Mkhitaryan Cetak Gol, MU Lolos ke Babak 32 Besar Liga Europa

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Mkhitaryan Cetak Gol, MU Lolos ke Babak 32 Besar Liga Europa

Manchester United akhirnya berhasil lolos ke babak 32 besar Europa League setelah lawatannya ke markas Zorya Luhansk menghasilkan kemenangan 2-0, Jumat (9/12/16) dini hari tadi. Dua gol kemenangan United di laga ini dicetak oleh Henrikh Mkhitaryan di menit ke-47 dan Zlatan Ibrahimovic di menit ke-87.

Sebelum laga ini, jarak antara Feyenoord yang berada di urutan ketiga grup A dengan Manchester United yang berada di urutan kedua hanya berselisih dua angka. Itu artinya, United mau tidak mau harus memenangkan laga agar dapat lolos ke babak selanjutnya. Terlebih Feyenoord akan bermain di kandangnya sendiri, dan memiliki kans yang lebih besar untuk memenangi laga.

Jose Mourinho pun langsung menurunkan para pemain andalannya. Terhitung hanya Sergio Romero, Marcos Rojo, dan Ashley Young yang merupakan pemain pelapis, tetapi juga ikut diturunkan sejak menit pertama.

Pada babak pertama, United terlihat kesulitan membongkar lini pertahanan Zorya yang bermain lebih defensif. Skor 0-0 pun tidak terelakkan.

Di babak kedua, United langsung mengambil inisiatif serangan dengan langsung menggebrak pertahanan Zorya. Dan tidak butuh waktu lama bagi United untuk dapat memimpin pertandingan setelah solo run Mkhitaryan tidak dapat dihentikan oleh para pemain belakang Zorya, dua menit setelah peluit sepak mula di babak kedua dibunyikan.

United pun semakin percaya diri dengan terus menekan pertahanan Zorya. Namun, butuh waktu hingga menit ke-87 bagi United untuk menggandakan keunggulan. Kali ini Ibrahimovic yang menjadi aktornya setelah mampu memaksimalkan asis Paul Pogba melalui skema serangan balik.

Skor 2-0 pun bertahan hingga akhir pertandingan. Walau demikian, United harus puas berada di posisi runner-up karena nyatanya Fenerbahce mampu menjungkalkan Feyenoord di kandangnya. Dengan demikian, United hanya mampu mengumpulkan 12 poin, sedangkan Fenerbahce sukses meraih 13 poin.

Kemenangan ini pun disambut oleh Jose Mourinho dengan sangat puas.

“Kami bermain baik malam ini. Kami berhasil memainkan bola, kami memiliki kontrol, tetapi mereka memiliki pertahanan yang cukup bagus, mereka pun memiliki kesempatan untuk mencetak gol dari skema serangan balik dan dari tendangan bebas. Tetapi kita sangat dominan dan, Anda bisa lihat skor akhirnya. Kami memang layak untuk menang. Tetapi iya, mereka cukup baik dan memberikan kesulitan bagi kami," ungkap Mourinho seperti yang dilansir laman resmi klub.

Mourinho pun tidak lupa untuk memuji Mkhitaryan yang bermain cemerlang pada laga ini.

“Dia memiliki mentalitas yang kuat. Ia memiliki tekad untuk melawan kesulitannya beradaptasi, dan dia melakukannya dengan baik. Ia bekerja sangat keras secara fisik dan taktis, dan kita tahu ia memiliki bakat itu.”

“Kami tahu bakatnya ketika kami memutuskan untuk membelinya. Dia berjuang untuk meningkatkan permainannya dan sekarang dia bermain baik di Liga, Liga Eropa, dan Piala Liga. Jadi saya sangat senang dengan perkembangannya," ungkap Mourinho kepada guardian.

Mkhitaryan sendiri menanggapi gol perdananya ini dengan sangat sumringah.

“Saya telah menunggu waktu yang cukup lama untuk menanti ini. Tujuan berikutnya adalah mencetak gol di Old Trafford. Saya ingin mencetak gol di rumah saya.”

“Kami tadi bermain lebih baik pada babak kedua. Kami gagal menampilkan permainan terbaik di paruh pertama karena kami sulit untuk mengerti satu sama lain. Pada babak kedua, itu adalah sebaliknya. Kami bermain sangat baik," tutur Mkhitaryan kepada guardian.

Dengan hasil yang diperoleh ini, itu menjadikan modal yang sangat berharga bagi United untuk kembali percaya diri. Terlebih mereka akan menjamu salah satu pesaingnya dalam merebut gelar juara musim ini, Tottenham Hotspur akhir pekan nanti.

Juga bagi Mkhitaryan, gol perdananya ini akan membuat dirinya semakin termotivasi. Meyakinkan Jose Mourinho bahwa dirinya telah salah karena mengenyampingkannya selama ini. Dan jika melihat dari target yang dimilikinya saat ini, bukan tidak mungkin gawang Hugo Lloris yang akan menjadi korban selanjutnya nanti.

Komentar