Lagu-Lagu Resmi di Ajang Piala Eropa

Cerita

by Billi Pasha

Billi Pasha

Selalu menganggap sepakbola dan musik adalah dua hal paling indah di dunia

Lagu-Lagu Resmi di Ajang Piala Eropa

Nyanyian rhythm Seven Nation Army dari The Whites Stripes yang khas kembali terdengar saat Spanyol mencetak gol atas Turki pada laga kedua Piala Eropa 2016, Jumat (18/6) malam WIB. Saat itu para pendukung Spanyol menyanyikan lagu yang tergabung dalam album Elephant itu sebanyak tiga kali, jumlah yang sama seperti total gol yang dilesakkan La Furia Roja ke gawang Volkan Babacan, kiper Turki.

Sebelumnya lagu tersebut juga telah diserukan saat Piala Eropa empat tahun silam, tepatnya di babak final kala Spanyol sukses membantai Italia empat gol tanpa balas. Tapi meski kerap digaungkan oleh para penonton di stadion, lagu tersebut bukanlah merupakan original soundtrack dari Piala Eropa.

Pada gelaran Piala Eropa kali ini, giliran David Guetta ditunjuk pengisi lagu resmi. Musisi kelahiran Paris itu menggandeng Zara Larson untuk berduet dengannya di lagu This One`s For You. Sementara itu, David Guetta jelas bukan penyanyi pertama yang mengisi soundtrack gelaran Piala Eropa. Berikut daftar lagu resmi dari turnamen antar negara di benua biru tersebut dari 1996 hingga 2012:

Piala Eropa 1996

Simply Red yang berasal dari Manchester diberikan kehormatan untuk mengisi lagu resmi Piala Eropa yang diselenggarakan di negaranya. Band yang direpresentasikan oleh Mick Hucknall itu membawakan lagu We`re in This Together yang bisa dibilang merupakan lagu yang paling kalem dibanding seluruh theme song Piala Eropa.

Meski menceritakan tentang sebuah kebersamaan, mereka tidak menuangkannya melalui beat yang menghentak seperti pada umumnya, namun lebih dengan cara yang emosional. Bukan hal yang aneh memang, pasalnya Simply red memang merupakan band bergenre pop. Beberapa lagu seperti If You Dont Know Me By Now, Stars dan Holding Back The Years merupakan contoh lagu kalem namun memiliki arti lirik yang dalam.



Piala Eropa 2000

Pria bernama asli Bo Martin Erik Eriksson atau yang lebih dikenal dengan nama panggung E-Type, merupakan pengisi lagu berjudul Campione di ajang Piala Eropa yang digelar di Belanda dan Belgia. Mengawali kariernya sebagai drummer sebuah band beraliran speed metal, ia banting stir ke genre Eurodance yang memang menjamur di tahun 80-an akhir.

E-Type dapat dikatakan merupakan pelopor musik sejenis untuk mengisi lagu-lagu resmi pada Piala Eropa selanjutnya. Selain musik yang memicu semangat, lirik lagu yang easy listening dan juga mengandung banyak arti menjadikannya sebagai salah satu theme song Piala Eropa yang paling ikonik.



Piala Eropa 2004

Penyanyi Kanada keturunan Portugal, Nelly Furtado, mengisi lagu resmi di Piala Eropa yang diselenggarakan di negara asal orang tuanya. Meski telah lahir dan besar di Kanada ia turut serta meramaikan ajang paling akbar se-Eropa yang digelar di Portugal dengan menyumbang tembang berjudul Forca.

For├ža merupakan bahasa Portugal yang memiliki arti sebagai kekuatan. Dalam lagu yang lebih mendeskripsikan tentang euforia Piala Eropa itu, Nelly menggabungkan dua bahasa dalam lagunya, yakni bahasa Inggris serta bahasa Portugal pada reff lagu. Merupakan gambaran dari dua budaya yang berada dalam diri Nelly. Sayang Portugal gagal menjadi juara, setelah takluk atas Yunani di babak final.



Piala Eropa 2008

Gelaran yang diadakan di Polandia dan Swiss itu dihiasi oleh lagu dari Enrique iglesias berjudul Can You Hear me. Pria yang merupakan putra dari penyanyi legendaris Julio Iglesias itu, menyanyikan lagu yang berisi lirik yang membakar semangat untuk menyambut datangnya pesta Piala Eropa. Ia mengemasnya dengan nuansa R&B seperti ciri khasnya.

Enrique sendiri lahir di Madrid, Spanyol 41 tahun silam. Menariknya, Spanyol juga berhasil keluar menjadi juara pada saat itu dan sukses melengkapi trofi Piala Eropa untuk kedua kalinya.



Piala Eropa 2012

Ajang Piala Eropa 2012 dihiasi oleh suara penyanyi Afro-Jerman bernama Oceanna. Meski terhitung pendatang baru, namun penyanyi yang identik dengan rambut keritingnya itu dapat menuai kesuksesan. Lagunya yang berjudul Endless Summer merupakan representasi dari ajang yang diselenggarakan di Polandia dan Ukraina tersebut.

Tak banyak menggunakan lirik, ia lebih menekankan nada-nada simpel yang mudah diingat. Judul Endless Summer menggambarkan tentang kegembiraan menyambut Piala Eropa yang diselenggarakan saat musim panas pada periode Juni hingga Juli yang seakan tak berujung.



Menurut kalian, mana lagu theme song Piala Eropa terbaik? Atau

Komentar