Debut Liga Primer Zlatan Ibrahimovic yang Mengesankan

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Debut Liga Primer Zlatan Ibrahimovic yang Mengesankan

Zlatan Ibrahimovic sudah berhasil memperkenalkan dirinya dengan baik kepada publik Manchester United. Satu gol yang ia cetak ke gawang Galatasaray, dengan proses yang terbilang indah, membuat para suporter United menaruh harapan yang cukup besar kepadanya yang sudah dikenal sebagai salah satu penyerang papan atas di dunia sepakbola.

Penampilan mantap Zlatan berlanjut dalam laga pembuka Liga Primer Inggris musim 2016/2017. Dalam laga itu, Zlatan kembali membuktikan diri bahwa ribut-ribut yang sempat ia timbulkan di dalam kota Manchester adalah hal yang tidak salah lewat satu gol yang ia cetak dalam pertandingan yang berkesudahan 1-3 untuk kemenangan United atas AFC Bournemouth.

Catatan golnya ini membuat ia menjadi pemain yang rajin mencetak gol dalam laga debut, seperti yang pernah ia lakukan di Serie A (Juventus), La Liga (Barcelona), dan Ligue 1 (PSG).

Bukan hanya itu, dalam laga tersebut beberapa kali Ibra melakukan aksi-aksi yang menawan, salah satunya adalah umpan cantik yang ia berikan kepada Wayne Rooney yang, cukup disayangkan gagal mencetak gol dari umpan tersebut, padahal Rooney sudah berhadapan satu lawan satu melawan kiper.

Yang cukup menarik, Zlatan pun tidak hanya berdiam diri di depan saja. Beberapa kali ia bergerak ke sayap dan ke tengah, dengan tujuan untuk memberikan ruang kepad Rooney, Mata, dan Martial yang berada di posisi gelandang serang dan winger untuk bisa masuk ke dalam kotak penalti dan melakukan eksekusi.

Area gerak Zlatan saat melawan Bournemouth. Sumber: Whoscored.com

Berkat penampilannya yang lumayan ciamik tersebut, puja-puji pun kembali berdatangan untuk Zlatan. Manajer The Red Devils, Jose Mourinho adalah salah satu orang yang memuji penampilan Zlatan dalam pertandingan melawan Bournemouth. Ia berujar bahwa Zlatan tidak tampak seperti seorang pria berusia 34 tahun karena permainannya yang cemerlang ini.

"Sekarang, lupakanlah sejenak bahwa Zlatan (Ibrahimovic) adalah seorang pria yang sudah berusia 34 tahun. Tubuh dan mentalitas yang ia perlihatkan dalam pertandingan semalam sama sekali tidak menunjukkan bahwa ia adalah pria 34 tahun, apalagi ketika kami makan bersama, ia dikelilingi oleh anak-anak muda seperti Luke Shaw dan Marcus Rashford. Ia sedang berada dalam performa terbaiknya sebagai pesepakbola," ujar Mou seperti dilansir ESPN FC.

Zlatan pun sempat mengakui bahwa ia membutuhkan waktu untuk beradaptasi di Old Trafford ini, karena Liga Primer Inggris adalah lingkungan yang cukup baru baginya. Namun, perlahan ia mulai bisa menyesuaikan diri dan memberikan kontribusi positif bagi Manchester United.

"Semuanya terasa baru bagi saya, dan itu tidaklah mudah (menyesuaikan diri). Rekan-rekan di klub, lingkungan dan stadion di Inggris, semuanya adalah hal baru. Namun, perlahan-lahan saya mulai terbiasa dan saya hanya perlu bermain sebaik mungkin untuk mengantarkan tim meraih kemenangan," ujar Zlatan kepada The Guardian.

Mungkin, selama beberapa pertandingan ke depan, Zlatan masih perlu menyesuaikan diri dengan Liga Primer Inggris yang mungkin atmosfernya akan sedikit berbeda dengan liga-liga yang pernah dirasakan oleh Zlatan sebelumnya. Tapi, pemain asal Swedia ini tidak perlu risau, karena setidaknya ia sudah mempertahankan pandangan positif yang sudah ia lekatkan lewat gol pertamanya kala melawan Galatasaray.

Bukan tidak mungkin, setelah gol ini, pandangan positif Zlatan akan tetap bertahan lewat gelontoran gol-gol yang ia persembahkan untuk United. Lagipula, bukankah ia adalah "jimat" bagi tim yang ingin mendapatkan gelar liga domestik?

foto: @OptaJoe

Komentar