Pratinjau dan Tips Memulai FPL Gameweek Pertama

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor of Pandit Football Indonesia, manager of Box2Box Media Network, podcaster of Footballieur, creative writer of Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Pratinjau dan Tips Memulai FPL Gameweek Pertama

Akhir pekan ini Liga Primer Inggris akan kembali dimulai. Para pemain dan manajer dari 20 kesebelasan di Liga Primer tentunya sudah siap menyambut pertandingan pekan pertama (matchday atau gameweek 1) yang kick-off-nya akan dimulai Sabtu, 8 Agustus 2015.

Selain para pemain dan manajer, kita sebagai penonton juga tentunya harus bersiap, yaitu menyiapkan skuat fantasi kita untuk mengarungi Fantasy Premier League (FPL) 2015/16.

Sebelum gameweek pertama dimulai nanti, kita memang masih memiliki jatah transfer tak terbatas (unlimited transfer) bagi skuat fantasi kita yang terdiri dari 15 pemain: 2 penjaga gawang, 5 pemain belakang, 5 pemain tengah, dan 3 pemain depan.

Tidak ada cara terbaik untuk memulai FPL daripada dengan memulainya bersama 15 pemain yang tepat. Berikut beberapa tips yang telah kami siapkan yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih skuat tim fantasi Anda.

Pilih “pemain wajib” terlebih dahulu

Dalam setiap keberlangsungan liga, pastinya kita bisa menyimak beberapa pemain yang selalu tampil konsisten sepanjang musim dan juga setiap musimnya. Tak terkecuali untuk Liga Primer.

Sebelum Anda mulai memilih 15 pemain untuk tim fantasi Anda, sebaiknya Anda memulainya dari empat pemain penting, atau istilah kami adalah “pemain wajib”, atau juga “squad essentials” menurut ESPNFC, yang terbagi dari: 1 penjaga gawang, 1 pemain belakang, 1 pemain tengah, dan 1 pemain depan.

Keempat pemain ini adalah pemain "jaminan mutu" yang paling konsisten sepanjang musim lalu dan juga musim-musim sebelumnya di Liga Primer.

Pada prinsipnya, meskipun Anda bisa membongkar-pasang skuat Anda sepanjang musim, keempat pemain ini lah yang Anda siapkan untuk menjadi fondasi tim Anda sepanjang 38 pertandingan ke depan, kecuali pemain tersebut mengalami cedera panjang.

Spesifikasi utama yang bisa kita lihat dalam memilih “pemain wajib” ini adalah menit bermain, sejarah poin mereka (terutama gol, asist, dan clean sheet), dan peran mereka di kesebelasan (kapten kesebelasan, penendang free kick utama, penendang corner kick utama, dan penendang penalti utama).

Pertama, kita mulai dari belakang. Memilih penjaga gawang yang tidak hanya konsisten selalu bermain, tapi juga konsisten selalu bermain gemilang, adalah pilihan pertama Anda. Musim lalu, hanya Adrián yang selalu bermain dalam 38 pertandingan, yaitu bagi West Ham United.

Memilih Adrián (harga £5.0m) bisa Anda jadikan pertimbangan, mengingat 142 poin yang ia panen dan juga permainan gemilangnya melalui 9 clean sheet dan 129 penyelamatan.

Selain Adrián, penjaga gawang lainnya yang bisa Anda pilih antara lain ?ukasz Fabia?ski (5.0) yang musim lalu bermain dalam 37 pertandingan untuk Swansea City dan mencetak 151 poin, atau Joe Hart (5.5) yang bermain dalam 36 pertandingan untuk Manchester City dan mencetak 142 poin.

Nama David de Gea (5.5) juga bisa jadi pertimbangan, karena ia bermain dalam 37 pertandingan untuk Manchester United, mencetak 138 poin, 11 clean sheet, dan 93 penyelamatan. Hanya saja ia selalu dikabarkan pindah, jadi sebaiknya kita jangan terlalu berharap dari De Gea.

Nama penjaga gawang lainnya yang harus Anda pertimbangkan adalah Petr ?ech (5.5) yang sudah pindah ke Arsenal dan sepertinya siap untuk menjadi penjaga gawang utama.

