Semburat Jonas Hofmann Bersama Borussia Moenchengladbach

Cerita

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Semburat Jonas Hofmann Bersama Borussia Moenchengladbach

Performa apik Borussia Moenchengladbach di awal musim 2020/21 tidak bisa dilepaskan dari sosok Jonas Hofmann. Dari 10 pertandingan yang telah dijalani di lintas kompetisi, sosok berusia 28 tahun itu menorehkan empat gol dan enam asis.

Sejauh ini, skuad arahan Marco Rose bertengger di peringkat lima Bundesliga lewat raihan tiga menang, dua seri, dan sekali kalah. Di kompetisi DFB-Pokal, Marcus Thuram dan kawan-kawan lolos ke ronde kedua. Sementara di ajang Liga Champions, tanpa disangka-sangka, mereka mampu bersaing dan kini bercokol di puncak Grup B.

Meski terlalu dini untuk menilai performa Moenchengladbach, setidaknya, apa yang dilakukan oleh klub yang berdiri pada 1900 itu membikin persaingan (entah di Bundesliga atau Liga Champions) lebih menarik. Dan untuk itu, tim-tim lain tidak boleh memandang kekuatan Moenchengladbach dengan sebelah mata.

Link streaming pertandingan Bayer Leverkusen vs Borussia Moenchengladbach

Jonas Hofmann Kian Penting bagi Moenchengladbach

Lahir di Heidelberg, Jerman, pada 14 Juli 1992, Hofmann berasal dari keluarga pencinta olahraga. Ayahnya, Harald, merupakan pemain bola tangan. Sementara sang kakak, Benjamin Hofmann, memperkuat Astoria Waldor di kompetisi Regionalliga.

Jonas Hofmann mengawali kariernya di akademi Hoffenheim. Ia tampil di berbagai jenjang usia muda mulai dari U-17 hingga U-19. Pada 2011, ia memutuskan untuk pindah ke Borussia Dortmund dan menghabiskan 71 pertandingan dengan torehan 15 gol dan 16 asis bagi Dortmund II.

Dua tahun berselang, diawali oleh penampilannya yang terus berkembang, ia pun dipanggil ke tim senior asuhan Juergen Klopp. Pada usia 20 tahun, ia melakoni debut di tim senior Dortmund dan membawa Die Borussen menang 3-1 atas klub masa kecilnya, Hoffenheim.

Musim selanjutnya, Hofmann mulai sering diberikan kesempatan tampil kendati lebih banyak turun sebagai pemain pengganti. Total, 31 laga dilalui, termasuk “perkenalannya” dengan kompetisi paling bergengsi di Eropa, Liga Champions.

Namun, banyaknya pemain-pemain bintang di Dortmund kala itu membuat pihak klub meminjamkannya ke Mainz pada 2014/15. Di klub ini, ia hanya turun 10 laga dengan catatan tiga gol. Sempat kembali ke Dortmund, Hofmann akhirnya pindah permanen demi banyaknya kesempatan tampil. Moenchengladbach membelinya dengan mahar delapan juta euro.

Di klub barunya ini, Hofmann pelan-pelan bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Ia dinilai cepat dalam mengambil keputusan dan mampu bermain sebagai gelandang tengah atau pemain di sisi sayap kiri dan kanan dengan sama baiknya. Tak jarang, apabila dalam situasi buntu, ia kerap menjadi sosok pembeda lewat kemampuannya mengubah arah serangan.

Kendati demikian, untuk posisi favorit, Hofmann mengaku bahwa bermain sebagai winger membuat kontribusinya kepada klub makin maksimal, meski ia tetap sepenuhnya menghormati keputusan pelatih.

“Posisi di sisi lapangan [sayap] adalah tempat terbaik saya untuk bisa membantu tim. Saya ingin menikmati sepakbola. Kelebihan saya adalah berlari ke dalam area kosong di belakang pertahanan lawan,” ucapnya.

Musim ini, Moenchengladbach asuhan Marco Rose kerap memainkan skema 4-2-3-1. Nama Jonas Hofmann menjadi satu di antara tiga pemain di belakang striker yang kerap mengisi starting eleven. Maka, tak heran jika produktivitas Hofmann, terutama dalam urusan gol dan asis, melonjak.

Andai terus menunjukkan konsistensi, Hofmann berpeluang membawa Moenchengladbach ke posisi lebih baik dari musim lalu. Namun, sebelum jauh ke sana, ia mesti terus memberikan kontribusi maksimal entah lewat gol, asis, atau pengaruh lainnya dalam pertandingan, termasuk kala melawan Bayer Leverkusen pada Spieltag 7, Senin (9/11/2020) pukul 00.00 WIB nanti.

Seluruh pertandingan Bundesliga 2020/21, beserta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar