PSIS Tersingkir, Arema, Bhayangkara, dan Persela Berebut Tiket Lolos ke Perempat Final

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

PSIS Tersingkir, Arema, Bhayangkara, dan Persela Berebut Tiket Lolos ke Perempat Final

PSIS Semarang dipastikan tersingkir dari Piala Presiden 2018. Kekalahan 1-3 dari Arema FC di pertandingan pekan kedua Grup E Piala Presiden 2018 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis (25/1) mengandaskan peluang tim berjuluk Mahesa Jenar itu melaju ke perempat final.

Kekalahan dari Arema semakin membenamkan PSIS di posisi juru kunci klasemen sementara Grup E dengan poin nol. Mahesa Jenar sejatinya masih menyisakan satu pertandingan menghadapi Persela Lamongan. Tapi hasil di laga terakhir melawan Persela tidak akan banyak membantu PSIS lolos ke perempat final. Kalau pun meraih kemenangan atas Persela, paling mentok PSIS naik ke posisi tiga.

Setelah tersingkirnya PSIS, tiket lolos otomatis ke perempat final dari Grup E bakal diperebutkan Arema FC, Bhayangkara FC, dan Persela. Arema memiliki peluang yang lebih besar untuk lolos langsung ke perempat final. Sebab berkat kemenangan atas PSIS, membuat Arema merangsek ke puncak klasemen, menggeser Bhayangkara FC yang dalam pertandingan lainnya di pekan ke-2 Grup E bermain imbang 1-1 saat jumpa Persela.

Arema dan Bhayangkara sejatinya sama-sama mengumpulkan empat poin, hasil dari dua laga yang telah di lakoni. Namun Arema (plus 2) unggul selisih gol atas Bhayangkara (plus 1). Artinya, Arema hanya membutuhkan hasil imbang saat jumpa Bhayangkara, Selasa (30/1), untuk memastikan diri lolos ke perempat final. Sebaliknya, Bhayangkara FC wajib menang atas Arema di pertandingan terakhirnya untuk mengunci satu tempat di babak delapan besar.

Sementara Persela, dibandingkan Arema dan Bhayangkara peluangnya terbilang tipis untuk lolos ke perempat final. Di klasemen sementara grup E, Persela menduduki posisi tiga dengan dua poin, hasil dari dua imbang dalam dua pertandingan yang dilakoni.

Agar lolos langsung ke perempat final, Persela wajib menang atas PSIS minimal dengan skor 3-0 atau lebih pada laga terakhirnya. Tapi itu pun dengan catatan Arema dan Bhayangkara bermain imbang di laga pamungkasnya.

Bila skema tersebut berjalan, maka Persela, Arema, dan Bhayangkara akan sama-sama mengumpulkan lima poin. Persela akan merangsek ke posisi pertama sebagai sarat mutlak lolos otomatis ke perempat final, karena unggul selisih gol atas dua kompetitornya itu.

Namun bila Persela menang atas PSIS, namun dalam duel antara Arema melawan Bhayangkara salah satu dari dua kesebelasan tersebut meraih kemenangan, maka Persela hanya bisa berharap lolos dengan status runner-up terbaik. Tapi itu pun tidak akan mudah, lantaran beberapa kesebelasan penghuni peringkat dua di grup lain ada yang sudah mengoleksi 3 atau 4 poin, bahkan 6 poin seperti Bali United di Grup D.

"Ya mungkin masih ada peluang, tetapi cukup berat. Saya lihat di grup lain sudah ada tim yang memiliki 6 poin hingga peringkat kedua. Jadi peluangnya lebih berat bagi kami lolos ke perempat final dengan status runner-up terbaik," kata pelatih Persela, Aji Santoso, dilansir dari situs Liga Indonesia.

Foto: Liga-Indonesia.id

Komentar