Beralih ke pemain belakang, Anda bisa memilih salah satu dari tiga nama yang kami rekomendasikan berikut ini untuk Anda pilih sebagai pemain belakang “wajib” Anda, yaitu Branislav Ivanovi? (7.0), John Terry (7.0), atau Leighton Baines (6.5).

Ivanovi? adalah yang paling kami sarankan, sedangkan Terry sudah mulai tua. Baines adalah kapten kesebelasan Everton dan juga penendang tendangan bebas, tendangan sudut, dan tendangan penalti utama bagi The Toffees, sayangnya ia seringkali berkutat dengan cedera.

Untuk pemain tengah, kami menyarankan Eden Hazard (11.5), Alexis Sánchez (11.0), atau Francesc Fàbregas (9.0) yang mendulang banyak poin melalui permainan konsisten mereka sepanjang musim lalu.

Hazard menjadi pemain yang menciptakan peluang paling banyak musim lalu, sementara Fàbregas sering memanjakan kita dengan asist-nya.

Mengkombinasikan tiga “pemain wajib” di atas yang Anda bisa pilih, dengan salah satu pemain depan ini, akan membuat tim fantasi Anda memiliki tulang punggung yang kuat. Pemain depan yang kami sarankan untuk menjadi “pemain wajib” adalah antara Harry Kane (9.5), Sergio Agüero (13.0), Diego Costa (11.0), atau Wayne Rooney (10.5).

Kane adalah yang paling kami sarankan karena ia juga bermain FPL dan memasang dirinya sendiri di tim fantasinya, sehingga motivasinya untuk bermain sungguh-sungguh dan mencetak poin tak perlu dipertanyakan lagi.

Kemudian entah bagaimana caranya, Agüero selalu berhasil mencetak banyak gol meskipun ia jarang fit (termasuk awal musim ini), lalu Costa juga memainkan musim pertamanya yang gemilang dan sering dimanjakan oleh asist dari Fàbregas dan Hazard. Sementara Rooney akan menjadi penyerang utama United di musim depan, dengan catatan sampai transfer deadline nanti United tidak membeli penyerang kelas dunia.

Jika Anda sudah memilih empat “pemain wajib” dari daftar nama-nama pemain di atas, selanjutnya kita baru beralih ke pemain-pemain lainnya.

“Pemain salah posisi” yang potensial mendulang poin

Dari nama-nama yang dirilis oleh Fantasy Premier League, Anda harus jeli ketika melihat beberapa pemain tidak berada pada posisi sebenarnya ketika mereka di atas lapangan. Kejelian ini akan sangat fundamental karena, misalnya saja seorang penyerang yang mencetak gol nilainya akan lebih sedikit daripada pemain tengah, pun pemain belakang yang mencetak gol nilainya akan lebih tinggi daripada pemain tengah yang mencetak gol.

Musim lalu Alexis Sánchez menjadi pemain yang paling banyak mendulang poin FPL bukan hanya karena performanya, tapi karena ia didaftarkan sebagai pemain tengah oleh FPL, begitupun musim ini. Padahal dalam praktiknya, Sánchez bisa didefinisikan sebagai seorang penyerang di Arsenal.

Beberapa nama pemain tengah lainnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda adalah (sesuai urutan rekomendasi) Sadio Mané (8.0), Raheem Sterling (9.0), Marouane Fellaini (6.5), Marko Arnautovi? (6.0), Stéphane Sessegnon (5.5), dan Lazar Markovi? (6.0). Mereka semua seringkali bermain lebih ke depan meskipun terhitung sebagai pemain tengah di FPL.

Mané menjadi pemain tengah paling produktif di FPL bersama dengan Sánchez dengan satu gol setiap 204,3 menit. Sementara Sterling juga sering menusuk dari sayap sehingga berhasil mencetak 7 gol dan 10 asist di musim lalu bersama Liverpool. Di City seharusnya ia tetap menjadi pemain andalan.

Beberapa nama baru yang potensial juga adalah Memphis Depay (8.5), Joshua King (5.0), dan Jeremain Lens (6.5).

