Dortmund Raih Piala Jerman di Percobaan Keempat

Berita

by redaksi

Dortmund Raih Piala Jerman di Percobaan Keempat

Penalti ala Panenka dari Pierre-Emerick Aubameyang membawa Dortmund meraih gelar Piala Jerman menaklukkan Eintracht Frankfurt 2-1. Pemain asal Prancis, Ousmane Dembele membawa Die Borussen unggul lebih dulu di menit ke-7. Striker Kroasia, Ante Rebic menyamakan kedudukan untuk Frankfurt di menit 29. Pelanggaran kiper Frankfurt, Lukas Hradecky kepada Christian Pulisic membuat mereka mendapatkan penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Aubameyang.

Dortmund akhirnya sukses mengangkat Piala Jerman setelah di tiga edisi sebelumnya selalu takluk di laga puncak (dua kali melawan Bayern Muenchen dan sekali melawan VfL Wolfsburg). Pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel mengungkapkan kebahagiaannya membawa timnya memenangkan Piala Jerman. Ia menyebut laga final tadi malam adalah laga yang melelahkan namun ia senang karena itu berakhir sempurna untuk timnya.

“Saya seperti mati. Itu merupakan tugas yang sangat berat. Hari ini kami juga tak mengeluarkan penampilan terbaik, tapi itu tidak penting. Kami berhasil! Saya ingin memuji semua pemain saya. Kami membuat awal yang bagus dan mencetak gol cepat, namun kemudian kami seperti berhenti bermain bola. Kami kebobolan dan kami merasa beruntung tidak balik tertinggal setelah itu,” ujarnya seperti dilansir ESPN FC.

Tuchel sendiri sempat dirumorkan akan meninggalkan Dortmund karena gagal mendulang prestasi bergengsi dalam dua musim. Meski demikian, ia menegaskan belum membuat keputusan apapun soal masa depannya.

“Hari ini adalah hari terhebat dalam karier saya. Tapi saya harus meresapi itu dulu. Saya rasa kesuksesan spesial bisa diraih jika ada hubungan spesial antara pemain dan pelatih. Kami telah mencapai target kami dan menjalani musim yang spesial. Dan itu hanya bisa terjadi jika ada kepercayaan satu sama lain,” ujar Tuchel soal masa depannya dilansir situs resmi Dortmund.

Kapten Dortmund, Marcel Schmelzer mengatakan memenangkan Piala Jerman lebih penting ketimbang harus bermain cantik untuk memenangkannya. Marco Reus juga mengungkapkan kebahagiaannya memenangkan Piala Jerman setelah sempat melewati musim lalu tanpa gelar.

“Ini memang bukan laga yang spektakuler. Tapi itu tidak penting di final. Kami menunjukkan kami sangat ingin menang. Kami sangat bangga akan hal tersebut sebagai tim. Kami tahu akan penting untuk mencetak gol kedua setelah mereka menyamakan kedudukan,” ujar Schmelzer usai laga dikutip dari ESPN FC.

“Saya merasa sangat senang akhirnya kami memenangkan piala ini setelah sekian lama. Kami kembali membawa trofi ini ke Dortmund. Kami menjalani musim yang hebat dan ini menunjukkan karakter kami. Ini akan menjadi malam yang panjang dan kami akan menikmatinya,” ujar Reus seperti dikutip situs resmi DFB.

(AP)

Komentar