Hadiah dari Ibra untuk Malmö, Kota Kelahirannya

Cerita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Hadiah dari Ibra untuk Malmö, Kota Kelahirannya

Tulisan ini adalah terjemahan langsung dari wawancara UEFA dengan Zlatan Ibrahimovi?, penyerang Paris Saint-Germain yang Rabu (25/11) ini – Kamis (26/11) dini hari WIB – akan menjalani pertandingan istimewa: melawan kesebelasan pertamanya sekaligus kesebelasan dari kota kelahirannya, Malmö FF. Versi asli dari wawancara ini, dalam bahasa Inggris, dapat dibaca di situs resmi UEFA.

UEFA: Belum lama ini kami berbicara kepada Henrik Larsson yang berkata Anda telah “memperjuangkan dan membuka jalan untuk banyak orang dan memberi harapan kepada mereka yang berasal dari latar belakang yang berbeda”. Banggakah Anda terhadap persepsi ini dan apakah Anda merasa tekanan ekstra karena menjadi panutan?

Ibrahimovi?: Ketika yang mengatakannya adalah seseorang bernama Henrik Larsson, saya akan menerimanya! Tanpa ragu! Saya memang merasa bahwa saya telah membuka beberapa jalan bagi mereka yang berasal dari latar belakang berbeda, dan saya telah menjelaskan semuanya dalam buku saya. Jalan yang telah saya tempuh dan semua yang telah saya alami ... kita tidak perlu menjadi seperti orang lain. Kita bisa berbeda dan tetap berhasil. Saya adalah bukti hidup akan itu. Saya sangat bangga. Sangat bangga. Itu artinya saya telah melakukan sesuatu bagi orang-orang yang memandang diri mereka berbeda. Saya merasa bangga dan bahagia mengenai itu. Semakin merasa demikian ketika orang lain juga berhasil. Bukan hanya di sepakbola, namun dalam segalanya.

UEFA: Pada Rabu Anda kembali ke Malmö. Akan seperti apa perasaan Anda ketika Anda bermain di lapangan melawan kesebelasan tempat Anda memulai semuanya?

Ibrahimovi?: Akan luar biasa. Di sana semuanya berawal. Di sana saya dibesarkan. Tidak ada yang lebih hebat dari bertemu mereka di Champions League. Rasanya sangat surealis. Semuanya dalam jangkauan dan saya akan melakukan segala yang saya bisa untuk menikmati segalanya begitu saya memasuki lapangan. Semua orang juga harus menikmatinya, karena saya rasa ini tidak akan terjadi lagi di sepakbola. Tidak akan ada lagi pemain yang menempuh perjalanan seperti saya, yang kemudian mendapat kesempatan kembali ke kota tempat segalanya dimulai. Saya akan memeluknya. Ini akan menjadi hari yang tak terlupakan.

UEFA: Anda telah secara konsisten bermain di level tertinggi sepanjang karir Anda. Seberapa penting beberapa tahun pertama di Malmö terhadap perkembangan Anda?

Ibrahimovi?: Sangat penting. Di sana semuanya dimulai. Di sana saya berkata kepada diri saya: “pilihannya hanya serius melakukan ini atau membuang-buang waktu saja,” dan itulah keputusan yang saya ambil ketika saya bermain di kesebelasan muda MFF. Mereka memberi saya kesempatan untuk menunjukkan apa yang dapat saya lakukan, dan saya mengambilnya. Bahkan walau itu sulit mengingat dari mana saya berasal, nama saya, latar belakang saya, saya berusaha sekuat tenaga. Saya harus lebih baik dari semua orang untuk berhasil.

UEFA: Anda dibesarkan di pinggiran kota Malmö, Rosengard. Bisa Anda ceritakan seperti apa Anda diasuh dan seberapa penting sepakbola bagi Anda saat itu?

Ibrahimovi?: Sepakbola berarti segalanya. Kami bermain sepakbola setiap hari, di sekolah, di rumah, di mana pun. Sebelum berlatih sepakbola, kami bermain sepakbola. Setelah berlatih sepakbola, kami bermain sepakbola. Konstan. Banyak bermain sepakbola. Kami memiliki lapangan sepakbola di tengah lapangan (publik), dan di sanalah semuanya terjadi. Rasanya lebih penting bermain bagus di sana ketimbang di kesebelasan. Kami banyak bermain sepakbola di sana bersama teman-teman dan orang-orang yang datang dari wilayah lain untuk menantang kami. Banyak hal terjadi di sana.