Depay misalnya, ia adalah top skor Eredivisie Belanda musim lalu dengan 22 gol. Ia juga merupakan pemain spesialis bola mati. Di pra-musim bersama United, Louis van Gaal seringkali memainkannya di belakang striker Rooney dan berhasil mencetak tiga gol.

Selain para penyerang yang “salah posisi” menjadi pemain tengah di FPL, beberapa pemain tengah juga ada yang “salah posisi” menjadi pemain belakang di FPL. Mereka antara lain adalah (sesuai urutan rekomendasi) Leandro Bacuna (5.0), Danny Rose (5.5), Jeffrey Schlupp (5.0), Luis Antonio Valencia (5.5), Matt Targett (4.0), dan Geoff Cameron (4.5).

Beberapa nama baru seperti Miguel Layún (4.5), Adam Matthews (4.5), dan Christian Fuchs (5.0) menjadi pemain belakang yang potensial mendulang poin karena kebiasaan mereka untuk naik membantu serangan, dan bahkan tak menutup kemungkinan mereka akan diplot sebagai pemain tengah di atas lapangan.

Spesialis bola mati dan yang dimanjakan oleh bola mati

Memilih pemain spesialis bola mati adalah tips lainnya agar tim FPL Anda dapat berpotensi untuk mendulang banyak poin. Pemain-pemain spesialis bola mati dari kesebelasan seperti Crystal Palace (19 gol dari situasi bola mati), West Bromwich Albion (19), Arsenal (16), Tottenham Hotspur (15), dan Chelsea (15) bisa jadi perjudian terbaik bagi Anda.

Pemain Palace seperti Jason Puncheon (6.0), Yannick Bolasie (6.5), dan Mile Jedinak (5.0) adalah para pemain yang seringkali menjadi penendang tendangan bebas, tendangan sudut, dan tendangan penalti bagi Palace. Namun, dengan hadirnya Yohan Cabaye (6.5) bisa menambah pemain spesialis bola mati lainnya bagi Palace.

Sedangkan West Brom memiliki Chris Brunt (5.5) yang memanen paling banyak poin dari situasi bola mati di FPL musim lalu. Pemain lain seperti Santiago Cazorla (8.5), Christian Eriksen (8.5), dan Fàbregas adalah spesialis bola mati lainnya untuk Arsenal, Spurs, dan Chelsea.

Pemain spesialis bola mati lainnya yang patut Anda pertimbangkan adalah Bacuna, Baines, Riyad Mahrez (5.5), Jordan Henderson (7.0), Yaya Touré (8.5), Aleksandar Kolarov (5.5), Juan Manuel Mata (8.5), Dušan Tadi? (7.0), James Ward-Prowse (6.0), Charlie Adam (6.0), Sebastian Larsson (5.5), Gylfi Sigurðsson (7.5), dan Aaron Cresswell (5.5).

Sementara pemain belakang dan penyerang berikut ini bisa Anda masukkan sebagai mereka yang potensial dimanjakan oleh bola mati para spesialis di atas, terutama ketika tendangan sudut, yaitu Patrick Bamford (6.0), Connor Wickham (6,0), Rickie Lambert (6.0) –sekarang di West Brom–, Olivier Giroud (9.0), Per Mertesacker (5.5), Ryan Shawcross (5.0), Kane, Costa, dan Terry.

Pemain yang baru promosi

Ada tiga kesebelasan yang baru promosi ke Liga Primer musim ini, mereka adalah AFC Bournemouth, Watford, dan Norwich City.

Bournemouth berhasil mencetak 98 gol di Football League Championship musim lalu, dengan gelandang mereka, Matt Ritchie (6.0), mencetak 15 gol dan 17 asist. Penyerang Callum Wilson (5.5) juga bisa menjadi perimbangan Anda karena ia berhasil mencetak 20 gol dan 7 asist bagi The Cherries musim lalu.

Di belakang, bek sayap Simon Francis (4.5) menjadi pemain belakang yang menciptakan peluang paling banyak musim lalu di Championship dengan 76 chances created. Tyrone Mings (4.5) juga bermain apik bersama Ipswich Town dengan satu gol dan 4 asist sebelum musim ini pindah ke Bournemouth.

