Jose Mourinho Tetap The Special One di Mata Adidas

Cerita

by Adrianus Eduard Johanes Saerong

Adrianus Eduard Johanes Saerong

"Losing my religion to football"

Jose Mourinho Tetap The Special One di Mata Adidas

Entah ke mana pun Jose Mourinho pergi, kontroversi pasti akan mengikutinya. Mulai dari menyatakan dirinya sebagai The Special One ketika ditunjuk sebagai manajer Chelsea, hingga ketika dipercaya Tottenham Hotspur menggantikan Mauricio Pochettino. Mourinho selalu bisa menarik perhatian massa.

Kali ini, giliran dunia komersial, lebih tepatnya apparel pakaian olahraga, yang diguncang oleh Mourinho. Pasalnya, Mourinho memiliki kontrak bersama apparel olahraga asal Jerman, Adidas. Relasi ini sudah berjalan selama 15 tahun dan memberikan Mourinho suntikan dana sebesar 250 ribu euro per tahun. Sementara itu, distributor peralatan olahraga Tottenham pada 2019/2020 adalah rival abadi Adidas, Nike.

Sejak meninggalkan Inter Milan pada 2010, Mourinho selalu mengasuh kesebelasan dengan sponsor Adidas. Real Madrid, Chelsea, Manchester United, semua didistribusikan oleh Adidas. Tiba-tiba ia kembali dari hiatus 11 bulan dengan menerima pinangan Tottenham. Keputusan Mourinho ini disebut akan menjadi awal keretakan hubungan pria asal Portugal itu dengan Adidas.

Pertandingan Bournemouth vs Tottenham Hotspurs dapat disaksikan melalui Mola Polytron Streaming

Pasalnya, mayoritas pelatih yang memiliki kontrak dengan sebuah apparel tertentu pasti menangani tim dengan perlengkapan sama. Pep Guardiola dikontrak Puma, begitu juga dengan Manchester City. Ketika Liverpool mengubah apparel mereka dari New Balance menjadi Nike pada 2020/2021, Jurgen Klopp juga akan pindah merepresentasikan Nike.

“Hal seperti ini terjadi bukan hanya karena nilai seorang manajer yang menggunakan apparel serupa dengan klub. Tapi ini juga memudahkan kedua belah pihak saat melakukan aktivitas promosi,” jelas seorang ahli kepada The Athletic.

Ketika ada bentrok apparel, biasanya hal itu akan menimbulkan masalah di dalam tubuh klub. Lihat saja saat Pierre-Emerick Aubameyang bermain untuk Borussia Dortmund yang memiliki kesepakatan dengan Puma, melakukan perayaan gol dengan topeng Nike. Penyerang asal Gabon itu akhirnya dihukum oleh BVB, sekalipun Nike memiliki kontrak personal dengan Aubameyang.

Puma pun angkat bicara soal insiden ini. “Kami tidak percaya bahwa pihak kompetitor [Nike] membuat seorang pemain ada di posisi seperti ini,” kata perwakilan Puma.

Aubameyang sempat menjadi bahan cemoohan akibat insiden ini. Beruntung baginya, Thomas Tuchel yang ketika itu menangani BVB masih membela mantan pemain AC Milan tersebut.

Contoh lain adalah saat Mario Gotze menggunakan baju dengan lambang Nike saat diresmikan sebagai pemain Bayern Munchen. Pihak Adidas yang memiliki saham di dalam tubuh Die Roten pun memberikan teguran kepada klub. Hal ini memaksa pihak Bayern untuk melakukan permohonan maaf.

“Kami sudah bicara dengan Adidas melalui telepon. Kami amat minta maaf atas kejadian ini. Hal yang sama tak akan terjadi lagi,” kata Juru Bicara Bayern, Mark Hörwick.

Adidas dan Tottenham punya kenangan antara satu sama lain. The Lilywhites sempat disponsori oleh apparel asal Jerman itu selama tiga tahun (1999-2002) sebelum pindah ke Kappa. Akan tetapi, Adidas juga sempat meledek Tottenham setelah kalah 0-2 dalam partai derbi London Utara divisi perempuan.

“Stadion baru, tapi hasilnya sama saja. London Utara berwarna merah,” tulis akun Twitter Adidas.

Terlepas dari semua itu, Mourinho mendapatkan pengecualian dari Adidas. Mourinho akan tetap mendapatkan suntikan dana 250 ribu euro per tahun dari Adidas sekalipun ia mengasuh Tottenham yang disponsori oleh Nike. Mourinho juga akan tetap mempromosikan dan menjadi representasi Adidas saat tidak bertugas. Sementara saat dirinya ada di pinggir lapangan, ia diminta untuk tak menggunakan apparel berbau olahraga. Ini yang terjadi saat debut melawan Crystal Palace di mana Mourinho mengenakan merek Hugo Boss. Memang tidak salah jika dirinya menyebut diri sendiri sebagai "The Special One".

Pertandingan Bournemouth vs Tottenham Hotspurs dapat disaksikan melalui Mola Polytron Streaming

Komentar