Sepekanbola 23-29 Januari 2017

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Sepekanbola 23-29 Januari 2017

Sepekanbola yang terjadi di antara 23 Januari hingga 29 Januari 2017 kali ini lebih banyak diwarnai oleh transfer pemain yang berstatus sebagai pinjaman. Adapun beberapa contohnya seperti Gerard Deulofeu yang dipinjamkan oleh Everton ke AC Milan, lalu ada Mbaye Niang yang dipinjamkan Milan ke Watford, serta Neven Subotic yang dipinjamkan oleh Dortmund ke FC Koln.

Sementara di ajang Piala Afrika 2017, Senegal yang menjadi unggulan pertama secara mengejutkan harus tersingkir setelah mengalami kekalahan dari Kamerun melalui drama adu penalti. Sedangkan nama Andri Syahputra menjadi perbincangan hangat berkat debutnya bersama Al-Ghafara di divisi tertinggi Liga Qatar.

Selain ketiga hal tadi, terdapat pula beberapa kejadian menarik lainnya yang telah terjadi di pekan ini. Dan berikut adalah rangkuman dari berita menarik yang terjadi di Minggu ini:

Ryan Mason Mendapatkan Cedera Parah

Ryan Mason harus mengalami cedera retak kranium (tengkorak) setelah bertabrakan dengan Gary Cahill di laga Chelsea melawan Hull City di Stamford Bridge. Kejadian itu bermula pada menit ke-20 ketika Mason berupaya untuk menghalau umpan silang dari Pedro Rodriguez.

Mason sebetulnya berhasil menghalau bola tersebut, namun tanpa diduga Gary Cahill pun mencoba untuk menyongsong bola tersebut. Alhasil, terjadilah benturan keras anatara Mason dan Cahill yang membuat keduanya tergeletak di lapangan.

Mason bahkan harus sampai dibawa ke Rumah Sakit ketika itu juga. Laga sendiri berakhir dengan kemenangan Chelsea 2-0.

Gerard Deulofeu Hijrah ke AC Milan

Setelah melalui saga transfer yang berbelit-belit, keinginan Deulofeu untuk hijrah ke AC Milan akhirnya terlaksana juga. Pemain asal Spanyol tersebut dipinang Milan dengan status pinjaman hingga akhir musim dari Everton. Di Milan, pemain berusia 22 tahun tersebut akan mengenakan nomor punggung tujuh.

Dortmund Dapatkan The Next Ibrahimovic

Peremajaan skuat yang dilakukan oleh Dortmund akhirnya berlanjut setelah mereka mendapatkan Alexander Isak dari klub Swedia, AIK. Dalam perburuannya ini, Dortmund berhasil mengalahkan Real Madrid yang juga dikabarkan tertarik terhadap pemuda berusia 17 tahun yang disebut-sebut sebagai The Next Ibrahimovic itu.

Isak memang membuat klub-klub di Eropa tertarik untuk merekrutnya, hal itu tidak terlepas dari torehan golnya yang telah menyentuh angka 13 di level senior.

Pembagian Grup Piala Presiden

Gelaran Piala Presiden 2017 yang menjadi turnamen pemanasan jelang Indonesia Super League (ISL) 2017 akhirnya dipastikan bergulir. Hal ini dipastikan setelah PSSI secara resmi melakukan undian pembagian grup turnamen. Pertandingan pembuka sendiri akan dilaksanakan pada 4 Februari 2017 mendatang.

Sebanyak 20 kesebelasan yang terdiri dari 18 kesebelasan ISL dan dua kesebelasan dari divisi utama akan bersaing di turnamen yang akan digelar di lima kota ini. Lima kota tersebut adalah Sleman, Malang, Bandung, Bali dan Bangkalan, Madura.

Berikut adalah hasil undian grup Piala Presiden 2017:

Grup 1: PSS Sleman, Persipura Jayapura, Mitra Kukar, Persegres Gresik united

Grup 2: Arema FC, Bhayangkara FC, Persija Jakarta, PS TNI

Grup 3: Persib Bandung, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan

Grup 4: Bali United, Sriwijaya FC, Pusamania Borneo FC, Barito Putera

Grup 5: Madura United, Semen Padang, Perseru Serui, PSCS Cilacap

Patrice Evra Kembali ke Prancis

Setelah sempat dirumorkan akan kembali ke klub lamanya, Manchester United, bek kiri veteran Prancis, Patrice Evra akhirnya resmi diperkenalkan sebagai pemain baru dari Olympique Marseille. Kepindahan Evra ke Marseille memang tidak terlepas dari minimnya menit bermain yang diberikan oleh Max Allegri terhadapnya di Juventus musim ini.

Selain karena faktor usia, kehadiran pemain muda seperti Alex Sandro yang mampu bermain apik lah yang menjadi alasan mengapa pemain yang juga pernah bermain bagi AS Monaco ini lebih sering diparkir di bangku cadangan.

Mauro Zarate dan Mbaye Niang Hijrah ke Watford

Watford lagi-lagi mendatangkan pemain dari Serie-A. Kali ini, tim berjuluk The Hornets tersebut menggaet Mauro Zarate dari Fiorentina, dan Mbaye Niang dari AC Milan. Zarate sendiri ditebus Watford dengan harga 2 juta paun. Sedangkan Niang didatangkan dengan status pinjaman yang berpotensi untuk dipermanenkan di akhir musim mendatang.

Kutukan Piala Afrika

Juara bertahan Piala Afrika, Pantai Gading, harus angkat koper terlebih dahulu setelah di pertandingan terakhir Grup C mengalami kekalahan tipis 1-0 dari Maroko. Dengan hasil itu, Pantai Gading hanya mampu menempati urutan ketiga di bawah Kongo dan Maroko.

