Fakta Unik Andorra, Negara Peserta Kualifikasi Euro 2016

Cerita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Pemimpin Redaksi | Pesepakbola Tarkam | Juru Taktik
ardynshufi@gmail.com

Fakta Unik Andorra, Negara Peserta Kualifikasi Euro 2016

Salah satu pertandingan kualifikasi PIala Eropa 2016 yang berlangsung dini hari nanti akan mempertemukan Wales yang menghadapi tuan rumah Andorra. Di atas kertas, Gareth Bale dkk. tampaknya tak akan terlalu kesulitan untuk mendulang tiga poin pertamanya.

Namun ada beberapa fakta menarik tentang lawan Wales ini, baik mengenai catatan tentang sepakbolanya, maupun tentang keunikan negara dengan luas sekitar 468 km2 ini. Berikut telah kami rangkum fakta-fakta unik tentang negara Andorra.

Kalah di 10 Pertandingan Terakhir

Wales jelas boleh percaya diri bisa meraih poin penuh pada kala bertandang ke markas Andorra. Pasalnya, dalam 10 laga kualifikasinya, Andorra selalu menjadi bulan-bulanan lawannya. Pada babak kualifikasi Piala Dunia lalu, Andorra yang tergabung bersama Belanda, Romania, Hungaria, Turki, dan Estonia ini berada di posisi buncit dengan nilai nol. Bahkan, mereka tak mampu mencetak satu gol pun yang dibarengi dengan 30 kali kebobolan.

Peringkat FIFA

Peringkat Andorra pada klasemen FIFA sendiri cukup memprihatinkan. Dari 208 negara, Andorra berada di peringkat 199 (klasemen per Agustus 2014). Itu artinya, Mereka hanya 10 tingkat di atas San Marino yang berada di dasar klasemen. Sedangkan untuk UEFA, Andorra berada di peringkat 52 dari 54 tim. Wales yang jadi lawannya nanti, berada di peringkat 50 klasemen.

Bahasa

Bahasa yang digunakan oleh masyarakat Andorra adalah bahasa Catalan. Ya, Catalan yang lebih populer dan identik dengan Barcelona nyatanya merupakan bahasa resmi Andorra. Bahkan Andorra adalah satu-satunya negara di dunia yang menjadikan Catalan sebagai bahasa negara, sedangkan bahasa ini dipakai oleh beberapa daerah di Spanyol, Prancis, dan Italia. Meskipun begitu, sebagian warga Andorra ada yang menggunakan bahasa Portugis, Prancis, dan Spanyol.

Satuan Keamanan

Menurut data situs Wales Online, Andorra hanya memiliki 12 orang tentara, di mana hampir setengahnya telah lanjut usia. Sementara polisi di sana berjumlah 240 orang, hanya 10% dari jumlah polisi di Wales.

Infrastruktur

Stadion yang akan digunakan melawan Wales nanti adalah stadion Estadi Communal d’Andorra la Valle. Kapasitas stadion ini adalah 850 orang.

Infrastruktur di sana memang sangat minim. Andorra bahkan tak memiliki bandara. Bandara terdekat berada di salah satu kota Prancis, Perpignan, yang terletak sejauh 128 kilometer. Alternatif bandara lain adalah di kota Lleida Spanyol yang letaknya sekitar 157 kilometer dari Andorra. Hal ini sangat di maklumi karena sekitar 90% dari negaranya adalah hutan.

Santa_Coloma_Andorra

Prestasi

Dalam sejarahnya, hanya ada tiga tim yang berhasil dikalahkan tim nasional Andorra, yaitu Albania, Belarusia, dan Makedonia. Top skorer timnas sendiri saat ini dipegang oleh Ildefons Lima dengan tujuh gol. Dan hanya satu pemain yang menguntit di bawahnya dengan tiga gol.

Klub

Dalam skuat tim nasional Andorra saat ini, terdapat dua tim yang menyumbang pemain terbanyak. FC Santa Coloma yang menjadi juara liga primer Andorra menyumbang tujuh pemain. Sedangkan FC Andorra menyumbang delapan pemain.

Uniknya, FC Andorra ini merupakan tim peserta Segunda Division B, atau divisi tiga liga Spanyol. Beberapa lawannya adalah tim B dari klub-klub La Liga seperti Barcelona B, Altetico Madrid B, Valencia Mestalla, dan beberapa tim lainnya.

Indonesia

Apa hubungannya Indonesia dengan Andorra? Tim nasional kita pada Maret lalu melakukan uji coba dengan Andorra di stadion Luis Siner Pico, Spanyol. Dengan kondisi sepakbola yang memprihatinkan seperti disebutkan di atas, Indonesia hanya menang 1-0 pada laga itu.

foto: wikipedia.com & rosalasarose.com

Komentar