Van Gaal Segera Pensiun dari Sepakbola

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Van Gaal Segera Pensiun dari Sepakbola

Mantan Manajer Manchester United, Barcelona dan Ajax Amsterdam, Louis van Gaal, memutuskan untuk pensiun dari dunia kepelatihan di sepakbola. Ia pensiun karena alasan keluarga. Sebelum memutuskan pensiun sebenarnya Van Gaal sempat mendapat tawaran besar dari Tiongkok.

Menurut laporan Sky Sports tawaran tersebut sekitar 44 juta paun untuk tiga musim. Namun van Gaal lebih memilih untuk pensiun daripada menerima tawaran tersebut. Apalagi Van Gaal sebenarnya sempat terpikir untuk pensiun usai Piala Dunia 2014.

“Saya pikir saya akan pensiun. Saya sebenarnya ingin pensiun setelah Piala Dunia,” ujar van Gaal seperti dikutip oleh ESPN FC. “Setelah Manchester United, saya sempat berpikir saya akan berhenti, tapi kemudian saya mengubahnya menjadi cuti, tapi sekarang saya tidak berpikir saya akan kembali ke dunia kepelatihan.”

"Saya bisa pergi (ke Tiongkok), tapi saya masih di sini. Begitu banyak hal telah terjadi di keluarga saya,” tambahnya.

Louis van Gaal memulai karier kepelatihannya sebagai pelatih di Ajax Amsterdam pada 1991. Ia menjadi pelatih di Ajax selama enam tahun. Setelah itu ia pernah melatih Barcelona, timnas Belanda, AZ Alkmaar, Bayern Muenchen dan yang terakhir adalah Manchester United.

Dalam kariernya selama 26 tahun tersebut, ia pernah meraih beberapa gelar prestisius seperti empat gelar Eredivisie bersama Ajax dan Alkmaar, dua gelar La Liga bersama Barcelona, satu gelar Bundesliga bersama Bayern Munchen dan satu gelar Liga Champions bersama Ajax.

Menurut data transfermarkt, selama menjadi pelatih, Van Gaal telah memainkan 865 pertandingan dengan raihan 523 kemenangan, 170 hasil imbang dan 172 kekalahan. Dari catatan tersebut, Van Gaal mencatatkan persentase 60,5 % kemenangan, 19,7 hasil imbang dan 19,9 kekalahan.

foto : independent.co.uk

Komentar