Dari Watford, Troy Deeney (5.5) adalah pemain yang paling kami sarankan karena musim lalu ia berhasil mencetak 21 gol dan 9 asist, ia juga kapten Watford dan pengambil tendangan penalti.

Selain Deeney, kami juga menyarankan Layún, Valon Behrami (4.5), dan penjaga gawang Heurelho Gomes (4.5) yang sudah berpengalaman di Liga Primer sebelumnya.

Sementara dari Norwich City, John Ruddy (4.5), Nathan Redmond (5.5), Bradley Johnson (5.5), dan Robbie Brady (5.5) adalah pemain yang sudah berpengalaman juga di Liga Primer. Musim lalu Redmond banyak mencetak asist (13 kali), Bradley banyak mencetak gol (15 gol), sementara Brady sudah menjadi spesialis bola mati di Hull City.

Pemain baru yang bisa jadi perjudian

Selain Depay, Lens, Matthews, Fuchs, dan Cabaye, kami juga punya beberapa nama pemain yang baru datang dari luar Inggris yang bisa Anda pertimbangkan. Manajer Southampton, Ronald Koeman, sangat sigap untuk memperkuat kesebelasannya setelah ditinggalkan Nathaniel Clyne ke Liverpool dan Toby Alderweireld yang ditikung oleh Spurs. Ia langsung mendatangkan Cédric Soares (5.0) yang sudah terkenal kreatif di sepertiga lapangan terakhir, ia mencetak 12 asist untuk Sporting Lisbon di musim lalu.

André Ayew (7.0) juga kami sarankan karena ia berhasil mencetak 10 gol dan 3 asist bagi Olympique de Marseille di musim lalu. Sekarang ia bermain bagi Swansea City. Anda juga bisa berjudi dengan Roberto Firmino (8.5) yang berhasil mencetak total 23 gol dan 21 asist sepanjang dua musim terakhir di TSG 1899 Hoffenheim.

Namun, ada satu pemain lainnya yang masuk rekomendasi kami, yaitu Dimitri Payet (7.5). Pemain baru West Ham ini terkenal sangat dermawan dengan 23 asist-nya sepanjang dua musim lalu untuk Marseille, ia juga berhasil mencetak 15 gol di periode yang sama. Sepertinya ia akan masuk ke dalam racikan utama Slaven Bili? untuk West Ham di musim ini.

Jika memilih untuk berjudi dengan pemain baru yang baru didatangkan dari luar Inggris, kami sarankan untuk melakukan perjudian tidak lebih dari dua atau tiga pemain.

Melihat tujuh gameweek awal, ini akan menjadi musim yang agak berat untuk Crystal Palace dan Newcastle. Di lain pihak, memilih pemain-pemain Manchester United, Aston Villa, Bournemouth, dan Watford pada gameweek pertama ini bisa meningkatkan kemungkinan tim fantasi kita untuk mendulang poin (berdasarkan jadwal di atas kertas, bukan di atas lapangan).

Skuat pilihan Pandit Football Indonesia untuk starter-pack Fantasy Premier League 2015/16: Petr ?ech (Arsenal - 5.5), John Ruddy (Norwich - 4.5); Branislav Ivanovi? (Chelsea - 7.0), Aleksandar Kolarov (Man City - 5.5), Simon Francis (Bournemouth - 4.5), Leandro Bacuna (Aston Villa - 5.0), Matt Targett (Southampton - 4.0); Eden Hazard (Chelsea - 11.5), Francesc Fàbregas (Chelsea - 9.0), Sadio Mané (Southampton - 8.0), Chris Brunt (West Brom - 5.5), Valon Behrami (Watford - 4.5); Harry Kane (Spurs - 9.5), Wayne Rooney (Man United - 10.5), Troy Deeney (Watford - 5.5).

Gabung di Fantasy Premier League Panditfootball

Buka fantasy.premierleague.com

Registrasi / verifikasi ulang bagi yang sudah punya akun

Klik visit fantasy premier league atau kunjungi langsung fantasy.premierleague.com

Pilih skuat & nama tim

Masuk ke menu league, pilih private league masukan kode 916000-223892

Komentar