Drama Donnarumma Berakhir Sudah

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Drama Donnarumma Berakhir Sudah

Drama masa depan Gianluigi Donnarumma akhirnya berakhir, setelah sang pemain menandatangani klausul perpanjangan kontrak bersama AC Milan dengan durasi empat tahun. Sebelumnya kepastian masa depan penjaga gawang berusia 18 tahun itu sempat menimbulkan polemik, karena konon sang pemain menolak untuk memperpanjang kontraknya di San Siro.

Padahal pada saat itu gaji yang ditawarkan Milan cukup besar bagi Donnarumma. Namun kesepakatan tak kunjung terjalin, bahkan rumornya kubu Donnarumma bakal menolak perpanjangan kontrak yang disodorkan Milan. Hal tersebut menimbulkan reaksi kekecewaan dari sebagian besar pendukung Milan.

Banyak yang menganggap kalau Donnarumma merupakan pemain yang tak tahu terima kasih, dan lebih mementingkan uang ketimbang kesetiaan kepada klub yang telah membesarkan namanya itu. Saat ia membela Italia di ajang Piala Eropa U-21 menghadapi Denmark, beberapa suporter garis keras Milan yang hadir dalam laga tersebut melemparkan uang palsu.

Uang-uang tersebut berserakan di belakang gawangnya. Selain itu, spanduk bertuliskan “Dollarumma” pun dibentangkan sebagai aksi kekecewaan suporter terkait isu penolakan Donnarumma terhadap perpanjangan kontraknya di AC Milan.

Kondisi semakin runyam karena pada saat itu, ia juga santer dikaitkan dengan beberapa klub seperti Juventus dan Real Madrid yang siap menggelontorkan dana besar untuk memboyong pemain asal Italia itu.

Namun polemik tersebut akhirnya usai setelah Donnarumma setuju untuk bertahan di Milan hingga tahun 2021 mendatang. "AC Milan dan Gianluigi Donnarumma telah mencapai kesepakatan untuk memperpanjang kontrak sampai 2021," terang Milan dalam sebuah pernyataan resmi.

"Tentunya kabar positif bagi AC Milan yang telah bekerja keras untuk memperbarui kontrak Donnarumma, untuk menyenangkan pemain lain dan penggemar. Karena itu, karier Gigio (sapaan akrabd Donnarumma) di AC Milan akan terus berlanjut,” lanjut mereka

Football Italia mengabarkan bahwa dalam kontrak barunya, Gigio akan mendapat gaji sebesar 6 juta euro per tahun. Selain itu, ada klausul buyout yang mencapai angka 70 hingga 100 juta euro bagi klub yang berniat untuk memboyong pemain jebolan Akademi Milan itu. Namun kisaran tersebut bisa turun hingga 50 juta euro andai ada musim depan Milan gagal lolos ke Liga Champions.

“Donnarumma akan menjadi bagian penting dari skuat AC Milan musim depan. Ia akan menjadi tulang punggung kami di musim baru. Dia adalah pemain berkelas dan memiliki bakat yang sangat mumpuni. Dia akan terus membela AC Milan. Donnarumma juga siap membantu Rossoneri kembali berlaga di Liga Champions," tukas pernyataan resmi klub.

Selain berhasil mempertahankan salah satu pilar pentingnya, AC Milan juga sepakat untuk mendatangkan Antonio Donnarumma yang merupakan kakak kandung pemain 18 tahun itu. Keduanya sama-sama berposisi sebagai penjaga gawang, kemungkinannya Antonio diproyeksikan sebagai pelapis sang adik.

Pemain berusia 27 tahun itu juga merupakan jebolan akademi Milan, namun berbeda dengan adiknya, Antonio belum pernah tampil untuk tim senior. Dia dipinjamkan ke Piacenza dan Gubbio, sampai akhirnya dijual ke Genoa dan petualangannya berlanjut ke Bari dan Asteras Tripoli.

Komentar