UEFA: Anda membiayai pembangunan lapangan sepakbola lima lawan lima (futsal) di wilayah tempat Anda dibesarkan. Seberapa penting rasa kebersamaan bagi Anda?

Ibrahimovi?: Penting untuk tidak lupa dari mana kita berasal. Saya telah pindah ke tingkat selanjutnya, ke tingkat tertinggi, namun saya tidak boleh lupa dari mana saya berasal. Dan kita harus selalu membalas budi. Kami sebagai kawan lama sedikit terjauhkan, namun saya masih berhubungan dengan semua orang yang memainkan peran penting dalam kehidupan saya selama masa itu. Saya tahu siapa dan di mana mereka. Jika saya bertemu mereka hari ini, saya akan langsung membawa saya kembali ke masa remaja saat kami bermain bersama, dan saya rasa saya tidak mungkin akan melupakan mereka, namun saya harus melakukan hal nyata untuk membalas budi kepada lingkungan saya. Itulah yang selalu saya usahakan dalam setiap kesempatan.

UEFA: Anda telah menyewa alun-alun utama kota untuk menayangkan pertandingan hari Rabu. Apa yang Anda pikirkan sehingga melakukan itu?

Ibrahimovi?: Saya melakukannya tepat setelah pengundian ketika saya mengetahui kami akan bermain melawan MFF. Stadion MFF tempat saya dulu bermain berukuran kecil, tidak kecil untuk ukuran Swedia namun kecil menurut standar internasional dan jika stadion itu lima kali lebih besar, kami tetap akan berhasil mengisinya dengan penuh.

Kami ingin memuat seisi Malmö, namun tidak semua orang dapat masuk, dan saya ingin semua orang memiliki peluang untuk menyaksikan pertandingan. Akan ada layar besar di alun-alun di mana orang-orang memiliki kesempatan untuk menyaksikan pertandingan secara langsung. Kami juga memiliki sejumlah kejutan. Ini akan menjadi momen istimewa. Akan ada penawaran khusus.

UEFA: Apakah Anda terlibat dalam seluruh perencanaan?

Ibrahimovi?: Ya, saya terlibat dalam semuanya. Rasanya harus personal, seperti yang sudah saya rencanakan. Saya tidak ingin ini terasa seperti seseorang menggunakan nama saya untuk menarik orang-orang datang. Ini adalah hadiah dari saya. Saya menyewa alun-alun, saya yang merencanakan semuanya.

Semua yang akan terjadi pada hari itu – dan dengarkan saya, banyak hal akan terjadi – direncanakan oleh saya. Saya ditolong oleh perencana kota, namun saya secara personal mengaturnya. Karenanya ini istimewa.

UEFA: Empat belas tahun telah berlalu sejak Anda meninggalkan Malmö. Bagaimana hubungan Anda dengan kesebelasan dan para pendukung sekarang?

Ibrahimovi?: Luar biasa. Saya memiliki hubungan istimewa dengan kesebelasan, karena kami tetap berhubungan. Kami berbicara mengenai masa depan, masa kini, tentang semuanya. Kadang mereka meminta tips atau pertolongan, dan saya berusaha berbagi pengalaman untuk membantu mereka sebaik mungkin. Ini adalah kesebelasan tempat saya memulai, dan saya ingin mereka berkembang menjadi yang terbaik, dan mereka adalah yang terbaik di Skandinavia.

Saya akan melakukan apa pun yang saya mampu untuk kesebelasan dan para pendukung. Mereka selalu membuat saya merasa diterima. Kami belum memiliki banyak kesempatan untuk membawa tim nasional ke Malmö karena kami (tim nasional) bermarkas di Stockholm, namun kesempatan-kesempatan yang saya habiskan di Malmö sebagai pemain tim nasional terasa luar biasa.

Baca juga:

Ibra: Aku Boss-nya!

Tato di Tubuh Zlatan

Hanya Zlatan yang Punya Percaya Diri Macam Ini

Tak Perlu Malu Membicarakan Kebesaran Ibra

Menengok Pembuatan Patung Lilin Ibrahimovic

Semua tulisan mengenai Ibra dapat dibaca di sini.


UEFA: Anda tentu tahu film Blådårar. Dalam film tersebut ada sebuah adegan di mana Anda duduk dalam kereta dan menegaskan Anda akan menjadi pemain profesional. Apakah Anda mengingatnya, dan dapatkah Anda jelaskan pada kami bagaimana perasaan Anda saat itu?

