Ambisi Schalke Raih Kemenangan Perdana Diadang Rekor Apik Wolfsburg

Cerita

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Ambisi Schalke Raih Kemenangan Perdana Diadang Rekor Apik Wolfsburg

2020 menjadi tahun yang buruk bagi Schalke. Kemenangan atas Borussia Moenchengladbach, 18 Januari lalu, menjadi kemenangan terakhir The Royal Blues di Bundesliga. Sejak itu, Schalke tak pernah menang dalam 23 pertandingan di ajang Bundesliga, terburuk setelah Tasmania Berlin yang tak pernah menang dalam 31 pertandingan pada 1965/66.

Berbagai usaha telah dilakukan tim asal Kota Gelsenkirchen tersebut, termasuk mengganti pelatih kepala David Wagner dengan Manuel Baum di awal musim 2020/21. Namun, apa daya, perubahan itu belum cukup dan kemenangan seolah tetap saja menjauh.

Di tabel klasemen sementara, Schalke berada di peringkat 17 alias kedua terbawah dengan koleksi tiga poin dari tujuh pertandingan. Situasi ini jauh berbeda dibandingkan musim lalu. Kala itu, dengan jumlah laga yang sama, Schalke berada di urutan enam lewat koleksi 14 poin.

Kendati demikian, Benito Raman dan kawan-kawan tak lelah untuk terus memelihara rasa optimis. Naldo, eks penggawa Schalke yang kini masuk ke jajaran pelatih tim utama, mengungkapkan skuadnya tetap merasa percaya diri. Apalagi, pada laga terakhir melawan Mainz, Schalke tampil cukup baik meski secara hasil belum memuaskan.

Link streaming pertandingan Bundesliga: FC Schalke vs VfL Wolfsburg

Sialnya, di tengah rasa percaya diri yang menggebu, Schalke mesti berhadapan dengan Wolfsburg, Sabtu (21/11) pukul 21:30 WIB. Die Wolfe — bersama Bayer Leverkusen — merupakan tim yang belum pernah terkalahkan musim ini. Namun, Naldo, yang juga mantan pemain Wolfsburg, memberikan segala pengalaman yang dimilikinya untuk bisa mengakhiri hasil minor selama ini.

“Tim masih hidup dan tetap bersemangat. Anak-anak tampil sebagai sebuah tim dan memberikan 100 persen di tiap latihan. Kami siap memberikan segalanya selama 90 menit,” ujarnya.

“Saya selalu berusaha memberikan umpan balik positif untuk menciptakan atmosfer yang baik, karena saya tahu apa yang mampu dilakukan tiap-tiap pemain. Dan potensi itulah yang akan ditunjukkan tim di lapangan melawan Wolfsburg pada akhir pekan ini” tambahnya.

Dari sisi pemain, kabar baik datang untuk Schalke lantaran Ozan Kabak yang sebelumnya didera cedera telah pulih dan siap mengisi satu tempat di lini belakang. Tak hanya itu, kondisi serupa dialami pula oleh Suat Serdar. Bahkan, Manuel Baum juga memiliki pilihan di posisi kiper. Pasalnya, sosok Ralf Faehrmann dan Frederik Roennow sama-sama siap untuk diturunkan.

Di lain pihak, Wolfsburg tampil apik musim ini, tapi tentu bukan tanpa cela. Memang, mereka meraih dua kemenangan dalam lima pertandingan terakhir, tetapi tiga kali seri yang didapat juga bisa diartikan bahwa anak asuh Oliver Glasner tidaklah terlampau hebat.

Berbeda misalnya dengan Bayern Muenchen yang meski telah mengalami kekalahan pertamanya musim ini, tapi langsung bangkit dengan menorehkan lima kemenangan beruntun di ajang Bundesliga. Sebagai bagian dari strategi untuk mengindari kekalahan sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan, Glasner bakal menghentikan serangan tuan rumah sejak dari lini tengah.

“Kami akan mencoba untuk menempatkan lawan berada di bawah tekanan, kami juga mengharapkan laga dengan banyak tekel. Schalke memiliki tiga bek tengah yang kuat secara fisik dan banyak pemain dengan keunggulan fisik, jadi kami perlu mempertahankannya. Semakin kami bisa memaksa mereka tertekan, semakin besar peluang kami untuk menang,” papar Glasner.

Untuk urusan ini, Glasner berharap besar pada sosok Xaver Schlager. Pemain berkebangsaan Austria itu lihai dalam memotong alur serangan lawan. Pada laga terakhir melawan Hoffenheim, misalnya, ia menorehkan tekel terbanyak (3). Secara keseluruhan, ia pun menjadi yang terbaik di skuad Wolfsburg dalam hal tekel dengan rata-rata melakukan 2,4 tekel per laga.

Menilik situasi dan kondisi tersebut, cukup sulit rasanya untuk Schalke bisa meraih kemenangan perdana. Di luar kelemahannya, Wolfsburg tetaplah tercatat sebagai tim yang belum pernah kalah. Namun, dalam sepak bola, selalu ada yang pertama, dan kemenangan pertama yang diharapkan Schalke masih bisa terwujud dalam laga ini.

Seluruh pertandingan Bundesliga 2020/21, beserta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar