Meramaikan Piala Eropa 2020 dengan EURO Fantasy Football: Aturan dan Cara Mainnya

Cerita

by Ikhsan Abdul Hakim Pilihan

Ikhsan Abdul Hakim

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Meramaikan Piala Eropa 2020 dengan EURO Fantasy Football: Aturan dan Cara Mainnya

Untuk menyambut Piala Eropa 2020, UEFA membuat gim EURO 2020 Fantasy Football. Permainan ini dapat diakses melalui laman resmi UEFA atau via aplikasi resmi EURO 2020 yang bisa diunduh di Play Store. Permainan ini dapat menemani Anda menyaksikan gelaran Piala Eropa serta mengetes kejituan prediksi Anda.

Lalu, seperti apakah permainan ini? Jika Anda familiar dengan gim Fantasy Premier League (FPL) atau Champions League Fantasy Football, sistem permainan sepakbola fantasi tentu tidaklah asing. Jika Anda hanya familiar dengan FPL, terdapat sedikit perbedaan antara gim fantasi UEFA dengan milik Premier League.

Berikut adalah gambaran umum serta penjelasan mengenai aturan, perolehan poin, dan cara main EURO 2020 Fantasy Football.

Gambaran Umum

Jika sudah merampungkan registrasi, manajer (sebutan untuk pemain gim ini) diminta untuk melengkapi draf skuad mereka. Manajer wajib memenuhi kuota 15 pemain yang terdiri dari dua kiper, lima bek, lima gelandang, dan tiga penyerang.

Manajer dibekali 100 juta euro untuk menyusun skuad. Harga per pemain pun bervariasi. Sebagai gambaran, pemain termahal di gim berharga 12 juta euro adalah Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe. Sedangkan pemain termurah berharga 4 juta euro.

Jelang masing-masing matchday, manajer diminta menyusun 11 utama. Poin hanya dihitung dari 11 pemain yang dimainkan. Line up juga tak boleh melenceng dari pilihan formasi yang disediakan. Gim ini menyediakan delapan formasi dasar, mulai 3-4-3 hingga 5-4-1. Line up wajib berisikan 11 pemain serta berisikan minimal tiga bek, atau dua gelandang, atau satu penyerang.

Poin yang dikumpulkan dari matchday kemudian dijumlahkan untuk menentukan klasemen. Siapa menorehkan poin lebih banyak akan mendapat tempat lebih tinggi baik di liga masing-masing atau di ranking keseluruhan. Familiar, kan?

Bagaimana Sistem Perolehan Poin EURO 2020 Fantasy Football?

Terdapat banyak aksi pemain dalam pertandingan yang dihitung sebagai poin. Secara garis besar, sebagaimana gim sepakbola fantasi lain, EURO 2020 Fantasy Football mengenal tiga aksi sebagai pendulang poin utama: mencetak gol, membuat asis, dan mempertahankan nirbobol (khusus bek dan gelandang).

Akan tetapi, tidak semua aksi akan membuahkan poin positif. Jika pemain Anda dihukum kartu kuning atau mencetak gol bunuh diri, ia akan mendulang poin negatif alias minus.

Beberapa aksi pun membuahkan poin dengan jumlah bervariasi tergantung posisi pemain. Misalnya untuk gol. Jika striker mencetak gol, ia mendapat empat poin. Namun, jika yang mencetak gol adalah bek, ia mendapatkan enam poin.

Manajer berkesempatan mendapat poin ekstra melalui pemilihan kapten. Poin pemain yang ditunjuk menjadi kapten akan digandakan.

Memasuki fase gugur, jika pemain yang dipilih menjalani pertandingan hingga babak tambahan waktu, pemerolehan poin per aksi tetap dilakukan sesuai sistem penghitungan yang ada. Namun, pemain tidak akan mendapatkan poin di babak adu penalti.

Sistem poin EURO 2020 Fantasy Football agak berbeda dari FPL. Di gim Piala Eropa ini, tidak ada sistem poin bonus yang berlaku. EURO 2020 Fantasy Football juga memberi poin tambahan bagi gol yang dicetak dari luar kotak penalti.

