Ronaldo Ungguli Messi dalam Penghargaan Ballon d`Or 2017

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Ronaldo Ungguli Messi dalam Penghargaan Ballon d`Or 2017

Akhir-akhir ini, Cristiano Ronaldo harus menerima kenyataan bahwa ia tidak setajam sewaktu muda. Tapi Ronaldo baru menemukan ketajamannya kembali ketika mencetak satu gol ke gawang Borussia Dortmund saat pertandingan Liga Champions kemarin di Stadion Santigo Bernabeu, Kamis (7/12)yang berakhir kemenangan Madrid dengan skor 3-2.

Di sisi lain, gol Ronaldo membukukan rekor tersendiri di Liga Champions sebagai pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam enam fase grup. Ronaldo juga menyamai rekor Lionel Messi dari Barcelona yang merupakan raja gol di fase grup Liga Champions karena sama-sama mencetak 60 gol. Catatan itu menambahkan rekor-rekor lain yang sudah diukir Ronaldo seperti raja gol sepanjang masa, raja gol satu musim lima kali berturut-turut sejak 2012/2013 dan lainnya. Musim ini, Ronaldo lebih tajam di Liga Champions karena pencetak gol terbanyak yaitu sembilan kali dan berbeda di La Liga, ia baru mencetak dua gol.

Kemudian rekor yang lebih hebat lagi terjadi di kaki Menara Eiffel, Prancis, kemarin malam (11/12). Di sanalah lokasi pengumuman pemenang Ballon d`Or yang merupakan ajang perdebatan siapa terbaik antara Ronaldo dan Messi dalam sekitar 10 tahun terakhir. Dominasi merekalah yang selalu menjadi narasi besar dari penyerahan piala Ballon d`Or.

Sejak Kaka memenangkan Ballon d`Or 2007, pemain lain hanya menjadi orang ketiga di antara Ronaldo dan Messi, mulai dari ketajaman Fernando Torres sampai Neymar saat ini.

Ronaldo kembali memenangkan Ballon d`Or meskipun musim ini mendapatkan statistik terburuk dalam beberapa tahun terakhir. Penghargaan itu mengalahkan kandidat kuat lainnya, yaitu Messi dan Neymar. Gelar itu merupakan yang kelima kalinya bagi Ronaldo sehingga menyamai perolehan Messi dalam ajang tersebut.

Ronaldo sendiri memang tidak terbendung pada musim 2016/2017 karena pada musim itu ia memberikan gelar Liga Champions yang kedua secara beruntun. Gelar itu dikawinkan dengan trofi La Liga 2016/2017 yang terakhir kali diraih pada musim 2011/2012. Dari dua kompetisi La Liga dan Liga Champions musim lalu, Ronaldo mencetak 42 gol. Rinciannya yaitu 25 gol di La Liga dan 12 di Liga Champions.

"Saya berharap masih bisa bermain di level tertinggi selama beberapa tahun lagi. Mari bersaing terus dengan cara yang baik. Dia (Messi) pun akan melakukan yang terbaik untuk klub dan tim nasionalnya," ujar pemain asal Portugal dan mantan pilar andalan Manchester United tersebut ketika berbicara soal kemenangannya dikaitkan dengan Messi.

"Saya juga akan meraih yang terbaik untuk Real Madrid dan tim nasional saya. Jadi mari kita lihat di akhir tahun yang mengumpulkan penghargaan yang kami menangkan dan apa yang dipilih dari orang-orang. Tentu saja saya merasa bahagia. Ini adalah momen besar dalam karier saya," sambungnya seperti dikutip dari Daily Mail.

Selain soal Messi, Ronaldo juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada rekan kesebelasannya di Madrid maupun orang-orang yang telah membantunya mencapai level tersebut. Di sana ia disaksikan ibunya, Maria Dolores dos Santos Aveiro, anaknya yang bernama Cristiano Ronaldo Jr dan pacarnya, yaitu Georgina Rodriguez. "Saya ingin tujuh bola emas dan tujuh anak!" cetus Ronaldo yang mulai mencuri perhatian sejak memperkuat Sporting Lisbon itu.

Kali ini Ronaldo mengalahkan 29 nominator lainnya, hasil dari pemilihan 173 jurnalis. Sebanyak 946 poin didapatkan pemain 32 tahun tersebut. Sebelumnya, Ronaldo baru mendapatkan penghargaan pemain terbaik FIFA setelah mengalahkan Messi dan Neymar di London pada Oktober lalu.

Sebetulnya kemenangan Ronaldo sempat terendus setelah Nike membocorkan dengan produk terbaru sepatu mercurial berwarna emas-putih. Pada kain yang menjadi alasnya juga tertulis tahun-tahun Ronaldo mendapatkan Ballon d`Or mulai dari 2008, 2013, 2014, 2016 sampai 2017 saat ini. Bahkan di kain itu juga tertulis quintro triunfo yang artinya gelar kelima.

Komentar