Timnas Perancis Sebagai Obat Kejenuhan Paul Pogba

Cerita

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Timnas Perancis Sebagai Obat Kejenuhan Paul Pogba

Timnas Perancis dipastikan lolos ke semifinal UEFA Nations League 2020/21. Meski menyisakan satu pertandingan, posisinya di puncak Grup 3 Liga A tak mungkin dikejar Portugal yang menempati urutan dua. Paul Pogba, gelandang Manchester United, senang atas hasil itu. Ia juga senang karena bisa melepas kejenuhan bersama Timnas Perancis. Baginya, membela Les Bleus di masa jeda internasional adalah “udara segar” dari kompetisi level klub.

Musim ini di ajang Premier League, Paul Pogba bukanlah pilihan utama Ole Gunnar Solskjaer. Pelatih asal Norwegia itu kerap melakukan rotasi. Jika Bruno Fernandes selalu mengisi satu tempat di belakang striker, maka nama-nama seperti Fred, Nemanja Matic, dan Scott McTominay bergantian mengisi slot gelandang jangkar dalam formasi 4-2-3-1.

Memang, Pogba selalu turun dalam tujuh pertandingan Manchester United musim ini, tetapi eks pemain Juventus itu hanya tampil dua kali selama 90 menit. Jumlah tersebut lebih sedikit dari McTominay yang tampil selama 90 menit dalam empat pertandingan kendati sejauh ini ia hanya bermain sebanyak enam kali.

Sebagai perbandingan, dalam tujuh laga awal Premier League 2019/20, Pogba tampil selama 90 menit dalam lima pertandingan awal. Di musim itu, banyaknya Pogba absen bukan semata-mata karena skema yang tidak cocok melainkan lantaran cedera engkel yang dialaminya.

Frustrasi dengan situasi yang mendera di Manchester United musim ini, Pogba pun seperti memiliki “obat” ketika membela Perancis di ajang UEFA Nations League. Ia seolah menemukan sisi lain yang tidak didapatkan di awal musim ini bersama The Red Devils.

“Saya tidak pernah mengalami periode sesulit ini dalam karier saya. Timnas Perancis seakan udara segar bagi saya, skuadnya luar biasa, ini ajaib,” katanya kepada RTL France seperti dikutip Daily Mail.

Link streaming pertandingan UEFA Nations League: Perancis vs Swedia

Apa yang dikeluhkan Pogba di klubnya, diakui pula oleh Didier Deschamps, pelatih Timnas Perancis. Mantan pelatih Juventus itu mengatakan bahwa Pogba sedang berada dalam situasi sulit. Hal ini, kata Deschamps, memengaruhi mentalnya sehingga perlu kepercayaan untuk kembali membuatnya bangkit.

Apalagi, sebelumnya Pogba mesti menepi dalam dua laga awal UEFA Nations League melawan Swedia dan Kroasia karena terinfeksi COVID-19. Usai dinyatakan pulih, Didier Deschamps kemudian memberikan kesempatan dalam laga persahabatan melawan Ukraina.

Meskipun hanya tampil selama 30 menit, kepercayaan diri Pogba pelan-pelan tumbuh. Selanjutnya, ia pun tampil penuh kala melawan Portugal pada pertemuan pertama Grup 3 Liga A UNL di Stade de France.

Sejak itu, di tengah performa Manchester United yang angin-anginan, ditambah dirinya bukanlah pilihan utama klub, Pogba tampil cukup apik dan memberikan kontribusi bagi Perancis. Teranyar pada laga pemungkas melawan Portugal, ia tampil solid di lini tengah bersama Adrien Rabiot dan N’Golo Kante.

Keseimbangan lini tengah terjaga, terutama di babak pertama. Secara keseluruhan Pogba menorehkan satu tembakan tepat sasaran, dua kali dribel, dan tiga tekel. Chemistry di lini tengah Perancis, termasuk dengan N`Golo Kante sebagai sesama peraih trofi Piala Dunia 2018, bisa jadi merupakan salah satu kunci Pogba bisa tampil lepas.

“Dia [Pogba] telah mengalami cedera cukup lama sejak terakhir kali kami bermain bersama. Kami ingat Piala Dunia yang kami mainkan bersama. Menyenangkan bisa bermain bersama Paul,” papar Kante kepada Telefoot seperti dikutip Express.

“Di lapangan, kami merasa bermain dengan baik. Saya puas dengan performa kami dan tim. Kami berada di level yang seharusnya,” tambahnya.

Pogba memang perlu kesegaran. Di tengah performa yang belum stabil di Man United hingga desas-desus kepindahannya ke klub lain, Pogba seperti menemukan aroma lain bersama Perancis. Tentu, masih terlalu jauh untuk membicarakan juara UNL 2020/21 , tetapi melangkah ke semifinal bersama orang-orang dengan chemistry yang telah terbangun, akan berdampak baik bagi mental Pogba.

Di masa jeda internasional, Anda tidak akan kekurangan tontonan. Mola TV menayangkan pertandingan persahabatan, UEFA Nations League, dan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pertandingan Perancis vs Swedia pada Rabu (18/11) pukul 02:45 WIB dapat Anda saksikan dengan mengeklik tautan ini.

Komentar