Berikut rincian poin di EURO 2020 Fantasy Football:

AksiPoin
Semua posisi
Tampil1
Bermain 60 menit atau lebih2
Mencetak gol dari luar kotak penalti1
Asis3
Memenangkan penalti2
Pelanggaran berbuah penalti-1
Tendangan penalti gagal-2
Kartu kuning-1
Kartu merah-3
Gol bunuh diri-2
Kiper
Mencetak gol6
Mementahkan tendangan penalti5
Nirbobol4
Setiap melakukan 3 penyelamatan1
Setiap kemasukan 2 gol-1
Bek
Mencetak gol6
Nirbobol4
Setiap kemasukan 2 gol-1
Gelandang
Mencetak gol5
Nirbobol1
Penyerang
Mencetak gol4

*Catatan: 1. Poin nirbobol hanya diberikan ketika pemain bertanding 60 menit atau lebih.
2. Jika pemain mendapat dua kartu kuning, hanya poin minus dari kartu merah yang dihitung. Meskipun sudah diusir dari lapangan, pengurangan poin sesuai jumlah kebobolan tim tetap diberlakukan kepada pemain setelah pemain yang bersangkutan dikartu merah.

Sistem Pergantian Pemain

Berbeda dengan FPL, manajer dapat mengganti pemain ketika matchday belum selesai. Hal ini membuat manajer bisa mengganti pemain yang blank dengan pemain yang kira-kira bakal mendapat poin lebih banyak. Namun, pergantian hanya bisa dilakukan ketika jendela pergantian berlangsung. Jendela pergantian dijadwalkan pada jeda antara hari pertandingan.

Misalnya begini: Anda memasang Ciro Immobile yang berlaga di partai Turki vs Italia. Ternyata, Immobile gagal mencetak gol atau asis atau justru dikartu merah. Anda bisa mengganti striker Italia itu dengan, misalnya, Romelu Lukaku yang bermain sehari setelahnya di partai Belgia vs Rusia. Jika Immobile ditarik keluar, poinnya tidak akan dihitung dan pergantian ini tidak bisa dibatalkan sekalinya dikonfirmasi.

Hal yang sama berlaku untuk kapten. Manajer dibolehkan mengganti kapten saat jendela pergantian pemain. Pergantian kapten hanya bisa diberlakukan ke pemain yang belum bertanding.

Apabila salah satu pemain dikartu merah, Anda tetap bisa memindahkan ban kapten darinya. Namun, pemain yang dikartu merah tidak bisa diganti.

Patut diingat bahwa pergantian pemain yang dilakukan secara manual akan membatalkan pergantian otomatis. Sebagaimana FPL, EURO 2020 Fantasy Football juga mengenal pergantian pemain secara otomatis.

Jika salah satu pemain di 11 utama tak bertanding di dunia nyata, ia akan digantikan oleh pemain yang paling diprioritaskan di bench. Prioritas tersebut bisa dilihat di susunan bangku cadangan, pemain yang berada di bangku paling kiri akan masuk lebih dulu.

Pergantian otomatis hanya berlaku sepanjang aturan dasar formasi tak dilanggar. Di line up, wajib terdapat minimal tiga bek, dua gelandang, dan satu penyerang. Jadi jika, misalnya, Anda memasang formasi tiga bek dan salah satu bek tidak bermain; apabila di bangku paling kiri adalah gelandang/penyerang, ia tidak akan masuk; yang masuk adalah pemain yang berposisi sebagai bek.

Mengingat sistem yang berlaku, jangan sampai lupa untuk menyelesaikan pergantian atau memindahkan ban kapten jika Anda melakukan pergantian pemain secara manual.

Transfer

Agar tim tetap kompetitif, manajer diberi kesempatan transfer untuk menggantikan pemain yang tampil kurang memuaskan. Pada masing-masing jendela transfer, terdapat batasan jumlah transfer yang diizinkan. Manajer juga tak dibolehkan membuat transfer yang melebihi bujet tim.

Jelang sepak mula fase grup, manajer diizinkan melakukan transfer sebanyak-banyaknya. Tak ada batasan yang diberlakukan. Memasuki fase grup, manajer boleh membuat maksimal dua transfer per matchday.

