Gol Pedro dan Diego Costa Antarkan Chelsea ke Babak Keenam Piala FA

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Gol Pedro dan Diego Costa Antarkan Chelsea ke Babak Keenam Piala FA

Chelsea berhasil melaju ke babak keenam Piala FA setelah lawatannya ke markas Wolverhampton Wanderes (19/2) berakhir dengan kemenangan meyakinkan 2-0. Di laga itu, kedua gol anak asuh Antonio Conte diciptakan oleh Pedro di menit ke-65, juga oleh Diego Costa di menit-menit menjelang pertandingan bubaran.

Menghadapi Wolves, yang notabenenya satu tingkat di bawah Chelsea, Conte pun menurunkan para pemain yang kurang mendapatkan menit bermain di Liga Primer Inggris.

Di posisi belakang, tidak ada nama Thibaut Courtois; Gary Cahill, David Luiz, dan Cesar Azpilicueta. Sebagai gantinya, Conte menurunkan Asmir Begovic; Kurt Zouma, John Terry, dan Nathan Ake. Begitu pun dengan posisi dua gelandang yang diisi oleh Cesc Fabregas dan Nathaniel Chalobah.

Di awal laga, Wolves sebenarnya mampu mendominasi permainan. Mantan pemain akademi Chelsea, George Saville, hampir membuat pendukung tuan rumah bersorak andai sepakannya pada menit keempat tidak membentur mistar gawang.

The Blues yang tersengat pun mencoba untuk balik menekan. Namun sayang, disiplinnya lini pertahanan Wolves yang digalang oleh Danny Batth dan Kortney Hause membuat trio Eden hazard, Diego Costa, dan Willian kesulitan. Skor kacamata pun berakhir hingga waktunya turun minum.

Di babak kedua, baik Wolves dan Chelsea bermain cenderung santai dan kembali meraba-raba peta kekuatan masing-masing lawannya. Laga pun sempat berjalan monoton di awal-awal babak ini. Hingga akhirnya, butuh waktu hingga menit ke-65 bagi The Blues untuk unggul pada pertandingan ini setelah Pedro mampu menjarangkan bola melalui tandukannya dengan memanfaatkan umpan Willian dari sisi kanan.

Keunggulan ini pun membuat Chelsea semakin bernafsu untuk menggandakan keunggulan. Walau demikian, rapatnya barisan pertahanan Wolves membuat peringkat pertama Liga Primer tersebut harus menunggu waktu hingga menit-menit akhir untuk memperlebar jaraknya pada pertandingan ini. Adalah Diego Costa yang meyakinkan kemenangan Chelsea setelah sepakan mendatarnya di dalam kotak penalti gagal dibendung oleh kiper Wolves, Carl Ikeme. Skor 2-0 pun bertahan hingga pertandingan usai.

Khusus bagi Nathan Ake, kemenangan pun ini terasa begitu spesial karena bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-22. Di laga tersebut Ake bermain cemerlang dengan keberhasilan mencatatkan tujuh kemenangan duel udara, tiga tekel, tiga intersep, dan 11 sapuan bola.

foto: chelseafc

Komentar