Menyoal Gosip Brozovi? ke Arsenal

Cerita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Menyoal Gosip Brozovi? ke Arsenal

Marcelo Brozovi? mencetak dua gol dan satu assist dalam rentang waktu tiga hari. Itu saja jelas tidak akan cukup untuk membuatnya menjadi incaran banyak kesebelasan di bursa transfer musim dingin. Namun Brozovi? kabarnya diperhatikan Arsenal. Karena dua gol dan satu assist terbarunya? Rasanya lebih karena Brozovi? memang cocok dan dibutuhkan Arsenal.

Sebagai peminjam Brozovi? dari Dinamo Zagreb, Inter Milan menempati posisi terdepan untuk merekrut Brozovi? secara permanen. Masa pinjamannya masih setengah musim tersisa namun jika Inter belum mengambil keputusan dan Arsenal – yang membutuhkan Brozovi? secepatnya – bergerak cepat, Inter tidak bisa berbuat banyak.

Menurut Dailymail, Brozovic menolak Arsenal pada bursa musim dingin lalu. Ia lebih memilih bergabung dengan Inter pada Januari saat itu. Dan saat ini, untuk bisa mendapatkannya, Arsenal harus mengeluarkan biaya sekitar 12 juta pounds.

Brozovic lantas bermain dalam 15 pertandingan di putaran kedua musim lalu, hanya dua kali dalam 15 pertandingan tersebut ia bermain sebagai pemain pengganti. Namun di putaran pertama musim ini ia lebih banyak bermain sebagai pengganti. Tidak jarang, malah, Brozovi? duduk di bangku cadagan sepanjang pertandingan. Arsenal bisa memanfaatkan kondisi ini.

Patut dicatat bahwa tidak ada pernyataan resmi dari Arsène Wenger mengenai ketertarikan terhadap Brozovi?. Tidak ada pula pernyataan yang menunjukkan Brozovi? tidak kerasan di Inter. Namun situasinya cocok dan berandai-andai dalam sepakbola tidak akan membuat kita menerima kartu merah, kan?

Arsenal butuh Brozovi?. Dari apa yang saya lihat ia nyaman bermain di kedalaman lini tengah dan tidak canggung membantu serangan dengan gaya main yang sederhana; mengumpan dan bergerak. Karakter bermain seperti ini akan membuat proses adaptasinya terhadap gaya bermain Arsenal tidak berjalan lama. Dalam waktu singkat ia dapat menggantikan peran Santi Cazorla.

Persoalannya, mendatangkan Brozovi? sama saja mematikan api yang sedang membara dalam diri Aaron Ramsey. Cedera Cazorla adalah anugerah untuknya. Ketiadaan Cazorla membuatnya kembali bermain di posisi favoritnya dalam peran yang paling ia kuasai: gelandang dengan peran box-to-box­ midfielder. Mendatangkan Brozovi? hanya akan menggeser Ramsey untuk bermain melebar; yang tidak ia sukai namun ia jalani secara profesional.

Ramsey bermain sebagai penyerang sayap kanan bukan semata karena Brozovi? atau Cazorla lebih baik darinya di posisi gelandang. Bukan pula ia tidak menguasai tapi keukeuh memainkan peran yang ia sukai. Hanya saja, bukan seorang box-to-box midfielder yang Wenger butuhkan.

Benar memang Wenger membutuhkan gelandang yang dapat masuk ke dalam kotak penalti untuk mencetak gol dan Ramsey kompeten; namun Wenger telah membebani Mesut Özil dengan tugas mencetak gol musim ini. Benar memang Wenger tidak mau Francis Coquelin bekerja sendirian ketika bertahan dan benar memang Ramsey juga dapat membantu pertahanan; namun Cazorla dapat membantunya dan keduanya telah menjalin kesepahaman yang sangat baik. Karenanya untuk mengakomodir kegemaran Ramsey beroperasi dalam kotak penalti lawan, Wenger memainkannya di sayap kanan dan memberinya instruksi untuk menusuk.

Saya pribadi lebih suka Ramsey dibiarkan tetap menjalani peran favoritnya, tak perlulah ada orang baru yang mengganggu. Tidak merekrut Brozovi? sekarang, saya sadari, memang akan membuat Arsenal kehilangan peluang untuk mengamankan Cazorla versi lebih muda. Namun sudahlah; Brozovi? tidak seistimewa itu. Saya yakin besok atau lusa pengganti tepat Cazorla lainnya akan muncul ke permukaan.

Komentar