Transfer tak terbatas kembali diberlakukan menjelang 16 Besar. Sebelum perempat final, batas transfer per tim adalah tiga pemain. Jelang semifinal dan final, batas yang diberlakukan adalah lima kali transfer.

Sebenarnya manajer bisa melakukan transfer melebihi batas, tetapi akan dikenakan pengurangan empat poin per transfer. Misalnya, saat fase grup, antara matchday 1 dan 2, Anda mentransfer empat pemain. Dua transfer pertama tidak menjadi masalah, sedangkan dua transfer selanjutnya dihitung melanggar batas dan perolehan poin kumulatif Anda akan dikurangi delapan.

Memasuki fase gugur, kuota transfer per jendela tidak bisa ditimbun. Misalnya, jika manajer tidak melakukan transfer jelang semifinal, kuota transfer hangus dan tak ditambahkan ke babak final.

Manajer hanya bisa sedikit menimbun di fase grup. Misalnya, jika manajer tak melakukan transfer di matchday 1, jatah transfer untuk matchday 2 bertambah menjadi empat kali. Namun, jatah transfer matchday 1 akan hangus begitu memasuki jendela matchday 3 apabila tidak dipakai.

Chip

EURO 2020 Fantasy Football menyediakan chip yang bisa dipakai sebagai kartu as untuk meraih poin ekstra. Terdapat dua chip yang tersedia, yakni Wildcard dan Limitless. Keduanya hanya bisa dipakai sekali sepanjang turnamen.

Wildcard memberi manajer kesempatan transfer yang tak terbatas. Chip ini hanya berlaku untuk satu matchday. Hasil chip ini bersifat permanen, skuad hasil transfer tetap ada setelah matchday selesai.

Sementara itu, Limitless juga memberi manajer kesempatan transfer tanpa batas. Bedanya, skuad hasil transfer hanya berlaku untuk satu matchday. Skuad akan kembali seperti sebelum chip diaktifkan setelah matchday rampung.

Manajer juga tidak dikenakan batasan bujet ketika mengaktifkan Limitless. Manajer bisa menggaet 15 pemain termahal di gim selama chip itu diaktifkan.

Liga dan Hadiah

Seluruh pemain EURO 2020 Fantasy Football secara otomatis dimasukkan ke satu liga besar. Liga ini berfungsi sebagai tabel peringkat secara keseluruhan (overall leaderboard). Selain itu, juga terdapat liga bagi manajer dengan asal negara yang sama. Satu lagi public league yang tersedia adalah liga antara manajer yang menjadi pendukung suatu tim di Piala Eropa 2020.

Selain itu, manajer juga bisa membuat liga (private league) tersendiri. Anda bisa mengundang teman, keluarga, kolega, atau tetangga untuk berpartisipasi di private league.

EURO 2020 Fantasy Football sendiri menjanjikan sejumlah hadiah. Bagi manajer yang mendaftar sebelum sepak mula fase grup, terdapat delapan tiket pertandingan fase gugur (plus transportasi dan akomodasi) yang akan dihadiahkan ke empat manajer beruntung. Penerima hadiah ditentukan melalui undian.

Apabila manajer yang mendapat hadiah tiket pertandingan berhalangan hadir karena larangan bepergian akibat pandemi, hadiah diganti bola resmi turnamen, satu jersei tim nasional, serta Xbox.

Bagi manajer di Indonesia, jika berhasil juara satu atau dua di overall leaderboard, ia akan mendapatkan Xbox, gim Pro Evolution Soccer, serta satu set jersei tim nasional sesuai pilihan. Peringkat tiga hingga lima mendapat jersei plus bola resmi turnamen. Peringkat enam hingga 10 mendapatkan jersei, sedangkan peringkat 11-30 mendapat bola resmi turnamen.

Anda juga bisa memperebutkan hadiah di Liga Pandit Football. Kami menyediakan hadiah jersei dan tiga voucer belanja senilai Rp100 ribu di Hooligans. Masukkan kode ini untuk bergabung: 51KDXCTZ01

Ikuti Liga Pandit Football dalam EURO Fantasy Football

Komentar