terakhir di bawah ini.

Zlatan Ibrahimović

Total PoinPerincian PoinTotal Poin per
Pertandingan
Non-BonusBonus
GW1 s/d GW22216611,0
GW3 s/d GW61414-3,5

Sempat membuat tiga gol dalam dua pertandingan awal, Ibrahimović hanya berhasil menciptakan satu gol dan satu asis dalam empat pertandingan setelahnya. Dengan catatan, satu-satunya asis yang dibuatnya saat melawan Watford di GW5 pun sempat mengundang perdebatan, apakah seharusnya asis tersebut diberikan atau tidak, karena umpan yang diberikan Ibrahimović membentur bek Watford dan menimbulkan perubahan arah yang signifikan sebelum diterima Marcus Rashford.

Meningkatkan Jumlah Pemain yang Dapat Memberikan Poin Tinggi di dalam Tim

Agar tim FPL kita dapat memperoleh poin yang banyak setiap minggu, kita perlu melihat tim FPL kita secara keseluruhan dan bukan bergantung pada satu pemain saja.

Dalam contoh berikut, kita bisa mencoba mengambil beberapa penyerang di posisi Ibrahimović, dengan harapan, pemain tersebut bisa menyamai poin Ibrahimović, atau bahkan melebihinya. Mari kita coba ambil masing-masing satu pemain dari tiga kategori harga:

  • Penyerang mahal di kisaran £9.0 s/d £10.0,
  • Penyerang harga menengah di kisaran £7.5 s/d £8.9, dan
  • Penyerang murah dimulai dari £7.4 sampai ke bawah.

Jika kita mentransfer Ibrahimović kepada penyerang-penyerang tersebut, kita bisa mendapatkan perbandingan bujet menjadi sebagai berikut.

KategoriPemainSisa Bujet untuk Dipakai
-Zlatan Ibrahimović (£11.6)-
MahalRomelu Lukaku (£9.3)£2.3
MenengahIslam Slimani (£8.5)£3.1
MurahJermain Defoe (£7.1)£4.5

Seperti yang terlihat pada tabel di atas, kita bisa mendapatkan sisa bujet dengan kisaran £2.3-£4.5. Adanya sisa bujet tersebut dapat memungkinkan kita melakukan transfer-transfer yang dicontohkan pada tabel di bawah ini.

Contoh TransferBujet yang Dibutuhkan
Dimitri Payet → Alexis Sánchez£1.7
Nathan Redmond → Philippe Coutinho£2.2
Erik Lamela → Philippe Coutinho£1.2
Ross Barkley → Sadio Mané£1.5
Gareth McAuley → Kyle Walker£1.0
John Stones → Hector Bellerín£1.5

Jika kita mentransfer Ibrahimović menjadi Lukaku, kita bisa mentransfer Lamela yang belakangan ini kehilangan posisi di Tottenham menjadi Coutinho. Atau, jika kita mentransfer Ibrahimović menjadi Defoe, kita bisa melakukan upgrade di tiga tempat sekaligus, misalnya McAuley + Lamela + Barkley menjadi Walker + Coutinho + Mané. Memungkinkan pula untuk kombinasi transfer lain yang kita inginkan.

Dengan melakukan langkah-langkah seperti ini, kita telah meningkatkan potensi perolehan poin kita dari yang awalnya mengandalkan satu orang (Ibrahimović) menjadi dua orang, tiga, bahkan lebih.

Halaman berikutnya, Jadwal Man United dan Kepercayaan Terhadap Ibrahimović...

Komentar