Ketika Seorang Pemain Selamatkan Nyawa Kiper Lawan

Berita

by Sandy Firdaus 57764

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Ketika Seorang Pemain Selamatkan Nyawa Kiper Lawan

Kisah kepahlawanan di dalam sebuah pertandingan sepakbola adalah kisah yang cukup sering terjadi. Francis Kone mungkin akan menjadi bagian dari kisah kepahlawanan di dalam lapangan sepakbola setelah apa yang ia lakukan untuk Martin Berkovec; menyelamatkan hidup Berkovec.

Peristiwa ini terjadi dalam sebuah laga Liga Utama Rep. Ceko (Czech First League) yang mempertemukan antara Bohemians 1905 melawan 1. FC Slovacko. Berkovec, penjaga gawang berusia 28 tahun, tergeletak tak sadarkan diri di tengah lapangan. Benturan yang ia alami dengan rekan setimnya sendiri, Daniel Krch, membuatnya ambruk di atas lapangan.

Kejadian ini membuat seisi lapangan pun dipenuhi keresahan. Mereka khawatir kalau akan terjadi sesuatu kepada penjaga gawang yang dipinjam dari Slavia Praha oleh Bohemians ini. Beruntung, ada satu pemain Slovacko yang sigap akan situasi tersebut. Ia adalah Francis Kone, penyerang asal Togo.

Ia yang juga terlibat tabrakan dengan Berkovec langsung melakukan sesuatu. Alih-alih menunggu bantuan dari medis, Kone langsung melakukan pertolongan pertama kepada Berkovec dengan cara meletakkan jarinya di mulut pemain Bohemians tersebut agar sang pemain tidak menelan lidahnya sendiri. Ia melakukan sampai akhirnya tim medis datang dan membawa Berkovec ke rumah sakit.

"Ini bukan kali pertama saya melakukan pertolongan pertama. Selama menjadi pemain, kurang lebih saya sudah empat kali melakukan ini. Sekali di Thailand, dua kali di Afrika, dan sekali di sini (Rep. Ceko). Ketika ada pemain yang tak sadarkan diri, saya selalu meletakkan jari saya di mulut mereka supaya lidah mereka tidak tertelan ke dalam tenggorokan," ujar Kone seperti dikutip The Independent.

Setelah dilarikan ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan, kondisi Berkovec pun berangsur membaik dan sekarang sedang menjalani masa pemulihan terlebih dahulu.

Apa yang dilakukan Kone ini pun langsung menuai pujian di media sosial. Berkovec, dalam akun Facebook nya pun mengucapkan terima kasih atas apa yang sudah dilakukan oleh pemain asal Togo ini. Pada jumpa pers seusai pertandingan, pelatih Slovacko, Michal Kordula, juga memberikan pujian pada pemainnya tersebut.

"Saya ingin berterima kasih kepada Francis Kone atas pertolongan pertama yang ia lakukan dalam pertandingan melawan Slovacko. Saya senang dan lega sekarang karena saya sudah sembuh. Sekali lagi, terima kasih!" ujar Berkovec.

"Saya mendengar kejadian ini dari para Bohemians. Francis menolong penjaga gawang lawan yang sedang pingsan. Saya angkat topi untuk apa yang sudah ia lakukan ini. Beginilah seharusnya para pemain saling berlaku satu sama lain," ujar Kordula seusai pertandingan.

Sungguh kisah kepahlawanan yang heroik dari Kone. Walau pertandingan sendiri berakhir dengan hasil imbang 0-0, tapi apa yang sudah Kone lakukan memiliki nilai lebih dari sekedar kemenangan semata. Bahwa sepakbola ternyata masih tidak melupakan sisi humanisnya.

Sumber lain: Daily Mail

foto: @IndyFootball

Komentar