Jersey Terbalik, Makna yang Tak Tersampaikan Secara Baik

Berita

by Redaksi 33 62001

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Jersey Terbalik, Makna yang Tak Tersampaikan Secara Baik

Bentuk dukungan terhadap rekan setim sendiri dapat dilakukan dalam bentuk apa saja. Salah satunya adalah dengan mengenakan jersey sang pemain sebelum bertanding. Tapi apa yang dilakukan Manchester City sedikit berbeda.

Manchester City menghadapi Arsenal dalam lanjutan Liga Primer musim 2016/2017 pada Minggu (18/12/2016). Dalam pertandingan tersebut, City sukses meraih kemenangan 2-1 lewat gol dari Raheem Sterling dan Leroy Sane, setelah tertinggal terlebih dahulu oleh gol Theo Walcott. Kemenangan City ini, sekaligus memperkuat apa yang sudah mereka lakukan sebelum pertandingan.

Sebelum pertandingan dimulai, para pemain City mengenakan jersey Ilkay Gündogan sebagai bentuk dukungan terhadap pemain timnas Jerman tersebut. Ilkay divonis menderita cedera lutut dan harus absen sampai akhir musim nanti usai laga melawan Watford. Padahal baru sekitar September kemarin, ia sembuh dari cedera yang sama.

Oleh karena itu, sebelum pertandingan melawan Arsenal kemarin, para pemain City mengenakan jersey Ilkay secara terbalik sebagai bentuk pesan dukungan bagi pemain yang pernah bermain di Borussia Dortmund ini. Namun, selayaknya teks yang dapat memberikan interpretasi bermacam-macam, teks yang dikeluarkan oleh para pemain City ini menimbulkan interpretasi yang beragam, meski mungkin mereka berniat untuk memberikan dukungan bagi Ilkay.

Beberapa pihak ada yang mendukung tindakan yang dilakukan oleh para pemain City ini, mereka menyebutkan bahwa tindakan yang dilakukan oleh para pemain City ini adalah class act. Ada juga yang menyebut bahwa apa yang dilakukan oleh para pemain City ini sebagai sesuatu yang menyentuh.

Tapi tak sedikit pula beberapa pihak yang menyebut bahwa tindakan pemain City ini berlebihan, dan mengolok-olok apa yang sudah dilakukan oleh Zabaleta dkk. Dengan nada menyindir mereka menyebut bahwa Ilkay belumlah mendapat bencana yang besar, sehingga tidak perlu diberikan dukungan seperti ini.

Meski menimbulkan pro dan kontra, karena adanya makna yang tak tersampaikan secara baik di sana, harapan agar Ilkay segera kembali merumput pun menyeruak dari beberapa pihak, salah satunya adalah dari Pep Guardiola, manajer City. Ia berharap agar Ilkay bisa segera kembali tampil di lapangan.

"Sekarang yang harus kami lakukan adalah berdo`a dan berharap agar Ilkay tidak mengalami cedera yang terlalu parah dan bisa segera kembali merumput di lapangan. Saya tahu itu adalah situasi yang sulit baginya, dan sekarang ia pasti mengalami kesedihan yang cukup dalam. Kami akan merindukannya. Setelah dioperasi, semoga ia bisa cepat kembali," ujar Pep seperti dikutip Daily Mirror.

foto: @br_uk

Komentar