Kapan Pindah, James?

Berita

by redaksi

Kapan Pindah, James?

Piala Dunia 2014 sempat mencuatkan nama James Rodriguez. Gelandang asal Kolombia ini ditransfer sebesar 80 juta euro dari AS Monaco ke Real Madrid. Namun ternyata, pundi-pundi uang tersebut tak memperbaiki karier pemain kelahiran kota Cucuta ini.

Meski Real Madrid meraih trofi Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antar Klub, namun peran James tampaknya begitu besar. Setelah musim pertamanya yang cukup mengesankan, gelandang berusia 25 tahun ini mulai akrab dengan bangku cadangan pada dua musim berikutnya.

Sejak awal tahun 2015, James Rodriguez sudah akrab diisukan akan hengkang. Namun pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, selalu mengisyaratkan bahwa ia masih membutuhkan tenaga James. Alhasil, James pun masih bertahan di kesebelasan berjuluk Los Galacticos hingga saat ini.

James sendiri secara terang-terangan membutuhkan menit bermain yang banyak. Inilah yang membuatnya mulai berpikir untuk hengkang pada bursa transfer musim dingin 2017.

"Saya bahagia di sini [Madrid], tapi saya membutuhkan lebih banyak bermain," tegas James seperti yang dilansir harian AS. "Saya ingin bertahan di Real Madrid selamanya, tapi saya juga harus memikir segalanya, opsi lain yang saya miliki. Saya punya beberapa tawaran, saya punya tujuh hari untuk memikirkannya."

Atas pernyataan ini, isu kepindahan James mengencang. Keberadaannya di Kedutaan Inggris yang terletak di Bogota saat libur Natal dikaitkan oleh media Inggris bahwa terdapat kesebelasan Liga Inggris yang akan mengangkutnya. Chelsea dan Manchester United dikabarkan menjadi dua kesebelasan yang serius meminatinya. Sementara Juventus pun diisukan masih berusaha mendapatkannya.

Kesebelasan peminat James memang perlu merogoh kocek cukup dalam untuk menggunakan jasa pemain yang hanya berlaga delapan kali (tiga kali starter) di La Liga musim ini. Real Madrid disebut-sebut mematok harga sebesar 60 juta euro. Inilah yang membuat proses transfernya cukup menemui kesulitan.

Chelsea menjadi yang terdepan dalam perburuan James dikarenakan mereka baru saja mendapatkan uang hasil penjualan Oscar ke Shanghai SIPG sebesar 60 juta paun. Situasi ini dibarengi dengan pernyataan manajer Chelsea, Antonio Conte, yang hendak memperkuat skuatnya dengan uang tersebut.

Meskipun begitu, tampaknya James harus lebih bersabar untuk mendapatkan kesebelasan baru. Karena menurut sang agen, Jorge Mendes, James kemungkinan besar tidak akan pindah pada Januari ini. "James tidak akan meninggalkan Madrid pada Januari ini," kata Mendes yang dikutip AS.

Jika perkataan Mendes benar, ini artinya James harus kembali meratapi nasibnya sebagai penghangat bangku cadangan skuat mega bintang Real Madrid. Tapi dari pernyataan itu juga tersirat jika James memang tengah bersiap hengkang dari Madrid, yang mungkin baru akan terealisasi pada bursa transfer musim panas nanti. Mungkin Jorge Mendes mempersilakan para peminat James Rodriguez untuk menabung dulu.

Komentar