Lagu "Together Stronger" yang Mengiringi Kesuksesan Wales di Piala Eropa

Cerita

by redaksi

Lagu "Together Stronger" yang Mengiringi Kesuksesan Wales di Piala Eropa

Kemenangan 3-0 Wales atas Rusia, membuat Gareth Bale dan kolega memastikan diri menjadi juara Grup B di Piala Eropa 2016. Kemenangan tersebut membuat Wales menggeser Inggris ke peringkat kedua. Inggris harus puas dengan lima poin karena hanya mampu menahan imbang Slovakia, sedangkan Wales mendapatkan total enam poin setelah sukses menggunduli Rusia dengan skor 3-0.

Keberhasilan Wales sebagai juara Grup B disuarakan semua elemen sepak bola Wales. Di twitter, mereka merayakan kemenangan Wales dengan memberikan tanda pagar (tagar) #TogetherStronger. Mereka pun kebanjiran ucapan selamat dari berbagai elemen setelah kesuksesan tersebut.

Akun twitter UEFA EURO 2016, Brittani Football, dan FA Wales, turut mengucapkan selamat atas kesuksesan Gareth Bale dan kawan-kawannya yang memuncaki grup B dan berhak lolos ke babak perempat final.

Andy King dalam akun twiternya @10_kingy, menyatakan bahwa ini adalah malam malam yang luar biasa baginya. Para suporter sepakbola Wales pasti terkejut karena Wales berhasil menjadi pemuncak grup. Aaron Ramsey juga menyatakan rasa terima kasihnya kepada seluruh pendukung Wales dalam akun twitternya @aaronramsey, “Still so much to play for. Thank you for your support, unbelievable yet again”. Kedua penggawa Wales tersebut sama-sama menyertakan #TogetherStronger dalam cuitannya.

Lantas, apa maksud dari tagar tersebut?

Pada 20 Mei lalu, sebuah band bernama Manic Street Preachers telah merilis lagu yang berjudul Together Stronger (C`Mon Wales). Lagu tersebut diciptakan Manic Street Preachers secara resmi untuk Timnas Wales yang akan berlaga di Piala Eropa 2016. Mereka menciptakan lagu tersebut sebagai bentuk kegembiraan bisa melihat Wales kembali berlaga di turnamen sepakbola Internasional setelah absen sejak 1958 lalu.

Lagu Together Stronger tersebut sebelumnya sudah di unggah di Youtube pada tanggal 12 Mei lalu. Video itu diunggah di akun resmi band ManicStPreachersVEVO. Saat dirilis, CD original yang bertandatangan personel band Manic Street Preachers langsung ludes terjual.

Grup band Manic Street Preachers adalah band asal Wales yang beranggotakan James Dean Bradfield, Nicky Wire dan Sean Moore. Manic Street Preachers adalah band punk rock yang kerap menyuarakan protes kepada kebijakan Pemerintah United Kingdom. Mereka juga sempat manggung di negerinya Fidel Castro, Kuba, dalam suatu acara yang bertajuk Karl Marx Theater pada 2001 silam. Mereka pun sempat bertemu Fidel Castro yang berhaluan politik kiri tersebut. Bahkan Manic Street Preachers disebut-sebut sebagai grup band alternatif UK yang pertama kali bermain di negara Kuba.

Berikut adalah cuplikan dari reffrain dan bridge dari lagu Together Stronger tersebut :

So Come on Ramsey

Lets set the world alight

When Gareth Bale plays

We can beat any side

So come on Wales

So come on Wales

With Ashley Williams

We can win any fight

Chrissy Coleman, Gunter, Chester

Hennessey, Allen, King and Collins

Davis, Ledley, Taylor, Richards

Hal Robson Kanu

Semua para pemain Wales yang berlaga di Piala Eropa disebutkan dalam lirik tersebut. Bagaimana tidak terbakar semangat para pemain Wales, dengan lagu rock bernada teriakan-teriakan semangat secara resmi dibuat dan dinyanyikan bersama oleh timnas Wales? Karena dalam dunia musik, lagu bukan sekadar perpaduan estetika antara lirik dan nada. Lebih dari itu, setiap lagu diciptakan untuk menyampaikan pesan tertentu bagi pendengarnya.

Dalam lagu Together Stronger, kombinasi lirik dan irama nada yang memang layak dikatakan sebagai ruh semangat bertanding Wales. Perasaan tersebut seperti halnya anda sering mendengar lagu berjudul “Bendera” yang dipopulerkan oleh Kotak pada saat Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games 2011.

Mungkin rasa percaya diri ini juga yang membuat Bale melemparkan ungkapan psy war kepada Inggris beberapa saat lalu, sebelum laga Wales melawan Inggris berlangsung. Psy war dari Gareth Bale ini menggambarkan bahwa timnas Wales kini tampil dengan kebanggaan dan semangat yang besar dalam Piala Eropa kali ini, dari pada Inggris dan timnya.

Piala Eropa 2016 memang belum selesai, dan Wales harus tetap berjuang sekuat tenaga untuk membawa nama harum bangsanya menjadi Juara Piala Eropa 2016. Namun yang perlu digarisbawahi adalah dengan sebuah lagu, semua elemen bangsa dapat kompak berderap bersama mendukung kesebelasannya. Secara singkat, sebuah lagu bisa menjadi bahasa pemersatu bagi suatu bangsa untuk menghadapi momentum tertentu. We`ll win if we unite, itulah lirik penutup dari lagu Together Stronger, yang bagi saya mencitrakan inti dari pesan yang ingin disampaikan dalam lagu ini untuk para punggawa Wales.

ed: fva

Komentar