Ibrahimovi?: Saya ingat ketika saya masih muda dan memiliki ambisi, impian, bayangan. Lebih banyak bayangan ketimbang impian, sebenarnya. Saya tahu apa yang saya inginkan di usia muda. Sebagaimana telah saya katakan, saya harus mengambil keputusan. Pilihannya hanya saya berlatih dengan serius, atau hanya buang-buang waktu saja. Saya memutuskan untuk berlatih dengan serius. Saya melihat peluang yang saya miliki dan saya menggapainya.

Semua yang telah terjadi sejauh ini, saya tahu akan terjadi karena saya membayangkannya. Banyak orang berkata saya terlalu sombong; bahwa saya adalah seorang diva. Jawaban datang, walaupun dibutuhkan 14 tahun, namun fakta bahwa saya duduk di sini sekarang membuktikan bahwa saya benar. Mereka seharusnya mendengarkan. Dan kita semua seharusnya bahagia mengalami ini, karena saya tidak tahu apakah ini akan terjadi lagi.

UEFA: Paris saat ini berada di peringkat kedua Grup A. Secara pribadi, bagaimana anda menilai penampilan Anda sejauh ini?

Ibrahimovi?: Ini pertanyaan bagus. Saya telah bermain baik. Saya cedera tepat sebelum pertandingan pertama melawan Malmö. Itu adalah pertandingan pertama saya setelah cedera, namun berjalan baik. Kami menang 2-0, dan setelah itu kami melawan Shakhtar Donetsk dan bermain bagus juga – kami menang 3-0.

Pertandingan terbaik kami adalah melawan Madrid, terutama bagi saya pribadi. Saya belum mencetak gol di Champions League, namun saya memiliki kesempatan di pertandingan melawan Malmö. Saya tidak khawatir.

UEFA: Anda telah bermain sebanyak 116 kali di Champions League. Seberapa istimewa kejuaraan ini bagi Anda?

Ibrahimovi?: Ini kejuaraan tempat para pemain terbaik bermain, namun tidak selalu yang terbaik yang menang. Anda baru memahami Champions League setelah Anda merasakan sendiri bermain di Champions League. Lagunya, melodinya, atmosfernya, dan segalanya. Anda berhadapan dengan pemain-pemain terbaik di Eropa. Bolanya. Semua di sekitar Anda. Sebuah perasaan istimewa.

UEFA: Apakah Anda yakin kesebelasan Paris saat ini mampu menjuarai UEFA Champions League?

Ibrahimovi?: Kami sudah lebih baik. Kami jauh lebih baik dari tahun lalu, jadi kami memiliki peluang yang baik. Itu tidak berarti kami akan menang, namun kami memiliki kesebelasan hebat yang sudah berkembang dari musim lalu. Kami memiliki potensi untuk melaju jauh, namun dibutuhkan banyak hal untuk menang. Tidak selalu kesebelasan terbaik yang menjadi juara, jadi kita lihat saja.

UEFA: Seberapa besar tujuan menjuarai UEFA Champions League menggerakkan Anda?

Ibrahimovi?: Anda juga pasti ingin juara. Sebagaimana semua orang tahu saya belum pernah menjuarai Champions League, namun kami akan melakukan semua yang kami mampu untuk menjuarainya. Saya tidak akan kecewa. Tidak akan. Apa yang terjadi, terjadilah.

UEFA: Anda baru-baru ini menjadi pencetak gol terbanyak Paris sepanjang masa – di mana letak pencapaian ini di antara pencapaian-pencapaian Anda lainnya?

Ibrahimovi?: Selalu menyenangkan memecahkan rekor. Saya belum pernah bertahan di kesebelasan selama itu. Saya rasa itu juga rekor. Saya belum pernah berada di kesebelasan yang sama selama empat musim berturut-turut. Boleh dibilang saya memecahkan rekor setelah tiga tahun di sini. Rasanya luar biasa. Menyenangkan.

Kita harus menentukan target setinggi mungkin, dan jika pada akhirnya kita masuk ke buku sejarah, lebih baik lagi. Secara alami kita ingin diingat untuk capaian-capaian hebat dalam lapangan. Ini adalah rekor yang saya miliki, seperti banyak lainnya, namun suatu hari seseorang akan mematahkannya juga. Yang penting saya mematahkan rekor satu kali, dan itu adalah momen luar biasa dalam hidup saya.

Sumber foto: Guardian

Komentar