Cenk Tosun: Solusi Lini Depan Everton?

Berita

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Cenk Tosun: Solusi Lini Depan Everton?

Lini depan Everton bermasalah. Hanya mencetak 25 gol dari 22 pertandingan yang telah dimainkan tentu bukan catatan yang terlalu baik. Apalagi untuk klub sekelas Everton yang memiliki Wayne Rooney, Sandro Ramirez, Dominic Calvert-Lewin, dan Oumar Niasse.

Produktivitas para pemain tersebut belum sesuai harapan. Sam Allardyce pun bergerak cepat untuk mendatangkan penyerang pada bursa transfer musim dingin ini. Dari kabar yang beredar, Cenk Tosun adalah penyerang yang akan bergabung ke Everton pada bulan Januari ini.

Cenk Tosun sekarang bermain untuk Besiktas. Pemain berusia 26 tahun ini telah memainkan 24 pertandingan bersama Besiktas dan telah mencetak 14 gol. Melihat jumlah gol yang telah dicetak Tosun untuk Besiktas, Everton berharap Tosun mampu menyelesaikan permasalahan lini depan mereka.

Pihak Everton akan mengusahakan transfer pemain Besiktas ini cepat rampung. Delegasi Everton, sebagaimana diwartakan The Guardian, akan berusaha segera menyelesaikan Cenk Tosun pada Rabu ini ketika mereka bertemu dengan presiden klub Besiktas, Fikret Orman, di London. Orman berada di London sepulang berlibur dari Afrika Selatan.

Jumat lalu sebenarnya Everton telah melakukan negoisasi dengan mengajukan 25 juta pound sterling untuk meminang Tosun. Hanya saja pihak Besiktas menaikkan harga Tosun sebesar 2 juta pound sterling, karena harga pengganti Tosun juga naik. Pertemuan dengan sang presiden disebut-sebut akan menjadi momen di mana Everton dan Besiktas mencapai kata sepakat.

Sam Allardyce sendiri mengakui bahwa Everton mempunyai masalah pada lini depan mereka. Kekalahan dari Manchester United tengah pekan kemarin menjadi catatan tersendiri karena itu berarti dua pertandingan sudah (dan secara beruntun pula) Everton gagal melepas satu pun tembakan tepat sasaran.

HadirnyaTosun tentu akan memperkuat lini depan Everton. Jumlah gol Tosun sendiri saja sepertiga jumlah gol yang telah dicetak Everton musim ini – Everton baru mencetak 32 gol. Jumlah tembakan Cek Tosun pun terbilang cukup banyak. Ia telah melesakkan 66 tembakan dan totalnya merupakan seperempat dari tembakan-tembakan Everton.

Koleksi gol Tosun juga lebih banyak dari penyerang-penyerang Everton. Rooney, pencetak gol terbanyak Everton saja, baru mencetak sepuluh gol. Dalam jumlah tembakan, Tosun mengungguli Calvert-Lewin yang telah melesakkan 37 tembakan.

Kehadiran Tosun akan sangat membantu meningkatkan produktivitas Everton. Tentu dengan satu catatan: Tosun harus beradaptasi dengan cepat; jika tidak, ia akan sama saja dengan penyerang-penyerang Everton lainnya.

Komentar