Persija Jakarta Juarai Liga 1 2018

Berita

by redaksi

Persija Jakarta Juarai Liga 1 2018

Tuntas sudah gelaran Liga 1 2018. Persija Jakarta memastikan diri sebagai juara setelah pada laga pamungkas mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 2-1 pada Minggu (09/12). Kemenangan tersebut membuat Persija kokoh di peringkat pertama dengan keunggulan satu poin atas PSM Makassar yang merupakan kandidat juara hingga pekan terakhir.

Butuh 62 poin untuk Persija mengangkat trofi juara Liga 1. Mereka berhasil meraih 18 kemenangan, 8 imbang dan 8 kalah. Persija menjadi kesebelasan dengan catatan kemenangan terbanyak pada musim ini —PSM total 17 kemenangan.

Keberhasilan Persija meraih kemenangan-kemenangan di tandang jadi kunci Macan Kemayoran meraih poin tertinggi. Dari 17 laga, 25 poin berhasil dikumpulkan lewat 7 kali menang, 4 imbang dan 6 kalah. Di bawahnya terdapat Persib Bandung dan Bhayangkara FC yang meraih 21 poin. PSM Makassar ada di urutan keempat dengan 19 poin.

Keunggulan 6 poin pada laga tandang itulah yang membuat Persija mampu mengungguli PSM meski kalah di rekor kandang. Di kandang, PSM jadi kesebelasan dengan poin terbanyak yakni 42 poin. Disusul Arema FC dengan 39 poin. Persija di urutan ketiga dengan 37 poin. Musim ini, Persija sendiri harus berpindah-pindah tempat untuk menjalani laga kandang.

Catatan impresif lain yang menolong Persija untuk meraih gelar juara adalah lini pertahanan mereka yang kokoh. Lini pertahanan yang dipimpin Andritany Ardhyasa di bawah mistar gawang ini menjadi kesebelasan dengan catatan kebobolan paling sedikit, yakni 36 gol. Dengan 57 gol yang disarangkan, Persija mencatatkan selisih gol tertinggi (17 gol).

Ketika lini pertahanan kokoh, lini depan Persija pun tajam dengan kehadiran Marko Simic. Pemain asal Kroasia yang sebelumnya menjadi pencetak gol terbanyak pada Piala Presiden 2018 tersebut mampu mencetak 18 gol, terbanyak ketiga. Simic hanya kalah dari Aleksandar Rakic (21 gol) dan David da Silva (20).

Dengan keberhasilan ini, tahun 2018 memang seolah menjadi tahunnya Persija. Gelar juara Liga 1 2018 disandingkan dengan gelar juara Piala Presiden 2018, turnamen yang cukup bergengsi di Indonesia. Di awal tahun, The Jak Mania berpesta. Akhir tahun pun mereka berjingkrak bersuka cita.

Gelar juara Liga 1 2018 yang diraih Persija ini merupakan gelar kedua Persija di era Liga Indonesia. Gelar pertama Persija diraih pada 2001. Ternyata sama seperti musim ini, Persija meraih gelar pertamanya dengan mengalahkan PSM Makassar di partai final. Tiga gol Persija yang dicetak Imran Nahumarury dan Bambang Pamungkas (dua gol) hanya mampu dibalas gol Miro Baldo Bento dan Kurniawan Dwi Yulianto. Persija kalahkan PSM 3-2.

Komentar