Hukuman Embargo Transfer Atletico Berlanjut, Nasib Griezman Menjadi Misteri

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Hukuman Embargo Transfer Atletico Berlanjut, Nasib Griezman Menjadi Misteri

Atletico Madrid dipastikan tidak bisa mendatangkan pemain anyar pada bursa transfer musim panas musim 2017/2018. Kepastian tersebut didapat setelah Badan Arbritase Olahraga (CAS) menolak banding mereka atas embargo transfer yang dijatuhi FIFA kepada Atletico Madrid pada 2016 lalu.

Sebelumnya FIFA menjatuhi sanksi pelarangan mendatangkan pemain baru kepada Atletico Madrid dua bursa transfer (Januari 2017 dan musim panas 2017) karena melanggar aturan terkait perekrutan pemain asing di bawah usia 18 tahun. Kabarnya hukuman tersebut diberikan setelah ditemukan fakta adanya 65 pemain asing di bawah usia 18 tahun yang mereka rekrut.

Klub asuhan Diego Simeone itu sudah menjalankan hukuman tersebut sejak Januari 2017 lalu, pada jendela transfer musim dingin itu memang tidak ada pemain yang didatangkan akibat embargo tersebut. Lalu karena merasa hukuman harus dijalani pada dua jendela transfer sangat berat, banding pun mereka lakukan kepada CAS agar embargo transfer itu dicabut FIFA.

Tetapi pada Kamis (1/6) CAS memutuskan untuk tidak mengindahkan banding yang diajukan “Los Rojiblancos”, CAS hanya memberi keringanan dengan mengurangi denda bagi Atletico tanpa menghapus embargo transfer musim panas tersebut. Dengan kata lain, Ateltico tetap tidak bisa mendatangkan pemain baru pada jendela transfer musim panas ini.

"CAS telah menolak banding yang kami ajukan terkait hukuman yang diberikan oleh Komite Disiplin FIFA mengenai kasus perekrutan pemain di bawah umur. Komite Banding FIFA meratifikasi dengan mengurangi hukuman finansial bagi kami, namun tetap mempertahankan larangan mendaftarkan pemain baru pada periode transfer berikutnya (musim panas 2017)," terang Atletico dalam pernyataan resmi yang di publish di official web klub, Kamis (1/6).

Mereka masih bisa bergerak aktif dalam perburuan pemain, namun tidak bisa mendaftarkan pemain yang mereka datangkan itu hingga jendela transfer musim dingin 2018 dibuka. Kasusnya mirip saat Arda Turan dan Aleik Vidal didatangkan Barcelona pada 2015 lalu. Saat itu selama setengah musim Arda Turan tidak tercatat sebagai pemain Barcelona meski ia sebenarnya sudah merapat ke Nou Camp.

Atletico sendiri saat ini kabarnya sudah mencapai kesepakatan verbal dengan Alexandre Lacazette dari Olympique Lyon. Bahkan ada dua pemain lain juga yang kabarnya segera merapat ke Atletico Madrid mereka adalah, Sandro Ramirez (Malaga) dan Vitolo (Sevilla). Rencananya, ketiga pemain itu bakal diperkenalkan di kandang baru mereka, Wanda Metropolitano, musim panas ini.

"Kami menganggap bahwa keputusan ini menjadi kerugian komparatif dan perlakuan diskriminatif terhadap kami. Putusan ini tidak adil dan menyebabkan kerugian yang sangat besar pada klub kami,”

Atletico juga mengkritik CAS karena vonis yang mereka berikan tidak sesuai dengan tenggat waktu yang sesuai dengan kesepakatan. Namun klub menegaskan bahwa mereka akan mematuhi sanksi tersebut. Atletico tetap akan berjuang di kompetisi sampai dengan paruh musim tiba, atau saat mereka bisa menikmati jasa pemain baru yang telah mereka boyong sebelumnya.

"Mulai saat ini, klub akan bergerak dalam negosiasi yang diperlukan sampai kami bisa mendaftarkan pemain pada tanggal 1 Januari nanti. Kami memiliki kepercayaan penuh pada skuat kami saat ini. Kami telah memenangkan tiket langsung ke Liga Champions untuk tahun kelima berturut-turut dan telah mencapai semifinal Liga Champions dan Copa del Rey sebelumnya,”

Walau kondisinya saat ini cukup merugikan mereka, namun Atletico tetap berkomitmen untuk tetap berjuang dalam kompetisi dengan motivasi dan kekuatan berlipat. Mereka percaya dengan dukungan semua pihak, Atletico bisa melalui musim 2017/2018 dengan sangat baik.

"Klub memiliki komitmen para pemain dan staf pelatih untuk terus berkompetisi pada tingkat yang sama pada musim depan. Terlepas dari keputusan ini yang ternyata sangat merugikan kami. Bersama-sama, tim, klub dan pendukung, kami akan terus berjuang untuk mencapai tujuan kami," tegasnya.

Berpengaruh Pada Nasib Griezman?

Dengan adanya kepastian tersebut, sepertinya Diego Simeone tidak akan mengambil risiko melepas Antoine Griezman pada bursa transfer musim panas nanti. Pemain asal Prancis itu memang santer dikabarkan bakal merapat ke Manchester United, namun dengan kondisi Atletico yang tidak bisa menambah pemain pada bursa transfer musim panas nanti, agaknya Simeone akan sangat keberatan melepas Girezman sebelum ada pengganti sepadan bagi penyerang 26 tahun itu.

Dikabarkan The Telegraph bahwa Manchester United sendiri telah menarik ketertarikan mereka untuk memboyong Griezman ke Old Trafford. Dalam laporan tersebut menyebutkan bahwa memudarnya ketertarikan MU kepada Griezman bukan karena masalah yang saat ini tengah menjerat Atletico Madrid.

Namun hal tersebut masih belum bisa dipastikan, sebab jendela musim panas baru akan dibuka pada 1 Juli mendatang, jadi masih ada banyak drama yang akan tercipta di dalamnya. Apalagi dilaporkan The Tegraph bahwa pada pekan lalu MU masih menjadikan Griezman sebagai target buruan mereka.

Foto: Dailly Mail

Komentar