Hasil ini pun membuat kutukan juara bertahan di Piala Afrika kembali berlanjut. Pantai Gading menjadi negara juara bertahan keempat yang gagal berbicara banyak di Piala Afrika setelah Mesir, Zambia, dan Nigeria pernah mengalami sebelumnya.

Robert Snodgrass Resmi Hengkang ke West Ham

Gelandang Hull City, Robert Snodgrass resmi diperkenalkan sebagai pemain baru West Ham. Oleh The Hammers, pemain asal Skotlandia yang ditebus dengan harga 10,2 juta paun itu diproyeksikan untuk menggantikan Dimitri Payet yang ingin hengkang.

Penampilan Snodgrass di musim ini memang cukup ciamik. Di mana dirinya berhasil mencetak sembilan gol dari 26 pertandingannya bersama Hull City di semua kompetisi.

Xavi Bertahan di Qatar Hingga Tahun 2018

Legenda Barcelona, Xavi Hernandez resmi memperpanjang masa baktinya bersama klub Qatar, Al-Sadd hingga satu tahun ke depan. Xavi pun tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya karena telah dipercaya oleh manajemen klub berjuluk The Wolf tersebut.

Xavi bergabung dengan Al-Sadd dari Barcelona pada tahun 2015. Sejauh ini, pemain kelahiran Terrassa, Spanyol itu telah bermain sebanyak 37 kali, dan berhasil mencetak sembilan gol serta enam asis bagi Al-Sadd di semua kompetisi.

Neven Subotic Dipinjamkan Dortmund ke FC Koln

Bek timnas Serbia, Neven Subotic resmi memperkuat FC Koln di sisa musim ini. Subotic didatangkan Koln dengan status pinjaman dari Dortmund. Subotic memang tersingkir dari tim utama Dortmund di musim ini. Badai cedera yang menimpanya sejak tahun 2015 memang membuat mantan pemain Mainz itu mengalami penurunan kualitas yang cukup signifikan.

Maka dari itu, Dortmund sengaja meminjamkan Subotic agar mampu kembali ke level permaianannya seperti sedia kala.

Chapecoense Gelar Laga Perdana

Chapecoense menggelar pertandingan pertamanya pasca mengalami insiden mengerikan yang menewaskan hampir seluruh pemainnya. Laga melawan Palmeiras yang dilangsungkan di Stadion Arena Conda, Brasil ini pun dihadiri 20 ribu penonton dan diliput oleh 241 jurnalis dari seluruh dunia.

Sebelum laga dimulai, tiga pemain yang selamat dari kecelakaan, Jackson Follmann, Neto dan Alan Ruschel, diserahi medali serta trofi Copa Sudamericana. Para pemain yang sudah tiada pun tetap mendapatkan medali yang diwakilkan kepada para keluarganya.

Liverpool Tersingkir dari Piala FA

Liverpool secara mengejutkan harus tersingkir dari ajang Piala FA setelah mengalami kekalahan atas Wolverhampton Wanderes di Anfield. Di laga tersebut, Wolves berhasil memanfaatkan kondisi The Reds yang memainkan sebagian besar para pemain lapis keduanya.

Wolves bahkan unggul dua gol terlebih dulu melalui Stearman dan Weimann di menit ke 1 dan 41 sebelum David Origi memperkecil keadaan menjadi 2-1 pada menit ke-86.

Kekalahan Pertama Hoffenheim Musim Ini

Rekor tak terkalahkan yang dipegang oleh TSG Hoffenheim dalam 17 laga secara beruntun di Bundesliga musim ini akhirnya terpecahkan juga. Adalah RB Leipzig yang berhasil menghentikan catatan gemilang anak asuh Julian Nagelsmann tersebut. Di laga yang dijuluki El Plastico ini, Leipzig mampu menang dengan skor 2-1.

Dengan hasil ini, Leipzig terus membuntuti Bayern Munchen yang berada di peringkat pertama dengan selisih tiga angka. Sementara Hoffenheim masih tertahan di peringkat kelima dengan raihan 31 poin.

Senegal Tersingkir Akibat Mane Gagal Penalti

Unggulan pertama Piala Afrika 2017, Senegal, harus menerima kenyataan pahit setelah disingkirkan oleh Kamerun melalui babak adu penalti. Dalam drama tos-tosan ini, bintang Liverpool, Sadio Mane menjadi biang keladi karena menjadi satu-satunya penendang dari Senegal yang gagal menaklukan kiper Kamerun. Sementara bagi Kamerun, kemenangan ini memastikan mereka menggenggam tiket ke semifinal.

Andri Syahputra Debut di Liga Qatar

Talenta muda Indonesia, Andri Syahputra akhirnya merasakan debutnya di divisi tertinggi Liga Qatar bersama Al-Gharafa. Di laga melawan Al-Sadd yang diperkuat oleh Xavi Hernandez itu, Andri diturunkan pada babak kedua.

Akan tetapi, ada satu hal yang mengejutkan di balik debut Andri pada pertandingan yang berkesudahan dengan skor 3-0 bagi kemenangan Al-Sadd itu. Andri, yang lahir di Aceh, ternyata didaftarkan sebagai pemain yang berkewarganegaraan Qatar.

Hal ini lantas menjadi sinyal yang berbahaya bagi Indonesia. Pemerintah dan PSSI harus segera bergerak cepat untuk meyakinkan Andri agar mau berseragam merah putih Indonesia.

Komentar