Kenneth Omeruo, Pemain Chelsea yang Tak Pernah Terdengar Bakatnya

Cerita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Kenneth Omeruo, Pemain Chelsea yang Tak Pernah Terdengar Bakatnya

Nama Kenneth Omeruo terdengar asing bahkan bagi penggemar Chelsea sekalipun. Kabar bahwa sang pemain akan meninggalkan London pada akhir musim nanti, nyatanya mendapatkan tanggapan yang jauh lebih mengejutkan. Loh, dia pemain Chelsea ya?

Chelsea mengendus bakat Omeruo sejak lama. The Blues akhirnya meminang pemain kelahiran 1993 tersebut dari Standard Liege pada Januari 2012. Belum sempat menginjak rumput Stamford Bridge, Omeruo buru-buru dipinjamkan ke klub belanda, ADO Den Haag.

18 bulan merumput di Liga Belanda, Eredivise, nyatanya belum cukup bagi Omeruo untuk meyakinkan staf pelatih Chelsea. Omeruo pun diperkenalkan dengan iklim sepakbola Inggris pada Januari 2014 dengan dipinjamkan ke Middlesbrough. Awalnya, ia akan memperkuat klub Divisi Championship tersebut hingga akhir musim 2013/2014.

Pada Mei 2014, Chelsea sepakat memperpanjang kontrak Omeruo hingga Juni 2018. Perpanjangan kontrak ini pun diiringi dengan peminjaman kembali Omeruo ke Boro.

Omeruo sendiri merasa kepindahannya ke Chelsea merupakan langkah besar dalam perjalanan karir sepakbolanya. Ia pun tak mempermasalahkan jika manajemen Chelsea ingin “menyekolahkannya” dulu ke Belanda dan selama setengah musim ke Middlesbrough. Namun, lama-lama Omeruo bosan juga.


Bersama ADO Den Haag (sumber: Zimbio.com)

Omeruo saat ini sudah berbeda dari dirinya saat hampir tiga tahun silam direkrut Chelsea. Kini, banyak fans Middlesbroug yang mengidolakan permainannya. Ia pun selalu ditunjuk pelatih Aitor Karanka untuk menjadi penghuni tetap di lini belakang The Boro.

Selain itu, Chelsea pun sudah merekrut Kurt Zouma dari St. Etienne dengan harga yang cukup mahal: 12 juta Pounds. Kehadiran pemain kelahiran 1994 tersebut jelas mengusik masa depan Omeruo. Saat ia mesti berjuang di tim lain yang tak satu level, manajemen Chelsea malah merekrut pemain baru, yang lebih muda, dan langsung memasukkannya ke tim inti.

November lalu, Omeruo memang ingin kembali bergabung bersama Chelsea. Ia bahkan menyebut sudah bicara dengan manajer The Blues, Jose Mourinho, dan Director of Football Chelsea, Michael Emenalo. Kemungkinan kembali ke London terbuka lebar karena baik Mou maupun Emenalo mengaku terkesan dengan penampilan impresif Omeruo.

Namun, ucapan tersebut berubah 180 derajat sebulan kemudian. Agen Omeruo, Chika Akujobi, memanas-manasi Chelsea dengan mengatakan kliennya bisa bergabung dengan Middlesbrough secara permanen pada akhir musim ini. Hal tersebut tentunya akan terjadi jika ada pembicaraan serius antara Middlesbrough dan Chelsea, karena kontrak Omeruo masih tersisa tiga musim lagi.

“Dia (Omeruo) masih punya kontrak tiga musim lagi bersama Chelsea dan pada akhir musim dia diharapkan bisa kembali ke Chelsea. Namun, saat ini, Middlesbrough tengah dalam performa yang baik dengan berada di peringkat dua klasemen, dan Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di akhir musim,” tutur Akujobi.

Akujobi tentunya berkepentingan mengurusi Omeruo. Ia tak ingin kliennya pindah ke Chelsea, tapi tak mendapatkan kesempatan bermain. Lagi pula, banyak nama-nama besar di lini pertahanan Chelsea seperti John Terry, Brainslav Ivanovic, Gary Cahill, dan tentu saja, Kurt Zouma. Omeruo mesti berharap Terry dan Cahill cedera agar bisa masuk tim utama.


Mengawal Luis Suarez (Sumber gambar: fifa.com)

Wajar rasanya jika Omeruo lebih kerasan di Middlesbrough. Daripada bermain di tim yang tak memberinya kesempatan secara reguler, ia lebih memilih membantu The Boro promosi ke Premier League. Manajemen Middlesbrough pun menginginkan perpanjangan kontrak Omeruo hingga akhir musim ini.

Middlesbrough merupakan tim dengan pertahanan terbaik di Divisi Championship. Dari 22 pertandingan, mereka cuma kebobolan 17 gol. Tim terdekat mereka, Ipswich Town, sudah kebobolan 20 gol. Peluang Middlesbrough lolos pun terbuka lebar. Saat ini mereka bertengger di peringkat empat dengan 39 poin, dan hanya terpaut tiga poin dari pimpinan klasemen sementara, Bournemouth.

Jurnalis Fourfourtwo, Jonathan Fadugba, sempat menuliskan bakat terpendam Omeruo dalam kolomnya yang berjudul “Perkenalkan Kenneth Omeruo, Pemain Terbaik Chelsea yang Tak Pernah Anda Dengar”. Dalam kolom tersebut, Fadugba menceritakan kekagumannya terhadap bakat terpendam Omeruo.

Andai Omeruo akhirnya berlabuh di Middlesbrough, ia akan dikenal sebagai pemain Chelsea yang tak pernah berseragam biru-biru.



Sumber gambar: informationng.com

Komentar