Nasib Buruk di Bielefelder Alm dan Rekor Marco Reus: Pratinjau Bielefeld vs Dortmund

Cerita

by Ikhsan Abdul Hakim

Ikhsan Abdul Hakim

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Nasib Buruk di Bielefelder Alm dan Rekor Marco Reus: Pratinjau Bielefeld vs Dortmund

Arminia Bielefeld butuh waktu 11 tahun untuk kembali bertemu Borussia Dortmund di Bundesliga 1. Pada Sabtu (31/10/2020), kedua tim akan bertanding di Bielefelder Alm setelah terakhir kali bertemu pada 16 Mei 2009.

Saat Dortmund menikmati kebangkitan pada 2010-an, Die Arminen justru kesulitan di Bundesliga 2, bahkan sempat terdegradasi ke Liga 3 selama tiga musim. Pada 2019/20, Uwe Neuhaus berhasil membawa Bielefeld naik tingkat, mengalahkan lawan-lawan yang lebih difavoritkan seperti Hamburger SV dan Hannover 96.

“Keajaiban” Neuhaus diharapkan publik Bielefeld untuk bisa mempertahankan Die Arminen di papan atas. Sejauh ini, performa Fabian Klos dan kawan-kawan sendiri cukup menjanjikan. Bielefeld meraih satu kemenangan dan satu hasil imbang lawan tim Bundesliga yang lebih mapan, FC Koeln dan Eintracht Frankfurt. Namun, jelang melawan Dortmund, Bielefeld menelan tiga kekalahan beruntun dari Werder Bremen, VfL Wolfsburg, dan Bayern Muenchen.

Link streaming Arminia Bielefeld vs Borussia Dortmund

Neuhaus mengandalkan sepakbola defensif dan serangan balik untuk mengarungi Bundesliga. Strategi semacam itu adalah momok bagi sepakbola menyerang berbasis penguasaan bola Dortmund. Satu-satunya kekalahan Die Borussen musim ini diderita dari FC Augsburg, tim yang memainkan sepakbola bertahan.

Selain itu, Dortumnd dihantui “nasib sial” saat harus bertandang ke Stadion Bielefelder Alm. Peraih delapan gelar Bundesliga ini tak pernah menang dalam enam lawatan terakhir ke markas Bielefeld. Totalnya, Dortmund meraih tiga hasil imbang dan kalah tiga kali dari enam pertandingan tersebut.

Sederet hasil negatif itu terjadi pada 2003 hingga 2008, sejak Dortmund mengalami krisis finansial hingga musim perdana Juergen Klopp.

12 tahun berselang, Dortmund tentu hendak mengakhiri rekor buruk mereka di Bielefelder Alm. Dengan modal talenta muda seperti Erling Haaland, Giovanni Reyna, dan Jadon Sancho, pelatih Lucien Favre berkesempatan mematahkan nasib buruk Die Borussen.

Marco Reus Incar Gol ke Gawang Arminia

Dari 18 kontestan Bundesliga 1 musim ini, Arminia Bielefeld adalah satu-satunya tim yang belum pernah dibobol kapten Dortmund, Marco Reus. Alasannya sederhana: Reus belum pernah menghadapi Arminia sepanjang kariernya.

Penyerang berusia 31 tahun ini menghabiskan karier profesionalnya bersama Rot Weiss Ahlen di divisi keempat sebelum pindah ke Borussia Moenchengladbach (2009) lalu kembali ke Dortmund. Saat Reus merumput di Bundesliga, Bielefeld telah terdegradasi ke divisi kedua.

Jika diturunkan Favre, Reus berkesempatan mempertahankan rekornya yang sanggup mencetak gol ke gawang semua kontestan Bundesliga.

Reus sendiri memiliki kenangan bagus menghadapi Bielefeld di level junior. Pada 2006/07 dan 2007/08, saat masih memperkuat Rot Weiss Ahlen U-19, Reus mencetak empat gol dari tiga pertandingan lawan tim junior Bielefeld. Pada 11 April 2007, jebolan akademi Dortmund ini mencetak hat-trick lawan Bielefeld U-19.

Kehadiran Reus sebagai pemain berpengalaman cukup dibutuhkan Favre di lini serang. Pemain bernomor punggung 11 ini biasa diturunkan Favre di belakang striker tunggal, Erling Haaland. Bersama Jadon Sancho dan Giovanni Reyna di posisi sayap, Reus menyokong peran penyerang asal Norwegia tersebut.

Pada 2020/21, Haaland kembali menunjukkan naluri mencetak golnya yang tajam. Musim ini, eks penyerang RB Salzburg tersebut telah mencetak lima gol dari lima pertandingan. Lima gol itu dicetak dalam tiga partai kandang lawan Gladbach, Freiburg, dan Schalke.

Namun, Haaland masih melempem di partai tandang, gagal mencetak gol saat melawat ke Augsburg dan Hoffenheim musim ini. Jelang menghadapi Bielefeld, Haaland diharapkan mampu mencetak gol tandang perdananya musim ini.

Seluruh pertandingan Bundesliga 2020/21, beserta ulangan dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar