Menang 1-2, Feyenoord Jadi Satu-Satunya Klub yang Catatkan 100% Kemenangan

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Menang 1-2, Feyenoord Jadi Satu-Satunya Klub yang Catatkan 100% Kemenangan

Dalam beberapa tahun terakhir, Eredivisie Belanda tak ubahnya kompetisi bagi dua kesebelasan, Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven. Kesebelasan seperti FC Twente dan AZ Alkmaar, hanya mampu memanaskan persaingan dalam satu musim saja.

Persaingan monoton antara Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven pun membuat Feyenoord Rotterdam seakan terlupakan. Padahal Feyenoord dulunya merupakan pesaing kedua kesebelasan tersebut. Ketiganya bahkan menahbiskan diri sebagai penguasa Eredivisie karena sama-sama tidak pernah terdegradasi.

Kegagalan Feyenoord mengejar keduanya dalam satu dekade terakhir pun membuat sibuk berbenah. Pembenahan mereka pun seakan membuahkan hasil di musim 2016/17, di mana mereka tengah memuncaki klasemen sementara.

Keberhasilan ini pun mereka raih dengan rekor mengesankan. Di tangan pelatih yang mantan pemain Feyenoord, Giovanni van Bronckhorst, tim ini berhasil mengoleksi sembilan kemenangan dari sembilan partai yang sudah dijalani. Rekor tersebut membuat mereka menjadi satu-satunya kesebelasan dari 20 kompetisi top di Eropa yang sukses mendapatkan 100% kemenangan di musim ini.

Dalam sembilan laga yang dijalani di Eredivisie, Feyenoord bahkan tercatat beberapa kali memenangkan pertandingan dengan skor akhir di atas margin tiga gol. Yakni ketika menghadapi FC Groningen 0-5 (7/8), Excelsior 4-1 (27/8), dan Roda JC 5-0 (25/9).

Di laga pekan kesembilan, Minggu (16/10) malam WIB, Feyenoord berhasil mengalahkan NEC Nijmegen dengan skor 1-2. NEC lebih dulu unggul melalui Mohamed Rayhi di menit kedelapan. Namun pada akhirnya, Feyenoord mampu membalas lewat dua gol dari Nicolai Jorgensen menit ke-79 dan Michiel Kramer beberapa saat jelang pertandingan berakhir.

Rekor baik di awal musim membuat mereka difavoritkan untuk mendapatkan gelar juara Eredivisie yang terakhir kali direngkuh pada musim 1998/99.

“Saya tidak heran melihat prediksi tersebut. Sebab, kami memulai musim ini dengan cara yang telah kami persiapkan. Jika kami mampu mempertahankannya saya yakin ini saat yang tepat untuk mendapatkan gelar Eredivisie,” ucap Van Bronckhorst dilansir oleh Goal.

"Saya tidak kaget dengan penampilan Feyenoord di musim ini. Keberhasilan ini merupakan buah kerja keras seluruh pemain dan staf teknis," ujar Van Bronckhorst usai kemenangan atas PSV (18/10).

"Kami memainkan permainan yang membuat kami berhasil mendapatkan banyak angka di lapangan. Saya ucapkan selamat untuk para pemain atas kemenangan yang terus mereka dapatkan. Namun ada hal yang juga perlu mereka ingat; bahwa kemenangan-kemenangan ini tidak lantas membuat mereka untuk berhenti sampai di sini."

Komentar